Harga Biaya Steril Kucing Jantan & Betina Desember 2022

Info Harga Biaya Steril Kucing Jantan & Betina Terbaru – Steril kucing adalah tindakan medis yang dilakukan dengan prosedur pembedahan untuk mencegah kucing betina dan jantan bereproduksi. Hal ini umum dilakukan bagi para pecinta hewan, khususnya kucing. Sayangnya, tidak semua pemilik kucing mampu melakukan steril pada hewan kesayangannya tersebut dikarenakan satu dan lain hal. Padahal, steril kucing bukanlah tindakan menyakiti. Justru dengan disteril, kucing peliharaan anda akan menjadi lebih sehat.

Terkadang, ada beberapa pemilik kucing yang melakukan kontrol populasi dengan memberikan obat KB manusia kepada kucing betina. Hal ini justru berbahaya bagi kucing. Obat KB manusia mengandung hormon yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel telur pada sistem reproduksi. Jika obat KB manusia diberikan dalam jangka panjang pada kucing, maka dapat menyebabkan perubahan pada sistem reproduksinya. Salah satunya adalah pyometra. Pyometra adalah peradangan pada rahim kucing disertai dengan terbentuknya nanah. Jika anda tidak ingin kucing anda berkembang biak, lakukanlah steril.

Info Kisaran Biaya Steril Kucing Jantan & Betina Terbaru

Pada kucing betina, steril dapat dilakukan jika usia kucing paling tidak menginjak 6 bulan atau sebelum siklus seksual pertama. Steril pada kucing betina dilakukan dengan proses pengangkatan rahim dan ovarium. Proses pengangkatan ovarium atau indung telur disebut juga sebagai Ovariohisterektomi (OH).

Sementara itu, pada kucing jantan, steril dilakukan dengan mengangkat kedua testis melalui sayatan kecil ke dalam skrotum. Pengangkatan organ testis pada kucing jantan disebut dengan proses kastrasi. Sayatan kulit yang dilakukan saaat pengebirian/steril kucing jantan bisa dibilang sangat kecil sehingga tidak diperlukan jahitan.

Prosedur steril pada kucing jantan lebih sederhana sehingga memungkinkan pemulihan yang lebih cepat daripada kucing betina. Kucing betina cenderung memiliki sayatan yang lebih besar saat steril untuk mengangkat ovarium dan/atau rahim. Dikarenakan sayatan yang lebih besar pada rongga perut, observasi memerlukan waktu yang lebih lama. Biasanya kucing akan dipakaikan kerah kerucut pasca operasi untuk menghindari tindakan menggaruk, menjilat ataupun menggigit area pasca operasi.

Manfaat Steril Kucing Jantan & Betina

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tindakan steril pada kucing bukanlah tindak kejahatan. Justru, tindakan ini mengandung banyak manfaat bagi kucing dan juga lingkungan sekitarnya. Beberapa manfaat steril kucing adalah :

  1. Mencegah birahi dan kehamilan yang tidak diinginkan
  2. Meminimalisir terjadinya penyakit zoonosis. Zoonosis merupakan penyakit yang ditularkan hewan ke manusia ataupun sebaliknya. Penyakit ini disebabkan oleh mikroorganisme parasit seperti bakteri, virus, atau jamur, serta parasit seperti protozoa dan cacing.
  3. Mencegah inbreeding. Inbreeding adalah perkawinan antara dua individu yang memiliki hubungan darah sangat dekat. Jika hal ini terjadi maka dapat memunculkan gen jelek dari induknya.
  4. Mengontrol populasi kucing
  5. Mengobati tumor pada kucing
  6. Membuat kucing menjadi lebih jinak
  7. Menurunkan resiko penyakit pada kucing betina, seperti kanker serviks, kanker ovarium serta infeksi rahim

Syarat Steril Kucing Jantan & Betina

Syarat umum agar kucing dapat melakukan steril adalah:

  • Kucing berbobot minimal 1,5 kg
  • Kucing telah berusia di atas lima bulan
  • Kucing dalam kondisi sehat dan tidak memiliki penyakit bawaan.
  • Untuk kucing betina, sedang tidak sedang hamil
  • Jika kucing betina masih menyusui, maka minimal usia anak kucing telah mencapai 1,5 bulan dan sudah bisa makan lebih baik.
  • Kucing betina telah berpuasa selama 9 jam sebelum operasi, sedangkan kucing jantan berpuasa selama 1 jam sebelum operasi.
  • Menyediakan kandang dan memantau kondisi kucing selama paling tidak 14 hari pasca operasi.

Info Harga Biaya Steril Kucing Jantan & Betina Terbaru

Info Kisaran Biaya Steril Kucing Jantan & Betina Terbaru

Berikut merupakan Info Kisaran Biaya Steril Kucing Jantan & Betina Terbaru yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Jenis KucingBiaya Sterilisasi
Kucing Jantan DomestikRp235.000 per ekor
Kucing Jantan RasRp335.000 per ekor
Kucing Betina DomestikRp300.000 per ekor
Kucing Betina RasRp400.000 per ekor

Selain biaya diatas, anda juga perlu memperhitungkan biaya pasca sterilisasi. Pada umumnya, terdapat biaya tambahan untuk perawatan kucing pasca steril seperti yang telah kami rangkum dibawah ini.

Jenis LayananBiaya
Tambahan Pain KillerRp50.000
Tambahan Band AidRp50.000
Obat BiusRp50.000
Rawat Inap Pasca SterilisasiRp30.000 – Rp 50.000
Pemasangan Collar KucingRp10.000

Perlu diingat bahwa biaya diatas adalah kisaran saja sehingga dapat berbeda-beda bergantung pada wilayah atau klinik hewan masing-masing. Jika anda ingin memastikan biaya steril kucing jantan & betina, anda dapat menghubungi dokter hewan atau klinik hewan terdekat di wilayah anda. Anda juga dapat mengikuti program steril kucing gratis yang cukup sering diadakan oleh para cat lovers maupun pemerintah.

Program steril gratis biasanya sering diadakan oleh pusat kesehatan hewan (puskeswan) dan dinas peternakan. Ada beberapa klinik hewan yang juga memberikan subsidi biaya steril kucing hingga Rp200 ribu pada saat hari-hari tertentu. Namun, persyaratan sterilisasi subsidi dan gratis biasanya lebih ketat dan rumit dibanding sterilisasi berbayar. Beberapa persyaratan steril kucing melalui program subsidi/gratis diantaranya:

  1. Surat pernyataan sehat dari puskeswan
  2. Kucing tidak sedang hamil atau menyusui
  3. Berat badan kucing lebih dari 2 kg
  4. Kucing wajib tes darah dan memiliki surat layak operasi
  5. Kucing sudah mendapatkan vore vaccine dan obat cacing lengkap.

Demikian informasi mengenai Info Kisaran Biaya Steril Kucing Jantan & Betina Terbaru kali ini. Semoga dengan adanya informasi Info Kisaran Biaya Steril Kucing Jantan & Betina Terbaru diatas dapat berguna dan bisa anda jadikan referensi mengenai Info Kisaran Biaya Steril Kucing Jantan & Betina. Jangan takut untuk melakukan steril pada kucing karena dengan melakukan steril pada kucing kesayangan, anda telah membantu mereka untuk menjadi lebih sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: