Harga Tiket Masuk Kebun Raya Indrokilo Terbaru Mei 2024

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Indrokilo, HTM : Rp5.500, Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB, Lokasi : Dadapan, Mangli, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56153, Telepon : 0821 3600 5656.

Boyolali, sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah, kini memiliki satu lagi destinasi wisata edukasi yang menarik perhatian para pengunjung. Kebun Raya Indrokilo, meskipun masih dalam tahap pembangunan dan perampungan, telah membuka pintunya bagi para pecinta alam dan penikmat keindahan tumbuhan. Destinasi ini tidak hanya menawarkan hiburan dan rekreasi, tetapi juga menjadi wadah bagi pengunjung yang ingin memperluas pengetahuan mereka mengenai ragam tumbuhan hutan hujan dataran rendah di Jawa bagian timur.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Indrokilo

Kebun Raya Indrokilo adalah sebuah inisiatif dari Pemerintah Boyolali dalam upaya melestarikan dan mengkonservasi alam. Diresmikan pada bulan Mei 2019, kebun raya ini berdiri di tanah bekas lahan tegalan desa yang dulunya terbengkalai. Di bawah pengawasan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kebun Raya Indrokilo direncanakan akan menjadi rumah bagi beragam tumbuhan hutan hujan dataran rendah dari Jawa bagian timur. Dengan lebih dari 6000 jenis tanaman, termasuk jenis-jenis yang langka, kebun raya ini menjadi tempat yang ideal untuk belajar dan mengeksplorasi alam.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Indrokilo

Salah satu daya tarik utama dari Kebun Raya Indrokilo adalah harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Destinasi wisata ini dirancang untuk menjadi aksesibel bagi semua kalangan, sehingga tidak perlu khawatir tentang biaya mahal saat ingin mengeksplorasi alam dan keindahan tumbuhan yang ditawarkan. Dengan hanya Rp5.500, pengunjung dapat menikmati semua yang ditawarkan oleh Kebun Raya Indrokilo.

Jenis TiketHarga (Rp)
Dewasa5.500
Anak-anak (di bawah 12 tahun)2.500
Grup (minimal 20 orang)4.500
Grup Pelajar (minimal 20 orang)2.000
Anak di bawah 2 tahunGratis

Sebagai tambahan, pengunjung juga dapat memanfaatkan aplikasi “Si Boy,” yang dikenal sebagai Sahabat Indrokilo Boyolali, untuk memudahkan proses reservasi tiket mereka. Dengan harga tiket yang sangat terjangkau ini, Kebun Raya Indrokilo menjadi pilihan yang menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, belajar, dan mengeksplorasi kekayaan alam. Itulah mengapa destinasi ini menjadi favorit bagi banyak orang yang mencari pengalaman wisata yang berharga.

Jam Buka

Untuk merencanakan kunjungan Anda ke Kebun Raya Indrokilo, sangat penting untuk mengetahui jam operasionalnya. Destinasi wisata ini memiliki jadwal yang teratur, sehingga Anda dapat merencanakan kunjungan Anda dengan baik. Berikut adalah jam buka Kebun Raya Indrokilo:

HariJam BukaJam Tutup
Selasa – Minggu08:00 pagi04:00 sore
SeninTUTUPTUTUP

Kebun Raya Indrokilo buka setiap hari mulai dari Selasa hingga Minggu. Jam operasional dimulai pada pukul 8 pagi dan berakhir pukul 4 sore. Namun, destinasi ini akan tutup pada hari Senin. Ini memberi pengunjung enam hari dalam seminggu untuk menikmati keindahan alam dan kebun raya ini.

Lihat Juga :  Harga Tiket Masuk Ndayu Park Terbaru Mei 2024

Daya Tarik Kebun Raya Indrokilo

Kebun Raya Indrokilo menawarkan berbagai daya tarik yang membuatnya menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dieksplorasi. Dalam poin ini, kita akan mengulas beberapa elemen utama yang membuat kebun raya ini begitu istimewa.

Edukasi Tanaman

Edukasi Tanaman

Salah satu poin kuat dari Kebun Raya Indrokilo adalah pendekatannya yang kuat terhadap edukasi tentang tanaman. Kebun raya ini menampilkan lebih dari 900 spesimen koleksi tumbuhan yang sudah ditanam di lahan seluas 9,35 hektare. Area taman koleksi yang sudah rampung seperti Taman Paku-pakuan adalah contoh yang memukau. Taman ini menampilkan beragam jenis tanaman paku dengan struktur kubah yang menarik.

Selain tanaman paku, kebun raya ini juga merencanakan berbagai taman tematik, termasuk taman buah lokal dan taman koleksi bambu. Pengunjung akan memiliki kesempatan untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang berbagai jenis tanaman dan menikmati keindahan alam yang dipajang.

Monumen Ikonik

Monumen Ikonik

Kebun Raya Indrokilo juga membanggakan beberapa monumen dan bangunan ikonik yang menambah daya tarik destinasi ini. Gerbang Pasingsingan, dengan tinggi 12 meter dan lebar 25 meter, menyambut para wisatawan yang datang. Gerbang ini merupakan replikasi Chiang Kai Shek Memorial Hall di Taipei dan dinamai Pasingsingan sesuai dengan kisah Nagasasra Sabuk Inten karya S.H. Mintarja. Patung Sosro Birowo, setinggi 17 meter, juga menyambut pengunjung di gerbang kedatangan.

Sosro Birowo adalah nama ajian yang dimiliki Mahesa Jenar, seorang mantan prajurit pengawal raja yang sangat kuat, dan merupakan bagian penting dari kisah Nagasasra Sabuk Inten. Di bagian barat kebun raya, terdapat replika Air Terjun Niagara yang mengalir di dinding setinggi 7 meter dan lebar 34 meter. Replika ini dioperasikan khusus saat ada acara atau hari libur.

Taman Labirin

Taman Labirin

Jika Anda mencari pengalaman yang unik, jangan lewatkan Taman Labirin di Kebun Raya Indrokilo. Dinding-dinding labirin ini terbuat dari semak tanaman yang dipangkas sedemikian rupa, menciptakan bentuk yang menyerupai gunungan. Dinding labirin tidak terlalu tinggi, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir tersesat atau sulit mencari jalan keluar. Taman Labirin adalah salah satu tempat populer untuk mengambil foto yang menarik, sehingga pastikan untuk membawa kamera Anda.

Menara Pandang Lantai Kaca

Menara Pandang Lantai Kaca

Menara pandang adalah salah satu wahana terbaru yang ditawarkan oleh Kebun Raya Indrokilo. Dengan tinggi 15 meter dan dominasi warna merah, menara ini menawarkan pemandangan 360 derajat. Gardu pandang di bagian teratas dilengkapi dengan lantai kaca yang tembus pandang, memberikan pengalaman yang spektakuler.

Lihat Juga :  Harga Tiket Masuk River Walk Boja Terbaru Mei 2024

Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa persyaratan tertentu untuk menaiki menara ini. Pengunjung lansia, anak-anak di bawah 10 tahun, penderita penyakit jantung, dan mereka yang memiliki fobia ketinggian dilarang menaiki menara ini. Pengunjung juga harus mengenakan alas kaki khusus yang telah disediakan untuk menjaga keamanan lantai kaca yang unik ini.

Aktivitas Lainnya

Aktivitas Lainnya

Selain daya tarik utama yang telah disebutkan, Kebun Raya Indrokilo juga menawarkan berbagai aktivitas lainnya. Pengunjung akan menemukan bahwa kebun raya ini bebas dari emisi kendaraan, sehingga mereka dilarang masuk dengan mobil, motor, atau kendaraan bermotor lainnya. Sebagai alternatif, pengunjung dapat menggunakan sepeda pribadi, sepeda listrik, atau berjalan kaki untuk menjelajahi kebun raya ini.

Lahan rumput terbuka yang luas juga bisa dimanfaatkan sebagai area piknik, sehingga Anda dapat menggelar tikar dan menikmati perbekalan makanan. Selain itu, kebun raya ini menyediakan fasilitas outbond dengan berbagai wahana menantang untuk dewasa dan anak-anak, termasuk jembatan titian, jarring laba-laba, dan flying fox melewati kolam.

Kebun Raya Indrokilo menawarkan pengalaman wisata yang kaya dan beragam. Pengunjung dapat menjelajahi berbagai daya tarik alam, belajar tentang tumbuhan, dan menikmati aktivitas rekreasi yang menyenangkan. Destinasi ini tidak hanya cocok untuk pengunjung dari segala usia, tetapi juga memberikan wawasan tentang pentingnya konservasi alam. Dengan beragam hal yang ditawarkan oleh Kebun Raya Indrokilo, kunjungan Anda akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Fasilitas

Kebun Raya Indrokilo tidak hanya menawarkan keindahan alam dan berbagai daya tarik, tetapi juga menyediakan fasilitas yang memudahkan kunjungan pengunjung. Dalam poin ini, kami akan mengulas fasilitas yang tersedia di Kebun Raya Indrokilo.

  • Area Parkir: Kebun Raya Indrokilo menyediakan area parkir yang luas dan aman untuk kendaraan pengunjung. Anda dapat memarkir kendaraan pribadi dengan nyaman dan menikmati kunjungan tanpa khawatir tentang masalah parkir.
  • Mushola: Untuk kenyamanan pengunjung yang ingin beribadah, terdapat mushola di area Kebun Raya Indrokilo. Ini memastikan bahwa pengunjung dapat menjalankan ibadah dengan tenang selama kunjungan mereka.
  • Toilet: Kebun Raya Indrokilo juga menyediakan fasilitas toilet yang bersih dan terawat. Toilet ini dapat diakses oleh pengunjung selama kunjungan mereka, sehingga Anda dapat merasa nyaman dan segar sepanjang hari.

Meskipun masih dalam tahap pembangunan, fasilitas yang tersedia cukup memadai untuk memastikan kenyamanan pengunjung selama kunjungan mereka. Kebun Raya Indrokilo terus berkembang dan meningkatkan fasilitasnya untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjungnya.

Lokasi Kebun Raya Indrokilo

Lokasi Kebun Raya Indrokilo adalah salah satu keuntungan utama destinasi ini. Terletak di Kampung Tempurejo, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, kebun raya ini mudah diakses dan menjadi pilihan yang ideal untuk wisata alam.

Lihat Juga :  Harga Tiket Masuk Lembah Nirwana Kendal Mei 2024

Aksesibilitas ke Kebun Raya Indrokilo sangat baik. Jalanan menuju destinasi ini terbilang mulus dan ramah kendaraan. Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi akan menemui perjalanan yang nyaman dan rute yang jelas ke destinasi ini.

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan: Kebun Raya Indrokilo mempromosikan lingkungan yang bebas dari emisi kendaraan. Oleh karena itu, pengunjung tidak diperkenankan masuk dengan mobil, motor, atau kendaraan bermotor lainnya. Sebagai alternatif, Anda dapat memanfaatkan sepeda pribadi, sepeda listrik, atau memilih untuk berjalan kaki.

Tips Berkunjung ke Kebun Raya Indrokilo

Tips Berkunjung ke Kebun Raya Indrokilo

Kunjungan ke Kebun Raya Indrokilo adalah pengalaman yang istimewa dan berharga. Untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik, berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan saat merencanakan kunjungan Anda:

  1. Cek Jam Buka dan Hari Operasional: Pastikan Anda tahu jam buka dan hari operasional Kebun Raya Indrokilo sebelum Anda pergi. Destinasi ini buka dari Selasa hingga Minggu dan tutup pada hari Senin. Dengan mengetahui jadwal operasionalnya, Anda dapat merencanakan kunjungan Anda dengan baik.
  2. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Kebun Raya Indrokilo adalah tempat terbuka dengan banyak aktivitas luar ruangan. Kenakan pakaian yang sesuai dengan cuaca dan aktivitas yang Anda rencanakan. Pastikan untuk mengenakan alas kaki yang nyaman karena Anda mungkin akan berjalan atau bersepeda.
  3. Bawa Air Minum dan Camilan: Pastikan Anda membawa air minum dan camilan. Meskipun ada area piknik di dalam kebun raya, memiliki persediaan air minum dan camilan dapat membantu Anda tetap terhidrasi dan terjaga energi selama kunjungan.
  4. Persiapkan Kamera: Kebun Raya Indrokilo adalah tempat yang penuh dengan keindahan alam dan daya tarik visual. Pastikan Anda membawa kamera atau ponsel cerdas Anda untuk mengabadikan momen-momen indah selama kunjungan Anda.
  5. Hormati Aturan dan Panduan: Patuhi semua aturan dan panduan yang berlaku di Kebun Raya Indrokilo. Ini mencakup larangan penggunaan kendaraan bermotor dan peraturan khusus untuk naik ke Menara Pandang Lantai Kaca. Menghormati aturan membantu menjaga keamanan dan kebersihan destinasi.
  6. Jadilah Ramah Lingkungan: Kebun Raya Indrokilo berkomitmen untuk menjaga lingkungan. Selama kunjungan Anda, pastikan Anda menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan sekitar. Gunakan tempat sampah yang tersedia dan hindari merusak tumbuhan.
  7. Manfaatkan Aplikasi “Si Boy”: Jika memungkinkan, manfaatkan aplikasi “Si Boy” atau Sahabat Indrokilo Boyolali untuk memesan tiket atau mendapatkan informasi terkini tentang kebun raya ini.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat merencanakan kunjungan yang menyenangkan dan bermanfaat ke Kebun Raya Indrokilo. Selamat menjelajahi kekayaan alam dan keindahan tumbuhan di destinasi wisata yang unik ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×