Harga Tiket Masuk Museum Geologi Bandung Desember 2022

Harga Tiket Masuk Museum Geologi Bandung, HTM : Rp 2.000 – Rp 3.000, Jam Buka : 10.00 WIB – 13.00 WIB, Lokasi : Jl. Diponegoro No.57, Citarum,, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40122, Telepon :  022-7213822.

Harga Tiket Masuk Museum Geologi Bandung – Museum merupakan tempat untuk menyimpan barang-barang sejarah yang sudah ada sejak jaman dahulu. Salah satu museum yang terkenal saat ini berada di Bandung adalah Museum Geologi Bandung. Museum ini sampai sekarang dilindungi oleh negara karena merupakan warisan Nasional. Dan juga merupakan salah satu objek wisata bersejarah yang ada di Bandung saat ini.

Harga Tiket Masuk Museum Gelologi Bandung

Nah bagi kalian yang sedang mencari tempat berlibur terutama di kota Bandung. Maka museum ini bisa menjadi pilihan menarik karena selain berwisata. Juga sebagai tempat edukasi yang bagus untuk menambah wawasan sejarah. Museum yang berada di alamat Jl. Diponegoro No. 57, Cihaurgeulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat ini dibangun sudah sejak lama sekali sebelum indonesia merdeka.

Sebelum kesana ada baiknya jika Anda perlu tahu mengenai harga tiket masuk museum geologi bandung agar sebelum kesana dapat mempersiapkan budget yang diperlukan terlebih dahulu untuk masuk ke dalam museum.

Dengan mengunjungi Museum ini, tentunya pengunjung akan semakin tahu dan memgerti tentang lapisan-lapisan bumi dan apa saja yang ada di dalamnya. Wisatawan akan mendapat ilmu tentang geologi. salah satunya yaitu mengetahui fosil Tyrannosaurus Rex Osborn, tengkorak manusia purba yang ditemukan di Indonesia, dan artefak dari zaman purba.Tidak hanya itu saja, Pengunjung juga akan disadarkan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan alam yang ada di sekitarnya.

Harga Tiket Museum Geologi Bandung

Harga tiket masuk museum geologi bandung ini cukup terjangkau dan murah. Untuk tiketnya bisa didapatkan dengan harga Rp2.000 untuk pelajar, Rp3.000 untuk wisatawan lokal dan Rp10.000 untuk wisatawan asing. Harga Tiket Masuk tersebut bisa berubah-ubah seiring dengan jalannya waktu tanpa pemberitahuan terlebuh dahulu.

Harga Tiket Masuk Museum Geologi Bandung
DewasaRp3.000
Mahasiswa/PelajarRp2.000
AnakRp2.000
International TouristRp10.000

Disclaimer : Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola Museum Geologi Bandung.

Jam Operasional Museum Geologi Bandung

Untuk dapat berkunjung ke museum Geologi Bandung ini, pengunjung bisa langsung datang ke Museum Geologi di waktu pagi sampai sore hari, Jam operasional Museum Geologi mulai dibuka pada pukul 10.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB.

Namun, museum ini pada hari senin,jumat dan pada hari libur tidak beroperasi. Sehingga wisatawan yang ingin berkunjung ke sini harap untuk mengingat jadwal operasional museum, agar tidak balik kucing.

Jam Buka
Selasa – Kamis & Sabtu-Minggu10.00 – 13.00 WIB
Senin – Jumat & Libur NasionalTUTUP

Aktivitas & Wahana Di Museum Geologi Bandung

Aktivitas & Wahana Di Museum Geologi Bandung

Pembangunan tersebut tepatnya tanggal 16 Mei 1928 dan setelah itu museum ini pernah dipugar dan direnovasi. Dari dana yang berasal dari bantuan JICA Jepang sebesar 75,5 Juta Yen pada saat ini. Hingga pada tanggal 23 Agustus 2000 secara resmi dibuka oleh umum oleh Megawati Soekarno Putri.

Di dalam museum geologi Bandung memiliki 3 ruangan utama untuk menyimpan barang sejarah berupa ruangan sejarah kehidupan, ruangan geologi Indonesia dan ruangan geologi dan juga kehidupan manusia.

Wisatawan yang berkunjung ke museum geologi Bandung bisa mendapatkan banyak pengetahuan mengenai deskripsi tentang sejarah pertumbuhan, peta geografi Indonesia, jumlah fosil, dan juga perkembangan mahluk hidup, dan masih banyak lagi lainnya mengenai informasi yang bisa didapatkan termasuk informasi manfaat dan juga kegunaan mineral bagi manusia.

Karena banyaknya informasi pengetahuan yang bisa didapat maka tempat ini sering kali dijadikan sebagai tempat study tour terutama oleh anak-anak sekolah baik itu dari sekitar Bandung maupun dari kota lain.

Nah setelah sedikit mengetahui gambaran tentang museum geologi bandung lalu apakah Anda  tertarik untuk datang kesana? jika tertarik maka bisa langsung datang kesana untuk berwisata sekaligus tempat edukasi yang sangat bagus terutama bagi anak-anak untuk menambah ilmu pengetahuan.

Wisata Edukasi

Seperti museum pada umumnya, selain menjadi tempat untuk berlibur juga menjadi tempat yang penuh dengan edukasi mengenai sejarah. Harga tiket masuk museum geologi bandung pun sangat murah sehingga orang dewasa hingga anak-anak pun bisa masuk. Dalam museum ini, wisatawan akan melihat berbagai koleksi museum serta informasi mengenai benda yang di pajang.

Tidak hanya itu saja, wisatawan yang berkunjung kesini akan mendapatkan berbagai ilmu tentang nilai sejarah kehidupan manusia dan juga alam sekitar. Tentunya dengan adanya ilmu ini bisa sangat berguna untuk wisatawan, khusunya bagi pelajar sekolah yang sedang belajar sejarah.

Segudang ilmu bisa di dapatkan di museum ini, terutama ilmu tentang geologi seperti hipotesis adanya bumi. Tidak hanya itu saja, terdapat pula sistem tata surya , tatanan tektonik regional, fosil manusia purba, pemetaan sumber daya mineral, dan lain sebagainya.

Terdapat di ruang lain juga, wisatawan akan mendapatkan berbagai informasi mengenai jenis bahaya geologi seperti letusan gunung berapi hingga tanah longsor. Informasi mengenai penggunaan mineral dalam aktivitas sehari-hari pun bisa di dapatkan disini.

Night At The Museum

Night At The Museum Museum Geologi Bandung

Perna nonton film “Night At The Museum” mungkin wisatawan akan merasakan sensasi yang sama seperti di film. Pertama kali adanya Night At The Museum ini di gelar pada tahun 2015 lalu. Di gelar nya acara ini sebagai peringatan hari pertambangan dan energi. Hingga saat ini acara ini selelu rutin di gelar setiap bulan, jadwalnya pun akan di umukan di medsos twitter @geomuzee.

Pertama kali masuk kedalam museum, wisatawan akan di sambut dengan rangka dinosaurus. Tentunya sensasi ini akan membuat adrenalin meningkat, misal wisatawan pernah melihat film “Night At The Museum”,sensasinya pun sama. Aktivitas ini mungkin akan menjadi kegiatan yang paling menyenangkan saat berkunjung ke Museum saat malam hari.

3D Museum

Untuk 3D Museum ini terletak dalam ruangan yang berada di ujung barat gedung museum. Dalam ruangan ini terisi penuh dengan gambar 3D yang bertemakan prasejarah. Dalam ruangan ini, wisatawan bisa berfoto yang kemudian hasilnua nanti di cetak dan dijadikan souvenir.

Pertama kali masuk ruangan ini, wisatawan akan merasakan sensasi layaknya hidup di zaman prasejarah. Ini sangat unik dan akan menjadi pengalaman yang seru bagi wisatawan. Tidak hanya itu saja, wisatawan akan di edukasi agar tetap tahu eksistensi yang ada pada zaman dulu.

Wisata Kuliner

Istirahat sejenak setelah berkeliling-keliling museum, wisatawan bisa mencicipi berbagai kuliner di area food bazaar dengan jajanan yang beraneka ragam. Jajanan-jajanan disini tergolong makanan ringan sehingga sangat enak di nikmati setelah menjelajah Night At The Museum.

Bagi wisatawan yang lapar setelah menjelajah di museum ingin mencoba beragam cemilan, langsung aja mampir di beberapa tenda yang berjajar disana. Enaknya di sini makanan yang sudah di beli bisa langsung dimakan di tempat atau juga bisa dibawah pulang.

Penggalian Fosil

Selain edukasi, Museum Geologi Bandung ini mempunyai beragam keseruan yang bisa di coba oleh wisatawan. Salah satu keseruan tersebut yaitu adanya wahana menggali fosil bagi anak-anak bertujuan bermain sambil belajar. Arena penggalian ini pun sangat aman karena berupa kolam pasir yang isinya ada aneka replika fosil.

Disini banyak sekali edukasi yang akan di dapatkan anak-anak. Edukasi tersebut seperti cara merekontruksi tulang-tulang agar bisa menyerupai binatang. Sehingga ini bisa menyenangkan anak-anak, selain itu juga bisa menambah wawasan anak.

Taman Batu

Taman Batu Museum Geologi Bandung

Selain menampilkan berbagai benda bersejarah, Museum ini juga mengedukasi ilmu tentang kebumian. Salah satunya yaitu di Taman Batu ini yang dimana wisatawan bisa belajar dengan braktis tentang ilbu kebumian di museum ini.Taman batu ini mengilustrasi sederhana mengajarkan bagaimana batu bisa terbentuk.

Terdapat banyak hingga puluhan batu, yang dimana batu tersebut di kelompokkan berdasarkan jenisnya. Kemudian jenis-jenis batu tersebut di beri informasi nama dan dimana lokasi ditemukan. beberapa jenis batu yang ada di sini seperti batu marmer dari Sukabumi, sabak dari Banten, gamping dari Klaten, dan lain sebagainya.

Hanya dari bongkahan batu tersebut, wisatawan sudah bisa mempelajari proses terbentuknya batu dengan melihat contohnya. Beberapa batu yang di tunjukan proses terbentunya seperti batuan sedimen dan metamorf yang terbentuk dari batuan beku yang melewati proses pelapukan, deposisi, dan latifikasi.

Berbagai jenis batu yang ada di museum ini di kumpukan dari berbagai daerah di Indonesia dan di pamerkan di Taman Batu. Namun kini batu-batu itu hampir habis karena banyak yang menjualnya ke luar negeri.

Menyaksikan Fosil Dinosaurus

Para wisatawan dapat menyaksikan fosil hewan-hewan zaman purbakala seperti mammoth (gajah purba) dan T-rex. Fosil hewan-hewan ini dapat dijumpai di ruang peragaan pada lantai 1. Pada setiap lantainya, museum ini memiliki konsep yang berbeda.

Lantai 1 memiliki konsep Geologi Indonesia. Sedangkan, lantai 2 bertemakan Kehidupan Manusia. Sehingga Museum Geologi Bandung ini selain menjyajikan pengalaman yang edukatif juga menawarkan hal menyenangkan yang bisa dinikmati wisatawan yang berkunjung.

Berfoto

Berkunjung ke tempat wisata rasanya tidak lengkap jika tanpa berfoto. Dengan berfoto, kita bisa mengabadikan momen indah yang langka dan mungkin hanya terjadi sekali. Di Museum Geologi Bandung, banyak spot foto keren yang bisa dijadikan sebagai latar untuk berfoto ria.

Sebut saja Taman Batu dan 3D Museum. Kedua tempat ini sangat cocok jika anda ingin mengabadikan momen. Namun dalam berfoto ini wisatawan harus tetap tenang agar tida mengganggu wisatawan lainnya yang sedang berkunjung.

Fasilitas Museum Geologi Bandung

Museum ini memiliki beragam fasilitas, yaitu auditorium,ruang edukasi , masjid, poliklinik, dan toilet pengunjung. Auditorium biasanya digunakan untuk seminar, pemutaran film, dst. Ruang edukasi berkapasitas 40 orang dan bisa dijadikan untuk ruang berdiskusi.Jika anda ingin membeli oleh-oleh untuk sanak kerabat dirumah, anda bisa mampir ke toko souvenir Museum Geologi Bandung.

Disini banyak menawarkan souvenir seperti buku, kaos, gantungan kunci, dan masih banyak lagi. Tidahnay itu saja, Museum Geologi bandung ini juga terdapat fasilitas umum seperti lainnya. beberapa fasilitas tersebut seperti masjid, poliklinik, dan toilet yang disediakan bagi pengunjung.

Rute Angkutan Umum Menuju Museum Geologi Bandung

Untuk bisa menuju lokasi Museum Geologi Bandung, Wisatawan bisa lewat dua jalur alternatif yaitu dari pintu selatan dan juga pintu utara. Agar bisa msuk melewati dua jalur ini, wisatawan hanya perlu menggunakan angkutan umum berwarna hijau-hitam dengan kode angka 05 jurisan Cicaheum-Ledeng. Kedua jalur ini sama-sama dilewati oleh angkutan 05 rute Cicaheum-Ledeng.

Alamat Dan Kontak Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung ini berada di Bandung Jawa Barat. Lebih tepatnya beralamat di Jalan Diponegoro No. 57, Bandung, Jawa Barat 40122. Wisatawan yang ingin info lebih lanjut mengenai Museum ini bisa langsung menghubingi nomor 022-7213822. Atau juga bisa lewat email museum-geologi@grdc.esdm.go.id. Wisatawan juga bisa melihat akun media sosial nya di Twitter milik Museum Geologi Bandung di @geomuzee untuk informasi berbagai acara menarik.

Demikian Informasi yang berkaiatan dengan harga tiket masuk museum geologi bandung terbaru kali ini. Semoga dengan adanya info harga tiket wisata terbaru diatas bisa berguna dan bermanfaat untuk anda yang akan berlibur ke bandung dan ingin mengunjungi museum geologi bersama teman atau keluarga tercinta. jangan lupa untuk selalu berkunjung ke hargacampur.com untuk bisa mendapatkan info harga tiket dan promo terbaru dan terupdate lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: