Harga Tiket Masuk Teluk Ijo Banyuwangi Terbaru Juli 2022

  • Bagikan

Pantai Teluk Ijo/Hijau, HTM : Rp10.000, Jam Buka : 07.00 WIB – 16.30 WIB, Lokasi : Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia, 68488, Maps : Klik Disini, Telepon : 0813 8888 0168.

Harga tiket masuk Teluk Ijo Banyuwangi membuat banyak orang penasaran mengingat destinasi wisata ini cukup populer dengan keindahannya. Banyuwangi adalah kota paling timur di pulau Jawa dan juga kota terdekat setelah Bali. Tak heran jika Banyuwangi memiliki banyak pantai tersembunyi dengan air biru dan hijau, salah satunya adalah Teluk Ijo ini.

Anda yang ingin sekali menjelajahi tempat terindah di Banyuwangi, cobalah datang ke Teluk Ijo ini. Apalagi Teluk Ijo tidak banyak dikunjungi sebagaimana pantai dan destinasi wisata lainnya yang ada di Banyuwangi. Kira-kira, kalau harus datang ke Teluk Ijo, berapa tarif masuk dan rute untuk menuju ke Teluk Ijo Banyuwangi itu sendiri?

Daya Tarik Teluk Ijo

Pantai Teluk Ijo

Seperti namanya hijau, teluk ini benar-benar hijau jika dilihat dari kejauhan. Teluk Ijo mungkin tidak sepopuler pantai lain di Banyuwangi seperti pantai Sukamade, pantai Laut Merah, dan pantai terkenal lainnya, karena tempatnya yang sangat tersembunyi di balik bukit.

Namun, teluk Ijo merupakan sebuah pantai yang indah dengan air berwarna hijau jernih, sangat berbeda dengan kebanyakan teluk atau laut lainnya.

Ya, jika kebanyakan pantai memiliki warna biru, maka lain halnya dengan Teluk Ijo ini. menurut penduduk lokal, warna hijau air di pantai ini merupakan pantulan ganggang di bawah air laut. Teluk Ijo terlihat seperti pulau-pulau indah yang terpencil. Sayangnya, untuk bisa sampai ke pantai, Anda juga perlu usaha untuk bisa mencapainya.

Selain hijaunya air yang membuat Anda terpesona, deburan ombak yang menghantam karang benar-benar menenangkan pikiran siapapun yang datang ke tempat ini. Belum  lagi pasir lembutnya yang membuat siapapun mungkin jadi ingin tertidur sambil mendengar kicau burung di dalam hutan hijau di sekitar pantai. Semua yang Anda rasakan ini bisa disebut dengan surga.

Alamat dan Rute ke Teluk Ijo Banyuwangi

Alamat dan Rute ke Teluk Ijo Banyuwangi

Banyak tempat indah di Indonesia seperti pantai dengan pemandangan yang luar biasa, namun tidak mudah untuk mencapainya. Begitu juga Teluk Hijau. Perjalanan menuju Pantai Teluk Hijau memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Banyuwangi.  Kondisi jalan juga tidak terlalu bagus.

Lokasi Pantai Teluk Hijau sendiri ada di dalam Taman Nasional Meru Betiri yang kalau dilihat dari administrasinya berlokasi di Tempurejo, Jember. Setelah melewati beberapa desa, Anda bisa masuk ke Taman Nasional Meru Betiri untuk membeli tiket dan mengisi buku tamu. Nah, Pantai Teluk Hijau dari taman nasional sendiri masih berjarak sekitar 3 km.

Setelah melewati pintu gerbang Taman Nasional Meru Betiri, sekitar 500 meter, Anda akan dihadapkan dengan papan tanda yang akan menunjukkan Anda ke Pantai Teluk Ijo. Ada juga tanda mengarah ke pantai Rajegwesi, pantai lain sebelum Pantai Teluk Ijo.

Cara Mencapai Pantai

Ada 2 cara untuk mencapai Pantai Teluk Ijo yakni :

  1.  Cara termudah adalah menggunakan perahu nelayan lokal bernama Jukung dari Pantai Rajegwesi, pantai sebelum Pantai Teluk Hijau. Area parkirnya cukup besar, cukup untuk ratusan motor, mobil, juga mungkin bus. Di rute ini pula ada banyak penjual makanan jadi tidak perlu khawatir jika akan kelaparan atau kehausan. Harga perahu sekitar Rp 35.000 untuk pulang pergi. Ketika mereka menawarkan lebih dari itu, silakan tawar-menawar.
  2. Cara tersulit yang bisa Anda pilih adalah berjalan kaki dan  menuju hutan sekitar 1 km. Cara yang kedua ini bisa Anda ambil jika memang cuaca sedang buruk dan tidak ada satu perahupun yang berani menyeberangi laut. Perjalanan ini mungkin cukup menyulitkan karena Anda akan melewati jalan berbatu yang menanjak.

Bagi yang tidak suka hiking, tidak perlu khawatir karena di sepanjang trek terdapat batu loncatan yang dapat membantu pengunjung untuk mencapai pantai. Tapi tetap saja agak licin jika Anda datangnya saat musim hujan. Selain itu, ada juga beberapa pagar yang sudah rusak. Nikmati saja treknya dan dengarkan suara kicauan burung hingga menemukan suara deburan ombak.

Jam Buka Teluk Ijo Banyuwangi

Sebenarnya Teluk Ijo ini buka selama 24 jam dan Anda bisa kok berkemah menunggu matahari terbit di pinggir pantai. Hanya saja karena lokasinya yang menjadi satu dengan Taman Nasional Meru Betiri, maka otomatis jam operasional dari pantai akan mengikuti.

Adapun jam operasional dari Taman Nasional Meru Betiri sendiri adalah 08.00 sampai 16.00. Kalau Anda ingin bermalam di pantai Teluk Ijo, pastikan jika Anda datang sebelum jam 4 sore supaya bisa masuk ke dalam pantai.

Jam buka
Senin hingga Minggu pukul 07.00 hingga 16.30

Harga Tiket Masuk Teluk Ijo Banyuwangi

Harga Tiket Masuk Teluk Ijo Banyuwangi Terbaru

Bagi yang ingin pergi ke Teluk Ijo Banyuwangi, sebenarnya pantai ini gratis bagi siapapun yang ingin bermain di dalamnya. Namun, karena pantai ini masuk ke bagian Taman Nasional Meru Betiri maka Anda diwajibkan untuk membayar tiket di gerbang masuknya. Berikut tarif detail untuk bisa menjelajah Teluk Ijo Banyuwangi :

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Hijau
Tiket masuk Rp 10 ribu
Camping Rp 35.000
Parkir motor Rp 2 ribu
Parki mobil Rp 5 ribu

Fasilitas Teluk Ijo Banyuwangi

Meski destinasi wisata Teluk Ijo ini tidak sepopuler dengan kawasan pantai lainnya yang ada di Banyuwangi, namun fasilitas terbilang sudah lengkap. Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan dengan akses parkir atau makan karena pengelola sudah menyiapkan beberapa fasilitas penunjang bagi siapapun yang datang ke pantai ini berupa :

  1. Tempat parkir luas
  2. Gazebo untuk istirahat
  3. Musholla
  4. Perahu
  5. Warung makan
  6. Camping ground
  7. Toilet

Tips untuk Berwisata di Teluk Hijau Banyuwangi

Bagi yang sangat penasaran dengan keindahan Teluk Ijo Banyuwangi dan ingin sekali mengunjungi tempat wisata estetik satu ini, perhatikan beberapa tips wisata ini, ya!

  1. Anda harus berhati-hati dengan kondisi jalan terutama saat datang di musim hujan.
  2. Pastikan datang saat cuaca sedang bagus atau tidak dalam musim hujan untuk menghindari tidak adanya perahu yang beroperasional.
  3. Selalu bawa baju ganti sekalipun tidak ada tujuan untuk camping
  4. Bawa topi dan sunscreen supaya tidak terpapar dengan sinar matahari langsung.
  5. Jangan lupa untuk membawa kantong plastik sendiri untuk membuang sampah dan buang ke tempat yang sudah disediakan.
  6. Usahakan datang saat musim kemarau ketika jalan tidak begitu licin
  7. Kalau Anda ingin camping, maka pastikan untuk membawa peralatan kemah selengkap  mungkin karena di tempat ini tidak menyediakan persewaan alat camping.
  8. Bawa kamera dengan baterai penuh dan jika diperlukan bawa batu cadangan juga agar Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan airnya yang berwarna hijau ini.

Ingat, jika ingin berwisata ke pantai tersembunyi ini, jangan hanya siapkan harga tiket masuk Teluk Ijo Banyuwangi saja, namun juga siapkan dengan tarif-tarif lainnya yang diperlukan seperti sewa perahu, parkir dan beberapa kebutuhan lainnya, ya!

Tanggapan:

0/5. dari 0 Pembaca

Belum ada tanggapan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: