Spesifikasi dan Harga Honda Scoopy Terbaru Desember 2021

Posted on

Peluncuran pertama kali sepeda motor Honda Scoopy seperti angin segar di dunia skuter matik. Yang mana sepeda motor ini membawa desain khas dengan gaya retro yang pada saat itu masih belum ada di pasar Indonesia.

Harga Honda Scoopy Terbaru

Harga yang ditawarkan untuk Honda Scoopy masih kompetitif untuk motor dengan desain bergaya retro, sehingga motor ini diburu oleh banyak konsumen. Mulai dari peluncurannya hingga saat ini Honda Scoopy selalu meng-update fiturnya. Sehingga Anda bisa menemukan beberapa fitur canggih dan baru dari setiap generasi.

Penjelasan Honda Scoopy

Penjelasan Honda Scoopy

Honda Scoopy merupakan salah satu brand sepeda skuter matik yang diproduksi di Indonesia oleh PT. Astra Honda Motor. Sepeda motor satu ini diluncurkan pada tanggal 20 Mei 2010 yang bertujuan sebagai antisipasi semakin populernya sepeda motor skuter matik di pasar Indonesia. Namun sebelum dikenal di Indonesia, generasi pertama dari sepeda motor ini sudah dikenal di Thailand.

Selanjutnya PT. Astra Honda Motor meluncurkan generasi kedua pada tanggal 6 Februari 2013. Selain tampilannya yang baru, generasi kedua ini juga memiliki injeksi Honda PGM-FI. Selain itu, sepeda ini juga memiliki fitur baru Enchanted Smart Power dan Idling Stop System. Beberapa tahun kemudian PT. Astra Honda Motor kembali meluncurkan generasi selanjutnya.

Generasi ketiga ini diluncurkan pada tanggal 29 Maret 2017. Yang mana, sepeda motor ini juga dilengkapi dengan fitur Enchanted Smart Power dan Idling Stop System. Selain itu, lampu depan untuk penerangan utama menggunakan LED. Update striping dan grafis baru untuk sepeda motor generasi ketiga ini dilakukan pada tanggal 20 Februari 2019. Yang mana, update  terbaru ini sangat berguna untuk zaman modern.

Satu tahun kemudian tepatnya pada tanggal 10 November 2020, PT. Astra Honda Motor meluncurkan Honda Scoopy generasi keempat. Yang mana pada generasi ini juga dilengkapi dengan fitur Enchanted Smart Power dan Idling Stop System. Lampu penerangan utama pun menggunakan LED. Namun, pada generasi ini, Honda Scoopy memiliki 4 varian sepeda motor yaitu varian stylish, prestige, sporty dan fashion.

Baca Juga :Harga Yamaha Nmax Terbaru

Spesifikasi Honda Scoopy

Spesifikasi Honda Scoopy Terbaru

Setelah mengetahui informasi mengenai Honda Scoopy dari tahun ke tahun, ada baiknya Anda juga mengetahui spesifikasi yang diberikan Scoopy terbaru. Yang mana spesifikasi ini akan membantu Anda untuk lanjut membeli sepeda ini atau tidak. Berikut adalah spesifikasi lengkap Honda Scoopy!

  • Mesin

Berbicara mengenai mesin yang dimiliki oleh Honda Scoopy, yang mana motor ini memiliki tipe mesin 4 langkah yang dilengkapi dengan SOCH, eSP dan Pendingin Udara. Tidak hanya itu saja, volume langkah yang dimiliki motor ini sebesar 109,5 cc. Sedangkan sistem suplai bahan bakar menggunakan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Sepeda motor ini juga memiliki diameter x langkah sebesar 47 x 63,1 mm.

Selain itu, tranmisi yang dimiliki oleh sepeda motor ini otomatis dengan tipe V – Matic dan rasio kompresi 10:1. Sedangkan daya maksimum sebesar 6,6 kW (9 PS) / 7.500 rpm dan torsi maksimumnya sebesar 9,3 Nm (0,95 kgf.m) / 5.500 rpm. Untuk tipe kopling, motor ini memiliki 3 tipe yaitu otomatis, sentrifugal dan tipe kering. Sedangkan tipe starternya ada dua yaitu elektrik dan kick starter.

  • Rangka dan Kaki

Berbicara mengenai tipe rangka yang dimiliki oleh Honda Scoopy ialah tipe Underbone – eSAF (enhance Smart Architecture Frame). Sedangkan untuk tipe suspensi depan ialah Teleskop dan tipe suspensi belakang ialah Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal. Berbicara mengenai ukuran ban dari Scoopy, motor ini memiliki ukuran ban 100/90 – 12 59J (Tubless) untuk ban depan dan 110/90 – 12 64J (Tubless) untuk ban belakang.

Rem depan sepeda ini memiliki dua varian yaitu Cakram Hidrolik dan Piston Tunggal. Sedangkan rem belakangnya hanya memiliki satu tipe yaitu Tromol. Untuk sistem pengereman dari Scoopy menggunakan Combi Brake System.

  • Kapasitas dan Kelistrikan

Scoopy memiliki kapasitas tangki sebesar 4,2 Liter untuk bahan bakar dan 0,65 Liter untuk minyak pelumas. Tipe baterai atau aki yang digunakan ialah MF 12V-5Ah dengan sistem pengapian Full Transisterized. Tipe busi yang digunakannya pun NGK MR9C-9N.

  • Dimensi dan Bobot

Terakhir ialah mengenai dimensi serta bobot yang dimiliki Honda Scoopy, yang mana motor ini memiliki panjang 1.864 mm, lebar 683 mm dan tinggi 1.075 mm. Sedangkan tinggi tempat duduknya hanya 746 mm saja dengan jarak antar sumbu roda 1.251 mm. Jarak sepeda motor ini dengan tanah sebesar 145 mm dan memiliki berat keseluruhan 95 kg dan 94 kg untuk tipe SmartKey.

Kelebihan Honda Scoopy

Kelebihan dan kekurangan Honda Scoopy

Sebelum membeli sepeda motor Honda Scoopy ada baiknya, Anda mengetahui beberapa kelebihan yang diberikan oleh motor satu ini untuk para penggunanya. Berikut adalah kelebihan Honda Scoopy!

  • Memiliki desain stylish, unik dan trendy yang mana diadopsi dari motor retro yang elegan.
  • Fitur yang diberikan sepeda motor ini sangat lengkap seperti fitur Enchanted Smart Power (ESP) dan Idling Stop System (ISS).
  • Desain tempat duduk sangat ergonomis, sehingga sepeda motor ini mudah untuk dikendarai.
  • Memiliki suara mesin yang halus ketika Anda mulai menghidupkannya, hal ini dikarenakan Honda Scoopy dilengkapi dengan teknologi ACG Starter.
  • Bahan bakar yang dikonsumsi sangat irit.

Kekurangan Honda Scoopy

Selain kelebihan yang menggiurkan, Honda Scoopy juga memiliki beberapa kekurangan. Yang mana, kekurangan ini tidak terlalu banyak berpengaruh untuk konsumen. Berikut kekurangan Honda Scoopy!

  • Menggunakan rem belakang tromol.
  • Mrmiliki kapasitas tangki kecil, yang mana hanya bisa memuat maximal 4 liter bahan bakar, hal ini sangat tidak sebanding dengan bentuk tubuh yang besar.
  • Memiliki performa yang biasa saja, yang mana kapasitas mesin hanya 100cc. Hal ini secara otomatis membuat torsi dan tenaga yang tidak terlalu besar.

Daftar Harga Honda Scoopy

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai sepeda motor Honda Scoopy, Anda juga perlu mengetahui harga yang dibandrol untuk masing-masing varian sepeda motor skuter matik satu ini. Berikut daftar harga Honda Scoopy terbaru yang perlu Anda ketahui!

Harga Honda Scoopy
Honda Scoopy SportyRp. 20.325.000
Honda Scoopy FashionRp. 20.325.000
Honda Scoopy StylishRp. 21.125.000
Honda Scoopy PrestigeRp. 21.125.000

Demikianlah sedikit informasi mengenai spesifikasi dan harga Honda Scoopy terbaru! Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan motor satu ini. Sehingga Anda dapat memikirkan terlebih dahulu, apakah motor ini cocok dengan motor impian Anda.

Gravatar Image
Hargacampur.com adalah Website yang menyajikan Informasi Harga Diskon dan Katalog Promo Terbaru. Selain itu ada info Daftar Harga dan Diskon Terbaru bagi kalian para pecinta diskon di Indonesia. Untuk informasi lebih lengkapnya klik disini