Harga Tiket Masuk Kebun Teh Kemuning Terbaru Juni 2024

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Kemuning, HTM : Rp 100.000 – Rp 1.700.000, Jam Buka : 08.00 WIB – 16.30 WIB, Lokasi : Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57794, Telepon : 085326600685.

Berwisata untuk menghilangkan penat setelah bekerja di hari-hari produktif memang sangat diperlukan bukan? Saat Anda menginginkan berwisata di area sejuk dan di dataran tingggi, Kebun Teh Kemuning bisa jadi pilihan. Terletak di daerah puncaknya Jawa Tengah yaitu Karanganyar, Kebun Teh Kemuning punya pemandangan hamparan tanaman hijau.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Kemuning

Dengan harga tiket masuk Kebun Teh Kemuning yang terjangkau, Anda sudah bisa refreshing. Kecuali tiket terjangkau, suasana sejuk perkebunan, keramahan antar warga yang masih terjaga, mampu membuat tempat ini jadi tujuan banyak wisatawan. Lalu berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai tempat wisata Teh Kemuning.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Harga tiket masuk Kebun Teh Kemuning ini gratis, tapi permainan atau aktivitasnya punya paket yang berbayar. Contohnya untuk penyewaan Jeep dimulai dari Rp400.000 – Rp750.000, paket outbound mulai dari Rp50.000 saja sampai Rp150.000. Paket Flaying Fox bertarif Rp10.000 serta masih banyak lagi paket-paket lainnya yang sewaktu-waktu bisa berubah harga.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh
Tiket MasukGratis
Harga Paket
Paket Ceria 1Rp100.000
Paket Ceria 2Rp145.000
Paket Ceria 3Rp155.000
Paket Ceria 4Rp185.000
Jeep Short Kapasitas 4 PenumpangRp400.000
Jeep Medium Kapasitas 4 PenumpangRp500.000
Jeep Medium 2 Kapasitas 4 PenumpangRp500.000
Jeep Long 1 Kapasitas 3 PenumpangRp650.000
Jeep Long 2 Kapasitas 3 PenumpangRp750.000
Full DayRp1.700.000

Nah, bagi Anda yang ingin mengunjungi Kebun Teh Kemuning, bisa dilakukan pada dini hari sampai petang. Namun kalau ingin bermalam disini juga bisa, yang tentu harus izin dulu. Karena memiliki curah hujan tinggi sebaiknya Anda berkunjung pada saat musim kemarau. Jadi akan terhindar dari hujan dan wisata Kebun Teh Kemuning bisa lebih Anda nikmati.

Jam Operasional

Tempat wisata ini di buka mulai dari dini hari hingga malam petang. Adapun pengnjung yang datang saat malam hari dengan tujuan bermalam disini. Mereka ini biasanya pengunjung yang ikut touring JIP saat malam hari, Sehingga terdapat guide dan pengawasan khusus dari pihak Biro Wisata.

Jam Buka
Setiap hari08.00 – 16.30 WIB

Daya Tarik Kebun Teh Kemuning

Terdapat Aktivitas Outbound

Terdapat Aktivitas Outbound

Pada tempat wisata Kebun Teh Kemuning ini terdpat wahana baru yaitu Outbound yang bisa Anda coba. Permainan menantang yang bergam mulai dengan permainan biasa sampai yang ekstrem siap menunggu untuk Anda mainkan. Permainan yang cukup populer di Outbound ini adalah Flaying Fox dengan ketinggian kurang lebih 9m diatas bukit.

Flaying Fox ini akan mengajak Anda meluncur dengan kecepatan cukup tinggi di lintasan kabel 70m ke bawah. Selama meluncur adrenalin Anda akan memuncak dan rasa senang juga seru pasti didapat. Pemandangan sekitar perkebunan yang asri bisa Anda lihat dengan jelas saat meluncur dari ketinggian.

Dapat Menyaksikan Keindahan Alam

Dapat Menyaksikan Keindahan Alam

Daya tarik lainnya dari Kebun Teh Kemuning adalah pemandangan alamnya yang begitu menawan. Dan karena pemandangan yang cantik ini wilayah perkebunan ramai akan pengunjung. Pertama kali masuk hamparan pohon teh yang tertata rapi siap menyambut Anda.  Pemandangan sekitar kebun juga dipercantik dengan pohon tinggi nan rindang yang tumbuh.

Langit biru dan awan putih saat cuaca cerah ikut serta menghiasi pemandangan dari perkebunan. Pondok kecil atau bisa disebut saung dibangun pada tengah kebun untuk beristirahat dari perjalanan mengelilingi kebun. Dan di saung Anda bebas merasakan langsung hembusan angin segar yang mampu memberi ketenangan.

Kegiatan Camping yang Seru

Kegiatan Camping yang Seru

Anda juga bisa berkemah atau camping di Kebun Teh Kemuning, karena ada lahan khusus yang disediakan pengelola. Dan saat camping Anda bisa menikmati keindahan alam perkebunan  teh di Kemuning ini dengan suasana tenang karena suasana sepinya. Saat malam hari bintang-bintang yang bertebaran di langit mampu jadi penghias malam camping Anda.

Membuat api unggun dan bercengkerama bersama rombongan akan mampu menghangatkan badan Anda juga bisa menghangatkan suasana. Tetapi Anda harus mempersiapkan sendiri seluruh peralatan camping, karena belum ada penyewaan di sekitaran tempat ini.

Bisa Leluasa Menjelajah Kawasan Teh

Bisa Leluasa Menjelajah Kawasan Teh

Karena luasnya arena kebun teh patut untuk Anda jelajahi, dan Anda bisa memanfaatkan fasilitas kendaraan yang sudah di sediakan. Contohnya menggunakan mobil Jeep untuk berkeliling, bisa juga untuk berpetualang menantang melewati medan offroad. Menggunakan motor ATV yang lebih mudah dibawa juga bisa Anda lakukan.

Kalau ingin bersepeda untuk berkeliling area perkebunan Anda juga bisa melakukannya. Ada juga aktivitas Paralayang yang jadi aktivitas favorit para pengunjung di Kebun Teh Kemuning.

Dapat Bersantai Menikmati Teh

Dapat Bersantai Menikmati Teh

Setelah berkeliling tidak ada salahnya untuk bersantai terlebih dulu sambil menikmati santapan lezat dari restoran sekitar. Makanan yang dijual cukup beragam dari makanan khas Solo bahkan berbagai macam makanan ringan juga banyak dijual. Dan menu favorit dari para pengunjung tidak lain ialah tehnya sendiri.

Rasa manis khas Karanganyar dari teh ini bisa memberikan ketenangan pada tiap tegukan. Bukan hanya rasa original, tapi banyak juga rasa the lain yang bisa dinikmati di tempat wisata ini.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Saat berkunjung ke Kebun Teh Kemuning, Anda dapat melakukan aktivitas seru yang beragam. Berikut beberapa penjelasan mengenai aktivitas tersebut.

Melakukan Aktivitas Ekstream

Melakukan Aktivitas Ekstream

Kegiatan ini beragam bentuknya, ada outbound seperti paralayang yang punya ketinggian yang cukup tinggi. Kecuali menantang adrenalin dengan ketinggian menaiki paralayang Anda juga bisa menikmati offroad menggunakan ATV. Dengan medan penuh lumpur dan sedikit licin mampu membangkitkan jiwa petualangan dan suka akan tantangan berkendara ATV.

Bahkan Anda juga bisa melakukan camping dengan api unggun yang menemani malam harinya. Dimana harus ada izin dulu agar camping berjalan dengan lancar. Aktivitas berkeliling kebun teh juga bisa dilakukan dengan berbagai kendaraan bukan hanya yang disebutkan di atas.

Berfoto

Kebun Teh Kemuning foto

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di Kebun Teh Kemuning lainnya adalah berfoto dengan view yang cantik. Hamparan pohon teh yang tertata rapi sepanjang lahan dipadukan kecerahan langit biru juga awan putih pas sekali untuk background photo. Atau Anda juga bisa berfoto ria di saung yang berada pada tengah perkebunan, jadi foto instagramable mudah Anda dapatkan.

Fasilitas Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan kebun teh yang luas dan suasana alam yang menenangkan. Fasilitas yang disediakan di Kebun Teh Kemuning akan memastikan kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat Anda temukan di Kebun Teh Kemuning:

  1. Area Parkir Kendaraan: Kebun Teh Kemuning menyediakan area parkir kendaraan yang cukup luas. Anda dapat dengan mudah menemukan tempat parkir untuk kendaraan pribadi Anda saat mengunjungi kebun teh ini.
  2. Warung Wisata: Terdapat warung wisata yang menyediakan berbagai hidangan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan kuliner Anda. Anda dapat menikmati teh segar atau mencicipi makanan lokal yang lezat di warung wisata yang tersedia.
  3. Toilet dan Kamar Mandi: Fasilitas toilet dan kamar mandi yang bersih dan terawat juga disediakan di Kebun Teh Kemuning. Anda dapat menggunakan fasilitas ini dengan nyaman saat berada di kebun teh.
  4. Mushola: Terdapat mushola yang dapat digunakan untuk beribadah dan berdoa bagi pengunjung yang beragama Islam. Mushola ini memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah selama kunjungan mereka.
  5. Gazebo: Tersedia gazebo di Kebun Teh Kemuning yang dapat digunakan sebagai tempat istirahat atau bersantai. Anda dapat duduk dan menikmati pemandangan yang indah sambil menikmati segelas teh di gazebo yang disediakan.
  6. Spot Foto Menarik: Kebun Teh Kemuning menawarkan berbagai spot foto kece yang dapat Anda manfaatkan untuk mengabadikan momen indah selama kunjungan Anda. Anda dapat mengambil foto di tengah kebun teh yang hijau atau di tempat-tempat lain yang menarik.
  7. Wahana Permainan Menarik: Bagi pengunjung yang membawa keluarga atau anak-anak, Kebun Teh Kemuning juga menyediakan wahana permainan yang menarik. Anak-anak dapat bermain dan bersenang-senang di wahana permainan yang aman dan seru.
  8. Spot Outbond: Bagi pengunjung yang mencari kegiatan petualangan, Kebun Teh Kemuning menyediakan spot outbond yang menantang. Anda dapat mengikuti kegiatan outbond yang disediakan untuk meningkatkan kebersamaan dan kegiatan berkelompok.
  9. Camping Area: Jika Anda ingin menghabiskan waktu semalam di kebun teh ini, Kebun Teh Kemuning juga menyediakan area camping. Anda dapat memasang tenda dan menikmati suasana malam yang nyaman di tengah kebun teh.

Fasilitas-fasilitas di Kebun Teh Kemuning akan memastikan kenyamanan dan kepuasan Anda selama kunjungan. Dengan fasilitas yang lengkap ini, Anda dapat menikmati keindahan alam dan pengalaman yang berkesan di Kebun Teh Kemuning.

Lokasi dan Rute Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Lokasi dari Kebun Teh Kemuning ini ialah Jalan Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah 57794. Kalau dari Kota Surakarta memiliki jarak sekitar 41km, kalau waktu tempuhnya bisa sekitar 1 jam lebih 10 menit. Menuju tempat wisata ini Anda bisa menggunakan jasa travel ataupun menggunakan kendaraan pribadi.

Dari jalur atau daerah mana saja Anda harus lakukan perjalanan sampai Kota Karanganyar, lalu ambil rute menuju Karang pandan. Setelah menjumpai plang bertulis Candi Cetho, Candi Sukuh, Air Terjun Jumog, ambil jalur kiri dan lurus mengikuti jalan utama. Kurang lebih 60 menit setelahnya Anda sudah bisa sampai di lokasi Kebun Teh Kemuning.

Kalau untuk kendaraannya bisa menggunakan kendaraan umum saat Anda tidak terlalu mencemaskan medan jalannya. Diawali naik bus jurusan Tawangmangu lalu turun di terminal bus Karangpandan. Seterusnya Anda bisa naik bus mini menuju terminal Kemuning, atau bisa juga menggunakan jasa ojek.

Tips Berkunjung ke Kebun Teh Kemuning

Tips Berkunjung ke Kebun Teh Kemuning

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Kebun Teh Kemuning, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda merencanakan kunjungan yang menyenangkan:

  1. Kondisi Tubuh: Pastikan Anda dalam keadaan sehat dan prima sebelum berkunjung ke Kebun Teh Kemuning. Suhu di kebun teh dapat cukup dingin, jadi kenakan pakaian yang hangat dan sesuai dengan cuaca.
  2. Waktu yang Tepat: Waktu terbaik untuk menikmati keindahan dan pesona Kebun Teh Kemuning adalah pagi hari saat cuaca cerah. Pagi hari juga akan memberikan Anda suasana yang segar dan lebih tenang untuk menikmati kebun teh.
  3. Persiapan Makanan: Kebun Teh Kemuning biasanya tidak menyediakan makanan, jadi disarankan untuk membawa bekal makanan sendiri. Anda dapat membawa camilan atau makanan ringan untuk dinikmati selama kunjungan. Jangan lupa juga membawa air minum yang cukup.
  4. Pakaian dan Aksesoris: Gunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas di kebun teh. Kenakan sepatu yang nyaman untuk berjalan di permukaan yang mungkin tidak rata. Selain itu, jangan lupa bawa jaket atau syal untuk menghangatkan tubuh Anda.
  5. Abadikan Momen: Manfaatkan keindahan alam Kebun Teh Kemuning dengan mengabadikan momen spesial. Bawa kamera atau smartphone Anda untuk mengambil foto-foto yang indah dan mengabadikan kenangan selama kunjungan.
  6. Etika dan Kebersihan: Selalu jaga kebersihan selama berkunjung ke Kebun Teh Kemuning. Buang sampah pada tempatnya dan hindari merusak atau mencabut tanaman. Hargai keindahan alam dan bantu menjaga kelestariannya.
  7. Nikmati Teh Segar: Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi teh segar yang dihasilkan di Kebun Teh Kemuning. Rasakan cita rasa unik teh yang disajikan di sana dan nikmati pengalaman yang menyegarkan lidah Anda.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda akan dapat menikmati kunjungan yang menyenangkan dan memuaskan di Kebun Teh Kemuning. Jangan lupa untuk menikmati keindahan alam, menjaga kebersihan, dan menghargai proses produksi teh yang unik di tempat ini. Selamat menikmati liburan di Kebun Teh Kemuning yang memikat hati dan menyegarkan jiwa.

Sekian informasi tentang Kebun Teh Kemuning dan semoga bisa menjadi panduan Anda saat akan berwisata kesana. Dengan harga tiket masuk Kebun Teh Kemuning yang gratis Anda bisa lebih bebas berkunjung. Jadi dapatkan suasana yang menenangkan dengan berlibur ke Kebun Teh Kemuning, dan tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×