Biaya Tes Kesuburan Wanita Di Klinik & Rumah Sakit Terbaru 2022

Biaya Tes Kesuburan Wanita Di Klinik & Rumah Sakit – Setelah menikah, banyak sekali pasangan yang ingin segera mempunyai momongan. Biasanya kebanyakaan ingin segera mempunyai anak di karenakan dorongan diri sendiri atau dari orang terdekat. Namun bagaimana jika setelah menikah, dan tidak segera di beri momongan. Maka kuncinya adalah sabar, dan juga segera memeriksakan kesuburan baik dari pihak suami maupun istri.

Update Biaya Tes Kesuburan Wanita Di Klinik & Rumah

Untuk pasangan suami istri yang ingin segera mempunyai anak, tingkat kesuburanlah yang menjadi ukuran. Biasanya semakin banyak anak yang di hasilkan setelah menikah maka tingkat ksuburan pasangan tersebut sangat tinggi. Biasanya tingkat kesuburan pada wanita mulai dari haid pertama hingga umur 45 tahunan. Sedangkan untuk pria sudah subur daru pubertas dan terus berlanjut hingga usia tua.

terdapat banyak faktor pada tingkat kesburan pada manusia, beberapa faktor tersebut seperti faktor gizi, perilaku seksual, hukum budaya, naluri, endokrinologi, waktu, ekonomi, gaya hidup, dan emosi.Untuk mengetahui tingkat kesuburan juga bisa melalui tes yang biasanya di lakukan di klinik atau rumah sakit. Biasanya yang tes pertama kali tingkat kesuburanya yaitu dari istrinya dulu. Biaya tes kesuburan wanita ini bervariatif mulai dari ratusan ribu hingga jutaan.

Tingkat kesburan ini biasanya akan mulai di pertanyakan jika sudah lama menikah tapi belum atau sulit hamil. Sehingga karena sulit mendapatkan hamil dengan cara alami amak inilah yang disebut ketidaksuburan. Beberapa penelitian menyebutkan 11% pasangan mengalami sulit hamil setelah satu tahun melakukan hubungan tanpa alat kontrasepsi.

Pemeriksaan Kesuburan pada Wanita

Pada saat pasangan melakukan tes kesuburan terutama bagi wanita adalah untuk mengetahui ada tidaknya ovulasi pada setiap bulan nya. terdapat beberaca cara untuk melakukan tes ini, yaitu biasanya pasien akan disuruh mencatat adanya ovoluasi di rumah dengan mengukur suhu tubuh setelah bangun tidur setiap pagi selama beberapa bulan.

Pasian juga akan disuruh mencatat kondisi siklus menstruasi yang terjadi dan gambaran lendir rahim (serviks) dalam beberapa bulan. Setelah itu semua informasi tersebut akan di analisis oleh dokter sehingga mencapai hasil bisa di ketahui wanita tersebut subur atau tidaknya.

Setelah itu pasian akan di tes darah dan juga USG untuk mengetahui ada atau tidaknya terjadi ovulasi di rahim seorang wanita. Jika setelah tes dan hasil menunjukkan ovulasi normal, maka di perlukan tes lanjutan.

Tes Kesuburan Lanjutan pada Wanita

Tes Kesuburan Lanjutan pada Wanita

Adapun beberapa tes kesuburan lanjutan pada wanita sebagai berikut.

  • Histerosalpingografi (HSG): pemeriksaan ini menggunakan rontgen untuk melihat fungsi saluran tuba. Tes dimulai dengan memasukkan cairan khusus ke dalam rahim melalui vagina. Cairan ini harus tampak pada foto rontgen. Dokter akan melihat apakah cairan ini bergerak normal dari dalam rahim menuju tuba fallopii. Jika terdapat sumbatan, maka pergerakan cairan akan terhenti pada sumbatan tersebut. Sumbatan inilah yang akan menghalangi pergerakan sel telur di dalam tuba fallopii menuju rahim. Sumbatan juga akan menghalangi sperma yang akan membuahi sel telur.
  • Laparoskopi: pemeriksaan menggunakan alat yang disebut laparoskop guna melihat keadaan bagian dalam rongga perut. Dokter akan membuat irisan kecil di kulit perut, lalu memasukkan alat laparoskop. Dengan menggunakan laparoskop, dokter dapat melihat kondisi ovarium, tuba fallopii, dan rahim. Apakah terjadi masalah fisik yang disebabkan oleh suatu penyakit atau tidak. Dokter juga dapat menemukan terjadinya endometriosis dengan alat ini.

Biaya Tes Kesuburan Wanita Terbaru

Biaya Tes Kesuburan Wanita Terbaru

Untuk biaya tes kesuburan wanita ini bervariatif, maka dari itu sebelum melakukan tes kesuburan di klinik terdekat, ada baiknya mnecari info biayanya dulu agar tidak kaget. Berikut kisaran harga biaya tes kesuburan wanita yang bisa dilihat dibawah ini.

Jenis PemeriksaanNama Rumah SakitBiaya Mulai dari (Rp)
HisteroskopiMayapada Hospital Jakarta Selatan15.720.000
Mitra Keluarga Kemayoran5.425.000
Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, Tangerang3.000.000
RSIA Bunda Jakarta2.024.000
RS HerminaArcamanik, Bandung2.217.000
Histerosalpingografi (HSG)Klinik Teratai Gading Pluit1.700.000
Siloam Hospitals Bogor2.000.000
RS Tebet752.000
RS Citra Medika Depok650.000
RS EMC Sentul1.850.000
USG TransvaginalEka Hospital Bekasi500.000
RS Brawijaya Saharjo218.000
RS Tebet405.000
RS Premier Jatinegara750.000
Siloam Hospitals Bogor312.000
LaparoskopiColumbia Asia Hospital8.224.685
Rumah Sakit Umum YARSI18.500.000
SamMarie Wijaya25.000.000
Siloam Hospitals Asri Mampang31.620.000
Pemeriksaan KesuburanSiloam Hospitals Bogor3.000.000
Klinik Teratai Gading Pluit1.500.000
Pusat Fertilitas Bocah Indonesia8.044.000
Mitra Keluarga Bekasi Barat2.104.000

Informasi terkait biaya tes kesuburan wanita di atas di dapat dan di rangkum dari beberapa sumber terpercaya. beberapa sumber yang di jadikan referensi untuk menulis artikel ini yaitu seperti alodokter, halodoc dan beberapa jurnal. Untuk biaya tes kesuburan wanita diatas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, biasanya biaya tes kesuburan dan biaya pemeriksaan kesuburan pada setiap klinik atau lokasi juga bisa berbeda. Untuk informasi lebih akuratnya seputar biaya tes kesuburan dan biaya pemeriksaan kesburan ini bisa datang langsung atau menghubungi klinik, rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang bersangkutan.

Demikian informasi yang berkaitan dengan biaya tes kesuburan wanita di berbagai klinik dan rumah sakit kali ini. Semoga dengan addanya info biaya tes kesburan wanita ini bisa dijadikan referensi bagi anda yang ingin segera mempunyai momongan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: