Selasa, April 9, 2024

Harga Tiket Masuk Pantai Wohkudu Terbaru April 2024

Harga Tiket Masuk Pantai Wohkudu, HTM : Rp3.000, Jam Buka : 24 Jam, Lokasi : Dukuh Wiloso, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia, 55872, Telepon : -.

Gunung Kidul dapat dikatakan sebagai surganya pantai tersembunyi di Yogyakarta. Pantai-pantai di Gunung Kidul terkenal dengan pesona dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Salah satu pantai tersembunyi yang wajib dikunjungi saat ke Gunung Kidul adalah Pantai Wohkudu. Pantai ini terletak di Dukuh Wiloso, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Wohkudu memancarkan pesona alam yang memesona dan menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk Pantai Wohkudu Terbaru November 2023

Dengan jarak sekitar 44 kilometer dari pusat kota Jogja, perjalanan menuju Pantai Wohkudu memakan waktu sekitar 90 menit. Namun tidak perlu khawatir karena setiap langkah perjalanan tersebut akan terbayar lunas dengan keindahan alam yang masih asri dan ketenangan yang jarang terdapat di tempat wisata lain. Artikel ini akan memberikan informasi terkait wisata alam Pantai Wohkudu, termasuk mengenai harga tiket masuk, daya tariknya yang unik, fasilitas yang tersedia, serta tips-tips berharga untuk memaksimalkan pengalaman liburan Anda. Mari kita jelajahi keindahan Pantai Wohkudu bersama-sama!

Lokasi Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu terletak di Dukuh Wiroso, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia.

Jam Operasional Pantai Wohkudu

Tempat WisataJam Buka
Pantai Wohkudu24 jam

Pantai Wohkudu buka 24 jam setiap hari. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai ini pada jam berapapun, baik di pagi hari saat udara masih bersih maupun di malam hari untuk menikmati suasana pantai yang tenang dan penuh bintang. Meskipun demikian, disarankan untuk mengunjungi Pantai Wohkudu pada pagi hari untuk merasakan ketenangan maksimal dan menikmati keindahan alamnya yang masih alami.

Harga Tiket Masuk Pantai Wohkudu Terbaru

Jenis TiketHarga Tiket Masuk
Tiket MasukRp5.000
Parkir Sepeda MotorRp3.000
Parkir MobilRp5.000

Untuk menikmati pesona alam Pantai Wohkudu, pengunjung perlu membayar tiket masuk yang terjangkau. Harga tiket diatas kami kutip dari pariwisata.jogjakota.go.id. Meskipun tarif tiket tergolong ringan, pengunjung akan mendapatkan pengalaman berharga dengan menikmati suasana pantai yang masih sepi. Biaya tiket yang terjangkau ini membuat Pantai Wohkudu menjadi pilihan destinasi wisata yang ramah di kantong, cocok untuk berlibur bersama teman-teman atau keluarga.

Daya Tarik Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu, berbeda dengan kebanyakan pantai di Gunungkidul. Pantai ini menghadirkan landscape yang menakjubkan dengan keunikan yang sulit ditemukan di tempat lain. Terletak diapit oleh dua tebing tinggi yang kokoh, Pantai Wohkudu menawarkan daya tarik yang luar biasa bagi para pengunjung, diantaranya:

Tebing yang Menjulang Tinggi

Tebing yang Menjulang Tinggi

Pantai Wohkudu memiliki ciri khas alam yang unik. Dikelilingi oleh tebing dan bukit tinggi hijau, pantai ini menciptakan pemandangan eksotis yang gagah. Sayangnya, tidak ada akses untuk menuju keatas bukit. Batuan karang yang tersebar di sepanjang pantai menambah pesona dengan membentuk cekungan dan gua alami, menciptakan suasana yang memikat di sekitar Goa Batu Karang. Bentuk yang menarik membuat Pantai Wohkudu menjadi tempat yang sangat fotogenik bagi para pengunjung.

Area Pantai yang Kecil

Area Pantai yang Kecil

Meskipun memiliki ukuran yang relatif kecil, Pantai Wohkudu menawarkan pengalaman pantai yang intim dengan area sekitar 20-25 meter saja. Keberadaan pepohonan hijau dan rerumputan di sepanjang pantai memberikan kesan alami dan menyegarkan. Pasir putih yang melengkapi pemandangan ekosistemnya membuat setiap pengunjung betah berlama-lama menikmati keindahan alam yang memukau.

Camping Area

Camping Area

Bagi para penggemar berkemah, Pantai Wohkudu menyediakan area landai yang luas untuk berkemah. Alas rerumputan memberikan kenyamanan ekstra dan melindungi pengunjung dari batu atau karang yang mungkin mengganggu. Pengunjung juga dapat menikmati suasana malam dengan menyalakan api unggun. Namun, perlu diingat bahwa tidak ada tempat penyewaan peralatan berkemah di sekitar Wohkudu Beach, sehingga penting untuk membawa perlengkapan sendiri.

Area Memancing

Area Memancing

Pantai Wohkudu menyuguhkan area batu karang yang menjadi favorit para penggemar untuk memancing, terutama untuk mencari lobster. Bahkan area ini dijuluki ‘Surganya lobster’. Bagi yang tertarik, disarankan membawa perlengkapan pancing sendiri karena tidak ada penyewaan alat pancing di lokasi ini.

Fasilitas Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu, meskipun tergolong sebagai pantai kecil, menyediakan fasilitas yang cukup memadai untuk kenyamanan pengunjung. Beberapa fasilitas dan layanan tambahan yang dapat dinikmati di Pantai Wohkudu meliputi

  • Area Parkir: Harga parkir sekitar Rp3.000 per motor dan Rp5.000 per mobil.
  • Toilet: Fasilitas toilet tersedia untuk kebutuhan pengunjung.
  • Mushalla: Adanya mushalla untuk kemudahan ibadah bagi pengunjung yang membutuhkannya.
  • Warung Makan: jajaran warung makan tersedia untuk memenuhi kebutuhan kuliner pengunjung dengan berbagai pilihan hidangan lokal.
  • Area Camping: Bagi para pecinta camping, Pantai Wohkudu menyediakan area landai yang cukup luas untuk berkemah. Alas rerumputan membuat pengalaman berkemah lebih nyaman, dan pengunjung dapat menikmati keindahan pantai secara lebih intim.
  • Penjualan Kayu Bakar: Terdapat tempat penjualan kayu bakar dengan harga sekitar Rp15.000 per ikatnya, memungkinkan pengunjung untuk menyalakan api unggun saat berkemah.

Meskipun fasilitasnya tergolong sederhana, keberadaan fasilitas dan layanan tambahan ini menambah kenyamanan pengunjung dan memastikan bahwa setiap pengalaman di Pantai Wohkudu tetap menyenangkan dan berkesan.

Tips Berkunjung ke Pantai Wohkudu

Agar perjalanan Anda ke Pantai Wohkudu di Gunung Kidul menjadi lebih menyenangkan dan lancar, berikut beberapa tips berharga yang dapat Anda pertimbangkan sebelum dan selama berkunjung:

  1. Siapkan Bekal: Meskipun terdapat warung makan, alangkah baiknya membawa bekal makanan dan minuman yang cukup, terutama jika Anda berencana untuk berkemah.
  2. Perlengkapan Pribadi: Bawa perlengkapan pribadi seperti sunscreen, topi, dan perlengkapan mandi. Hal ini penting untuk menjaga kenyamanan selama berada di pantai.
  3. Bawa Perlengkapan Berkemah: Jika Anda berniat berkemah, pastikan untuk membawa peralatan camping Anda sendiri, karena tidak ada tempat penyewaan perlengkapan di sekitar Pantai Wohkudu.
  4. Cek Kondisi Kendaraan: Sebelum berangkat, pastikan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan prima, terutama jika Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.
  5. Gunakan Alas Kaki yang Nyaman: Pantai ini memiliki area berbatu, jadi pastikan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman dan sesuai untuk melindungi kaki Anda.
  6. Perhatikan Cuaca: Sebelum berangkat, periksa perkiraan cuaca untuk memastikan kondisi pantai aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Informasi Transportasi dan Akses

Untuk mencapai keindahan Pantai Wohkudu, perencanaan transportasi dan akses yang tepat sangat penting. Berikut adalah informasi yang dapat membantu Anda dalam perjalanan menuju destinasi ini:

Rute dari Kota Yogyakarta

Pantai Wohkudu dapat diakses dari Kota Yogyakarta dengan menempuh jalur Wonosari dan Imogiri. Melalui Jalan Wonosari, arahkan perjalanan ke Kecamatan Panggang, kemudian menuju desa Girikarto hingga mencapai Kampung Ngaos. Alternatifnya, melalui Jalan Raya Imogiri, lalui Pasar Imogiri dan Jembatan Sungai Oyo menuju Pantai Gesing. Dengan rute melalui Jalan Imogiri Timur, waktu perjalanan dari Kota Yogyakarta ke Pantai Wohkudu dapat memakan waktu sekitar 1 jam 29 menit. Pastikan untuk memperhitungkan kondisi lalu lintas dan kondisi jalan.

Akses ke Pantai Wohkudu melibatkan jalanan yang cukup terjal dan tidak dapat dijangkau oleh kendaraan. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Setelah parkir, pengunjung masih harus melakukan pendakian atau trekking selama sekitar 15 menit dengan kondisi jalan bebatuan untuk sampai ke pantai. Sebaiknya menggunakan alas kaki yang nyaman.

Pantai Wohkudu di Gunung Kidul, Yogyakarta, menjadi destinasi wisata yang tak terlupakan dengan pesonanya yang unik. Keindahan alamnya yang eksotis, dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi dan suasana pantai yang masih sepi, menjadikan pengalaman di sini sangat berbeda dari destinasi lainnya. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, setiap orang memiliki kesempatan untuk menikmati kecantikan Pantai Wohkudu. Pantai Wohkudu juga menyediakan beragam aktivitas, mulai dari berkemah di area landai yang luas, memancing di sekitar batu karang, hingga menikmati panorama indah yang bisa diabadikan dalam foto Instagramable. Selamat menikmati petualangan di Pantai Wohkudu, surga tersembunyi di Gunung Kidul!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×