Kamis, April 4, 2024

Harga Tiket Masuk Pantai Tamban Terbaru April 2024

Harga Tiket Masuk Pantai Tamban Malang, HTM : Rp 5.000, Jam Buka : 07.00 WIB, Lokasi : DKampung Pantai, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65176, Telepon : -.

Ketika hari libur, pasti banyak orang akan kebingungan dengan tujuan tempat liburan nya mau kemana. Kebanyakan orang juga pasti akan memilih tempat liburan dengan berbagai wahan seru atapu juga wisata alam yang indah dan cocok untuk liburan kelaurag. Bagi kalian yang bingung menentukan tujuan tempat wisata, di Indonesia ini banyak sekali pilihan tempat wisata mulai dari wisata wahana hingga wisata alam yang indah. Malang biasanya menjadi daerah di Indonesoa yang menjadi pilihan tujuan tempat wisata, terlebih Malang ini sangat terkenal dengan deretan wisata pantai nya seperti Pantai Tamban ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Tamban

Pantai Tamban ini menjadi salah satu pantai dari banyaknya deretan pantai di Malang. Pantai ini kurang terkenal bagi para pengunjung dan tenggelam di balik kepopuleran wisata pantai laonnya yang berada di Malang yaitu seperti Pantai Sendang Biru. Namun di balik ketidak populeran pantai ini, terdapat daya tarik sediri yang di miliki pantai ini. Salah satu daya tarik dari pantai Tamban ini yaitu meruapakan pantai nelayan yang memiliki pemandangan indah. Selain itu pantai ini juga memiliki keunikan air laut yang bertemu langsung dengan air tawar.

Pantai ini memiliki nama yang juga unik dan juga memiliki arti tersendiri. Jika melihat dari kamus bahasa jawa “Tamban” ini jika di artikan ke Indonesia berarti “Obat”. Tentunya penamaan ini bukan asal saja, namun terdapat peristiwa penting di dalamnya. Peristiwa penting ini terjadi pada masa lalu tepatnya pada tahun 1880an. Pada waktu itu ada tiga orang Kiai yang menggunakan air laut di pantai ini menjadi obat.

Harga Tiket Masuk Pantai Tamban

Pengunjung yang ingin masuk kawasan wisata ini dan menikmati berbagai aktivitas seru dan pemandangan indah, pihak pengelola pantai akan mengenakan tarif masuk. Untuk Harga Tiket Masuk Pantai Tamban ini sangat murah dan sangat terjangkau. Hanya dengan 5Ribu Saja pengunjung sudah bisa liburan di pantai ini. Berikut info Harga Tiket Masuk Pantai Tamban yang bisa anda lihat dibawah ini.

Harga Tiket
Senin hingga MingguRp5.000

Jam Buka

Jika kebanyakan pantai di Malang di buka selama 24 jam, berbeda dengan Pantai Tamban ini di buka mulai jam 7 pagi. Namun jam tutup nya masih belum terlalu jelas, mungkin saja sampai sore hari. Bahkan terkadang juga pihak pengelola pantai ini menutup lebih awal jika dirasa tidak ada pengunjung yang datang.

Jam Buka
Senin – MingguMulai pukul 07.00

Ragam Aktivitas Seru Pantai Tamban

Ragam Aktivitas Seru Pantai Tamban

Pantai yang tidak banyak orang tahu ini memiliki keindahan yang sangat mempesona. karena jarang di jamah oleh manusia, menjadikan pantai ini sangat asri dan juga bersih. Pemandangan laut di pantai ini juga berwarna biru cerah dan juga jernih sehingga sehingga sangat memanjakan mata. Area pantai ini lumayan luas dam memiliki hambaran pasir putih bersih dan berkilauan saat terkena matahari. Sehingga bisa membuat pengunjung bisa leluasa untuk melakukan berbagai aktivitas seru di pantai ini.

Salah satu aktivitas di pantai ini dan sangat dinantikan oleh para pengunjung yaitu Melihat pemandangan pantai saat Sunset. Pada sore hari yaitu saat matahari tenggelam, langit di pantai ini akan berubah warna menjadi jingga bergradiasi biru langit. Pantulan cahaya matahari tenggelam di air laut juga akan terlihat indah dan syahdu. Banyak pengunjung yang menantikan moment ini sambil bersantai di tepi pantai atau juga mengabadikan moment indah ini dengan berswafoto.

Pengunjung yang ingin bermalam di pantai ini juga bisa berkemah di pantai dengan ijin pihak pengelola pantai. Pengunjung yang ingin berkemah di pantai Tamban ini bisa membawa peralatan berkemah sendiri seperti tenda dan lainnya. Hal ini di karenakan pihak pengelola pantai ini tidak menyediakan persewaan tenda. Selain itu pengunjung tidak di perbolahkan berkemah dekat-dekat dengan air laut, untuk menghindari kejadian yang tidak di inginkan.

Pengunjung yang berkemah juga sangat di sarankan membawa anti nyamuk oles, agar terhindar dari gigitan nyamuk yang akan mengganggu moment liburan. Sehingga saat malam hari pengunjung bisa bersantai di depan tenda sambil menikmati suasana malam di pantai ini. Bersantai di depan tenda sambil melihat langit malam yang bertabur bintang juga akan menjadi moment yang tak terlupakan.

Saat pagi hari, pengunjung bisa menikmati suasana pagi di pantai ini yang diaman matahari akan menyinari kawasan pantai secara berlahan dan membuat suasana menjadi hangat. Sebelum melakukan aktivitas seru, pengunjung bisa membeli sarapan di beberapa warung terdekat di sekitar pantai. Setelah itu pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti Memancing, Melihat Pemandangan Alam, Bermain Di Kedung Ijo, dan masih banyak lagi.

Foto Wisata Pantai Tamban

Berkemah di Pantai Tamban

Bagi para pecinta petualangan dan alam terbuka, berkemah di Pantai Tamban adalah pilihan yang sempurna. Pantai ini mengizinkan pengunjung untuk berkemah dengan biaya tambahan yang terjangkau. Meskipun demikian, pengunjung harus mendapatkan izin dari pihak pengelola. Untuk berkemah, bawalah peralatan berkemah sendiri seperti tenda, peralatan memasak, dan peralatan lainnya. Namun, sebaiknya jangan mendirikan tenda terlalu dekat dengan laut agar terhindar dari risiko terseret ombak. Saat berkemah, Anda dapat mendengarkan suara deburan ombak di malam hari dan bahkan membuat api unggun untuk memasak ikan yang mungkin Anda tangkap di siang hari.

Memancing

Pantai Tamban adalah tempat yang luar biasa untuk memancing. Keindahan pantai ini tidak hanya terletak pada pasirnya yang lembut, tetapi juga pada kondisi lautnya yang relatif tenang. Ombak yang tenang membuat pantai ini cocok untuk memancing di pinggir pantai. Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk menangkap ikan di sepanjang tepi pantai yang panjang. Anda dapat membawa peralatan memancing sendiri atau menyewa di warung-warung sekitar pantai. Harga peralatan memancing bervariasi tergantung pada kualitasnya.

Jika Anda mencari tantangan lebih, Anda dapat menyewa perahu dan memancing di tengah laut. Nelayan setempat biasanya menyediakan perahu untuk disewakan, dan mereka tahu di mana spot terbaik untuk memancing. Ini adalah cara yang fantastis untuk mencoba peruntungan Anda dalam menangkap ikan yang lebih besar di lepas pantai.

Melihat Pemandangan Alam

Pantai Tamban masih mempertahankan keindahan alamnya yang alami karena belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tidak ada tumpukan sampah yang merusak pemandangan alam di sini. Dengan panjang sekitar 1500 meter, pantai ini menawarkan pesona alam yang belum terjamah. Anda akan melihat batu-batu besar yang tersebar di tepi pantai dan bahkan dapat melihat Pulau Sempu dari pantai ini. Tebing yang mengelilingi pantai juga menambah pesona alam pantai ini.

Bermain di Kedung Ijo

Salah satu daya tarik unik Pantai Tamban adalah Kedung Ijo, sebuah muara air tawar yang bermuara di pantai. Muara ini terletak di sebelah timur pantai. Pengunjung dapat menjelajahi Kedung Ijo dengan berjalan kaki sebentar. Di sekitar muara ini, Anda akan melihat tebing yang mengelilinginya dan batuan besar yang terhampar di sekitar muara. Kedung Ijo adalah tempat yang sempurna untuk berenang, memancing, dan bahkan snorkeling. Pastikan untuk membawa peralatan sendiri karena tidak ada penyewaan di tempat ini.

Pantai Tamban menawarkan berbagai aktivitas yang menarik bagi wisatawan yang mencari pengalaman alam yang alami dan santai. Dari menikmati matahari terbenam yang memukau hingga berkemah di bawah bintang-bintang, Anda akan menemukan banyak hal yang bisa dinikmati di pantai ini.

Fasilitas

Meskipun Pantai Tamban tidak seterkenal beberapa pantai lain di Malang, pengelolaannya cukup baik dan menyediakan fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung. Berikut beberapa fasilitas yang dapat Anda temukan saat berkunjung ke Pantai Tamban:

  1. Toilet: Untuk kenyamanan pengunjung, Pantai Tamban dilengkapi dengan fasilitas toilet yang terletak di sekitar pantai. Ini sangat penting bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di pantai.
  2. Gereja: Mayoritas penduduk di sekitar Pantai Tamban adalah beragama Kristen, sehingga terdapat sebuah gereja yang terletak tidak jauh dari kawasan pantai. Bagi wisatawan yang ingin menghadiri misa atau beribadah, fasilitas ini sangat berguna.
  3. Mushola: Selain gereja, terdapat juga mushola untuk pengunjung yang beragama Islam. Ini memungkinkan wisatawan Muslim untuk menjalankan ibadah dengan nyaman selama berkunjung ke pantai.
  4. Warung Makanan dan Minuman: Pantai Tamban memiliki beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Anda dapat menemukan hidangan laut segar dan hidangan lokal lainnya. Ini adalah tempat yang sempurna untuk mencicipi kuliner khas daerah setelah beraktivitas di pantai.
  5. Pasar Ikan: Jika Anda tertarik dengan ikan segar, terdapat pasar ikan di sekitar pantai. Anda dapat membeli ikan segar langsung dari nelayan setempat. Ini adalah kesempatan bagus untuk mencoba masakan laut yang lezat saat berkemah atau menginap di sekitar pantai.

Meskipun Pantai Tamban mungkin tidak begitu ramai seperti beberapa pantai lainnya, fasilitas yang disediakan di sini membuat pengunjung dapat menikmati waktu mereka dengan nyaman. Dari kebersihan pantai hingga kemudahan beribadah, pantai ini menawarkan fasilitas yang memadai untuk pengalaman liburan yang menyenangkan.

Lokasi Pantai Tamban

Pantai ini berada di Malang, tepatnya berada di Kp. Pantai, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang. Dari kota Malang ke lokasi pantai ini berjarak sekitar 65 km. Pantai ini juga memiliki akses jalan yang mudah dilalui oleh berbagai macam kendaraan.

Tips Berkunjung ke Pantai Tamban

Tips Berkunjung ke Pantai Tamban

Pantai Tamban adalah destinasi yang sempurna untuk Anda yang mencari pengalaman pantai yang lebih tenang dan damai di Malang. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda merencanakan kunjungan yang menyenangkan ke Pantai Tamban:

  1. Perhatikan Cuaca: Sebelum berangkat, periksa perkiraan cuaca. Meskipun pantai ini lebih cocok untuk berenang dan beraktivitas saat air pasang, penting untuk memastikan cuaca tidak buruk sehingga Anda dapat menikmati pantai dengan nyaman.
  2. Berkemah dengan Ijin: Jika Anda berniat untuk berkemah di pantai, pastikan untuk mendapatkan izin dari pihak pengelola. Ini untuk menjaga keamanan dan memastikan Anda tidak mengganggu lingkungan sekitar.
  3. Siapkan Peralatan Berkemah: Jika Anda berencana berkemah, bawa peralatan berkemah Anda sendiri, termasuk tenda, sleeping bag, dan peralatan lainnya. Pihak pengelola tidak menyediakan penyewaan tenda di pantai.
  4. Berpakaian Pantai: Karena Pantai Tamban masih cukup alami, Anda dapat mengenakan pakaian pantai yang nyaman seperti baju renang, kemeja lengan pendek, dan celana pendek. Jika Anda berencana untuk menjelajahi hutan bakau atau tebing, bawa juga pakaian yang sesuai seperti lengan panjang dan celana panjang.
  5. Obat Nyamuk: Saat berkemah atau menjelajahi hutan bakau, pastikan untuk membawa obat nyamuk. Nyamuk bakau bisa menjadi gangguan, jadi siapkan perlindungan diri yang cukup.
  6. Respek Lingkungan: Selalu ingat untuk menjaga kebersihan pantai dan lingkungan sekitarnya. Bawa kembali semua sampah Anda dan pastikan Anda tidak meninggalkan jejak berat pada alam.
  7. Memancing: Jika Anda ingin memancing, bawa peralatan memancing Anda sendiri atau Anda dapat membeli atau menyewanya dari warung di sekitar pantai.
  8. Menikmati Sunset: Salah satu keindahan Pantai Tamban adalah pemandangan matahari terbenamnya yang memukau. Jika Anda ingin menyaksikan matahari terbenam, pastikan untuk datang tepat waktu dan membawa kamera untuk mengabadikan momen indah ini.
  9. Menggunakan Perahu: Jika Anda ingin menjelajahi lebih jauh ke laut, Anda dapat menyewa perahu dari nelayan setempat. Pastikan untuk menawar harga dengan baik sebelum berangkat.
  10. Menikmati Kedung Ijo: Jangan lewatkan untuk mengunjungi Kedung Ijo yang berdekatan. Anda dapat berenang, memancing, atau bahkan snorkeling di sini. Pastikan untuk membawa peralatan snorkeling Anda sendiri jika Anda berencana untuk melakukannya.

Dengan mengikuti tips ini, Anda akan dapat menikmati Pantai Tamban dan semua aktivitasnya dengan lebih baik. Pastikan untuk menghargai keindahan alamnya dan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan terjaga. Selamat menikmati liburan Anda di Pantai Tamban yang damai dan menenangkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×