Senin, Februari 5, 2024

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Aan Lombok Februari 2024

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Aan Lombok, HTM : Rp 5.000 – Rp 15.000, Jam Buka : 24 Jam, Lokasi : Desa Pengembur, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat., Telepon : .

Pulau Lombok, dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, telah menjadi destinasi impian bagi para pelancong yang mencari pengalaman liburan yang luar biasa. Salah satu surga tersembunyi di pulau ini adalah Pantai Tanjung Aan. Terletak di wilayah Lombok Tengah, pantai ini telah menjadi perbincangan para wisatawan yang telah menjelajahinya. Keunikan Pantai Tanjung Aan terletak pada pasir putihnya yang istimewa dan air laut biru yang memikat hati.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Aan Lombok September 2023

Pantai Tanjung Aan, berada dalam lingkup Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, berbagi tempat dengan Pantai Kuta Lombok dan Bukit Merese. Garis pantainya yang membentang sepanjang 2 kilometer membentuk lengkungan setengah lingkaran. Di kedua ujung pantai ini, terdapat dua bukit menjulang, yaitu Bukit Merese dan Bukit Batu Payung, yang menambahkan sentuhan keunikan yang luar biasa pada panorama Pantai Tanjung Aan. Kehadiran bukit-bukit ini menciptakan lanskap yang begitu eksotis dan memukau.

Pantai Tanjung Aan juga dikenal dengan dua jenis pasir pantai yang berbeda, dipisahkan oleh Bukit Antara yang terletak di tengah pantai. Di salah satu sisi pantai, pasirnya berbentuk bulat-bulat kecil yang menyerupai biji merica, dengan nuansa warna kekuning-kuningan yang khas. Sementara di sisi yang berlawanan, pasir pantainya halus dan putih seperti tepung, menciptakan pemandangan yang seolah-olah terhampar salju. Warga setempat kerap menyebut pantai ini dengan sebutan “pantai merica” atau “pantai tepung” mengacu pada karakteristik pasirnya yang unik.

Selain keunikan pasir dan pemandangan bukit, Pantai Tanjung Aan juga dikenal dengan variasi ombaknya yang bisa menjadi sangat tenang atau tiba-tiba tinggi. Di pantai ini, anda dapat merasa bebas untuk bersantai, bermain air, melakukan snorkeling, dan mengeksplorasi aktivitas lainnya dengan fasilitas yang ada. Menghabiskan liburan di Pantai Tanjung Aan adalah pengalaman terbaik yang dapat Anda nikmati di Pulau Lombok. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi informasi terbaru tentang harga tiket masuk ke destinasi eksotis ini dan beberapa tips untuk merencanakan kunjungan yang tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Aan Lombok Terbaru

Ketika merencanakan liburan yang sempurna, salah satu pertimbangan utama adalah anggaran. Harga tiket masuk Pantai Tanjung Aan tergolong sangat terjangkau. Berikut adalah rincian harga tiket masuk terbaru:

RetribusiTarif
Tiket MasukGratis
Parkir MotorRp5.000
Parkir MobilRp10.000
Parkir Bus/Mini BusRp15.000

Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, Anda dapat menikmati semua pesona dan keindahan Pantai Tanjung Aan tanpa harus membebani anggaran liburan Anda.

Jam Operasional Pantai Tanjung Aan Lombok

Jam Buka
HariJam
Setiap hari24 Jam

Pihak Pantai Tanjung Aan tidak menerapkan jam operasional tertentu. Sebagian besar pengunjung cenderung datang ke pantai ini pada pagi atau sore hari, terutama menjelang senja. Pada sore hari pantai menjadi semakin ramai karena suasana lebih teduh dan mempesona dengan matahari terbenam yang menciptakan pemandangan yang luar biasa.

Lokasi & Rute Pantai Tanjung Aan Lombok

Lokasi: Desa Pengembur, Sengkol, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pantai Tanjung Aan terletak di kawasan Mandalika yang merupakan bagian dari pengembangan Mandalika Resort. Lokasinya hanya beberapa kilometer dari Pantai Kuta Lombok, sehingga sangat mudah untuk diakses.

Rute Perjalanan

Rute perjalanan menuju Pantai Tanjung Aan dapat ditempuh dengan mengambil arah menuju Pantai Kuta Lombok, kemudian belok kiri dari bundaran Mandalika Resort. Setelah melewati tanjakan, ambil kanan dan lurus menuju arah Pantai Tanjung Aan. Meskipun menggunakan kendaraan pribadi akan lebih nyaman, tetapi bagi para backpacker sejati, transportasi umum yang tersedia juga merupakan pilihan yang memungkinkan untuk mencapai destinasi ini.

Daya Tarik Pantai Tanjung Aan Lombok

Daya Tarik Pantai Tanjung Aan Lombok

Surga bagi Perenang

Pantai Tanjung Aan adalah surga bagi para perenang. Air laut di sekitar pantai ini sangat tenang dan nyaman untuk berenang. Ombak yang terjadi di bibir pantai adalah ombak kecil yang tidak berbahaya, sehingga perenang dapat menikmati kegiatan mereka dengan aman. Selain itu, pantai ini memiliki kedalaman yang dangkal di dekat bibir pantai, membuatnya menjadi tempat yang ideal bagi perenang pemula. Jadi, jika Anda suka berenang, Pantai Tanjung Aan adalah tempat yang sempurna untuk menjelajahi keindahan bawah lautnya.

Pasir Putih yang Unik

Salah satu ciri khas yang membedakan Pantai Tanjung Aan adalah pasir putihnya yang unik. Pantai ini menawarkan dua jenis pasir yang berbeda di satu tempat. Di satu sisi pantai, Anda akan menemukan pasir halus yang mirip tepung, sehingga sering disebut sebagai Pantai Tepung. Pasir ini terasa lembut dan nyaman untuk diinjak. Di sisi lain, terdapat area dengan pasir berbutir kecil yang mirip dengan merica, sehingga disebut sebagai Pantai Merica. Meskipun pasirnya tidak halus seperti tepung, tetapi pengunjung masih dapat berjalan tanpa alas kaki di atasnya. Keunikan ini menambah daya tarik visual Pantai Tanjung Aan dan memberikan kesempatan untuk pengalaman yang berbeda bagi pengunjung.

Pemandangan di Bukit Merese

Bukit Merese adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Pantai Tanjung Aan. Bukit ini terletak hanya beberapa ratus meter dari pantai, sehingga mudah dijangkau dengan berjalan kaki. Dari puncak Bukit Merese, pengunjung akan disuguhi pemandangan luar biasa. Mereka dapat melihat dengan jelas seluruh keindahan Pantai Tanjung Aan, termasuk pasir putih yang membentang, air laut yang memukau, dan bukit-bukit yang menghijau di sekitarnya. Pemandangan ini sering diibaratkan mirip dengan pemandangan di New Zealand.

Aktivitas di Pantai Tanjung Aan Lombok

Pantai Tanjung Aan, salah satu destinasi eksotis di Lombok, menawarkan beragam aktivitas menarik bagi para wisatawan yang mencari pengalaman liburan yang tak terlupakan. Dengan memaksimalkan waktu Anda di pantai ini, Anda dapat menikmati semua yang ditawarkan, mulai dari berenang di laut yang tenang hingga menjelajahi ikonik Batu Payung. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda nikmati di Pantai Tanjung Aan:

Berenang di Tepi Pantai yang Menenangkan

Berenang di Tepi Pantai yang Menenangkan

Pantai Tanjung Aan mungkin tidak menyediakan permainan air berlebihan, tetapi Anda masih dapat merasakan kegembiraan berenang di laut yang dangkal dan ombak yang tenang. Waktu terbaik untuk berenang adalah pada pagi atau sore hari ketika pantai tenang dan cuaca tak terlalu terik.

Mengagumi Keindahan Batu Payung yang Ikonik

Mengagumi Keindahan Batu Payung yang Ikonik

Tak jauh dari Pantai Tanjung Aan, Anda akan menemukan Pantai Batu Payung yang mengesankan. Pantai ini dikenal karena batu karang besar yang mirip payung di pesisirnya. Batu karang ini menarik perhatian dengan bagian bawahnya yang terkikis oleh ombak, menciptakan ilusi tiang. Namun, ingatlah bahwa memanjat batu karang ini tidak diperbolehkan karena tingginya yang mencapai puluhan meter.

Anda dapat mencapai Pantai Batu Payung dengan menyewa perahu pribadi dari Tanjung Aan dengan harga sekitar Rp 300.000, atau bisa mencoba menawar untuk harga yang lebih terjangkau. Selama perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan laut yang memukau.

Bersantai di Gazebo Bambu Sambil Menikmati Kelapa Muda

Bersantai di Gazebo Bambu Sambil Menikmati Kelapa Muda

Di sekitar pantai, Anda akan menemukan gazebo yang unik terbuat dari bambu dengan atap jerami. Gazebo ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai tanpa biaya tambahan. Nikmati suasana yang tenang sambil menikmati kelapa muda segar dengan harga sekitar Rp 15.000 per buah. Anda bahkan dapat menambahkan gula atau sirop, serta es batu, untuk menambah kesegaran kelapa muda.

Menutup Sore di Bukit Merese

Menutup Sore di Bukit Merese

Bukit Merese adalah tujuan lain yang tidak boleh dilewatkan di sekitar Pantai Tanjung Aan. Anda dapat mencapainya dengan berjalan kaki melalui jalan yang tersedia atau dengan mendaki batu-batu karang. Bukit ini menawarkan hamparan tanah lapang yang dihiasi dengan rumput hijau dan pepohonan. Dari puncak bukit, Anda dapat menikmati pemandangan laut yang memukau dan Pantai Tanjung Aan yang indah, menjadikannya tempat yang sempurna untuk berfoto.

Bergabung dalam Upacara Adat Nyele

Bergabung dalam Upacara Adat Nyele

Jika Anda merencanakan perjalanan ke Pantai Tanjung Aan, pertimbangkan untuk datang pada bulan Februari atau Maret. Selama periode ini, pantai ini menjadi tuan rumah upacara adat Nyele, di mana orang-orang berburu cacing Nyale. Festival ini berkaitan dengan legenda putri Mandalika yang menjadi Nyale setelah terjun ke laut untuk mencegah perpecahan suku di Lombok. Ini adalah pengalaman budaya yang unik yang bisa Anda saksikan dan ikuti.

Bermain Selancar

Bermain Selancar 

Pantai Tanjung Aan juga merupakan tempat yang ideal untuk bermain selancar, terutama saat sore hari ketika ombak mulai meninggi. Ombaknya yang tidak terlalu ganas dan pantai yang dangkal membuatnya aman bagi pemula. Anda dapat belajar berselancar dengan instruktur dari sekolah surfing di sekitar pantai, yang juga menyewakan peralatan selancar yang diperlukan. Ini adalah cara yang bagus untuk mencoba tantangan selancar dan membuat kenangan tak terlupakan selama liburan Anda.

Dengan berbagai aktivitas menarik yang ditawarkan di Pantai Tanjung Aan, Anda dapat merencanakan liburan yang memuaskan dan tak terlupakan di pulau Lombok ini. Ingatlah untuk datang pada bulan Februari atau Maret jika Anda ingin mengalami Festival Nyele yang unik.

Fasilitas Pantai Tanjung Aan Lombok

Fasilitas Pantai Tanjung Aan Lombok

Pantai Tanjung Aan adalah salah satu destinasi wisata di Lombok yang telah dikelola dengan baik. Para pengunjung dapat menikmati beragam fasilitas yang memenuhi kebutuhan mereka dengan baik saat berada di sana. Fasilitas di Pantai Tanjung Aan Lombok meliputi:

  • Area parkir luas. Area parkir yang luas memberikan kenyamanan bagi pengunjung dengan kendaraan pribadi.
  • Gazebo untuk beristirahat. Gazebo-gazebo beratap payung yang menawarkan tempat istirahat yang nyaman di tepi pantai.
  • Penyewaan peralatan snorkeling dan papan seluncur
  • Mushola
  • Kamar bilas
  • Toko Souvenir. Pantai Tanjung Aan juga memiliki sejumlah toko souvenir yang menawarkan kenang-kenangan unik bagi para pengunjung.
  • Sentra Kuliner. Untuk urusan kuliner, Anda akan menemukan deretan warung makanan dan minuman yang menggoda selera di sepanjang pantai. Jadi, setelah bermain di pantai, Anda bisa merasa puas dengan hidangan lezat.
  • Spot selfie. Di Pantai Tanjung Aan terdapat beberapa spot selifie. Salah satunya Anda akan menemukan sebuah ayunan yang terbuat dari bilah-bilah kayu yang disusun dengan indah. Ayunan ini berada di tengah air laut yang tenang. Sarana ayunan kayu ini adalah tempat yang sempurna untuk menciptakan foto selfie yang instagrammable.

Bagi anda pengunjung dari luar kota, di sekitar lokasi pantai tersedia penginapan dengan berbagai pilihan, mulai dari losmen yang sederhana hingga hotel berbintang seperti JC Surfer’s House, Villa Sorgas, Villa Bau Nyale, Family House Lombok, hingga Novotel Lombok Resort and Villas yang hanya berjarak 3 km dari Pantai Tanjung Aan. Sementara itu, beberapa rekomendasi  bar dan restoran yang direkomendasikan di sekitar pantai seperti Warung Turtle, Warung Aan Resti, atau Ancora Restaurant.

Tips Berkunjung ke Pantai Tanjung Aan

Tips Berkunjung ke Pantai Tanjung Aan

Berkunjung ke Pantai Tanjung Aan di Pulau Lombok adalah pengalaman yang luar biasa. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang memukau dan suasana yang tenang, tetapi ada beberapa tips yang dapat membantu Anda merencanakan kunjungan yang lebih lancar dan lebih memuaskan.

  • Periksa Cuaca Terlebih Dahulu: Sebelum Anda berangkat, periksa ramalan cuaca untuk Lombok. Meskipun Pulau Lombok cenderung memiliki cuaca yang baik sepanjang tahun, tetapi ada musim hujan tertentu yang dapat memengaruhi kunjungan Anda. Membawa payung atau jas hujan ringan mungkin adalah ide baik jika Anda mengunjungi selama musim hujan.
  • Datang Pagi atau Sore Hari: Pantai Tanjung Aan cenderung menjadi lebih ramai saat siang hari. Jika Anda mencari suasana yang lebih tenang dan ingin menikmati matahari terbit atau terbenam yang indah, datanglah lebih awal di pagi hari atau menjelang sore. Ini juga memberi Anda kesempatan terbaik untuk mendapatkan foto-foto yang menakjubkan.
  • Kenakan Pakaian Pantai yang Sesuai: Pakaian santai adalah pilihan terbaik untuk Pantai Tanjung Aan. Kenakan pakaian renang jika Anda berencana untuk berenang atau berjemur di pantai. Juga, jangan lupa untuk membawa handuk, topi, dan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari.
  • Jangan Lupa Kamera: Pantai Tanjung Aan adalah surga bagi pecinta fotografi. Pastikan untuk membawa kamera atau smartphone Anda untuk mengabadikan momen-momen indah selama kunjungan Anda. Ada banyak pemandangan menakjubkan yang akan Anda temui di sekitar pantai, termasuk pasir putih yang unik dan batuan karang yang menarik.
  • Bawa Uang Tunai: Meskipun harga tiket masuk Pantai Tanjung Aan sangat terjangkau, tetapi pastikan Anda membawa uang tunai dalam denominasi kecil untuk berbelanja makanan, minuman, atau souvenir di sekitar pantai. Meskipun beberapa tempat menerima kartu kredit atau pembayaran digital, uang tunai seringkali lebih praktis.
  • Jaga Kebersihan Pantai: Selalu ingat untuk menjaga kebersihan pantai selama kunjungan Anda. Gunakan tempat sampah yang telah disediakan atau bawa kantong sampah sendiri untuk membuang sampah Anda. Ini adalah cara yang baik untuk menjaga keindahan alam Pantai Tanjung Aan dan berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan.
  • Hargai Kultur Lokal: Selama kunjungan Anda, Anda mungkin akan berinteraksi dengan penduduk lokal atau penjual yang menawarkan produk dan jasa mereka. Hargai budaya dan kultur mereka dan bersikap ramah. Ini bisa menjadi pengalaman berharga untuk berbicara dengan orang-orang lokal dan memahami lebih dalam tentang kehidupan di Lombok.

Pantai Tanjung Aan di Pulau Lombok adalah sebuah tempat yang menakjubkan yang menawarkan keindahan alam yang tak terlupakan. Dengan pasir putih lembutnya yang unik, air laut biru yang mempesona, dan suasana yang damai, pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari kehidupan sehari-hari dan menikmati keindahan alam semesta.

Dalam artikel ini, kami telah membahas informasi terbaru tentang harga tiket masuk Pantai Tanjung Aan, menyoroti kenyamanan dan terjangkaunya kunjungan ke pantai ini. Kami juga memberikan beberapa tips berharga untuk memaksimalkan pengalaman Anda di pantai ini, termasuk memilih waktu kunjungan yang tepat, membawa perlengkapan pantai yang sesuai, dan menjaga kebersihan lingkungan. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan semoga kunjungan Anda ke Pantai Tanjung Aan menjadi pengalaman yang memuaskan dan berkesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×