Hobi  

Harga Scrapbook Polos & Album Terbaru Februari 2023

Harga Scrapbook Polos & Album Terbaru – Scrapbook berasal dari dua kata, yaitu Scrap dan Book. Scrap memiliki arti bahan yang dibuang atau bahan sisa dari suatu proses produksi yang dapat diproses kembali. Sedangkan, Book berarti buku. Sehingga jika disatukan, Scrapbook dapat berarti merangkai kembali bahan-bahan sisa dalam sebuah buku khusus.

Harga Scrapbook Polos & Album Terbaru Desember 2022

Menghias scrapbook dapat sekaligus melatih kreativitas karena diharuskan untuk mengatur beberapa elemen agar menjadi kesatuan yang indah. Biasanya elemen scrapbook berisi foto, sticker, tulisan, atapun gambar. Bagi anda yang gemar mengabadikan memori seperti foto bersama pasangan atau foto perkembangan si kecil, kegiatan ini dapat sangat bermanfaat karena setiap momen dapat tersimpan dengan baik. Menurut Ina Himawan, Pemilik kelas hobi scrapbooking, My Scrapbook Ideas, “Scrapbooking bukan sekadar seni menghias foto atau untuk kepuasan mata. Namun juga harus memiliki cerita dan jurnal di dalamnya,”

Kegiatan menghias Scrapbook dapat menjadi sebuah hobi yang menarik. Tidak sedikit anak muda yang menjadikan Scrapbooking/menghias scrapbook sebagai hobi untuk sekadar mengisi waktu luang atau bahkan hingga menghasilkan cuan. Scrapbooking telah populer di Amerika sejak kurang lebih 20 tahun yang lalu. Sedangkan di Asia, hobi ini baru mulai diminati sejak enam tahun terakhir.

Elemen Dasar Scrapbook

Mengutip dari Everything About Scrapbooking,  terdapat beberapa elemen standar yang biasa digunakan untuk memepercantik scrapbook. Bagi anda yang baru mengenal hobi satu ini, kami akan menjelaskan sedikit mengenai elemen-elemen tersebut.

Foto

Foto dapat dikatakan sebagai elemen inti dalam scrapbook. Dalam satu halaman, anda dapat meletakkan lebih dari satu foto. Terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan agar foto menjadi lebih berkualitas dan tahan lama. Salah satunya adalah dengan menggunakan kertas foto berkualitas, seperti Kertas Glossy Foto Paper.

Judul

Judul halaman juga terbilang elemen yang penting. Judul dapat diambil dari tema halaman scrapbook atau kenangan yang termuat dari halaman tersebut. Judul dapat berupa ungkapan ataupun frasa sederhana. Judul halaman tidak harus selalu berada di bagian paling atas. Asalkan menarik dan terlihat jelas, judul dapat diletakkan di tengah atau samping halaman.

Teks (Journaling)

Setelah foto dan judul, elemen selanjutnya adalah teks. Teks merupakan kalimat yang digunakan untuk memperjelas atau memberikan keterangan suatu halaman scrapbook. Biasanya teks berupa deskripsi singkat, nama, tanggal, kalimat putis, kutipan, lirik, atau puisi.

Hiasan

Hiasan merupakan elemen yang digunakan untuk mempercantik scrapbook. Ada banyak rupa hiasan yang dapat digunakan. Contohnya, stiker, bunga kering, kancing, pita, glitter, dll. Ada baiknya jika hiasan yang digunakan tidak menutupi foto atau terlalu heboh sehingga mendominasi halaman.

Harga Scrapbook Polos & Album Terbaru

Harga Scrapbook Polos & Album Terbaru Desember 2022

Jika anda masih awam dalam dunia scrapbooking, anda dapat membeli scrapbook yang ada di toko buku maupun marketplace. Biasanya, scrapbook yang dijual telah memiliki layout dan desain tertentu sehingga dapat memudahkan bagi anda yang baru memulai hobi scrapbooking. Namun ada juga yang masih polosan/blank.

Ringkasan daftar Harga Scrapbook Polos & Album Terbaru dibawah ini kami dapatkan dari beberapa sumber. Harga Scrapbook Polos & Album dapat berbeda dengan harga yang anda temui di wilayah anda karena harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Varian ScrapbookHarga
Scrapbook Album Kosongan/Polos 16 x 16 cmRp37.000
Scrapbook Instax Mini 9Rp45.000
M04 Album Foto Scrapbook Kayu Classic DIYRp90.000
Scrapbook A4 30 LembarRp90.000
Scrapbook Album Full Desain 16 x 16cmRp110.000
Scrapbook Wedding 20 x 20 cmRp165.000
Scrapbook Vintage DIY 29 x 19 cmRp352.900
Pinky Siluet Floral Kombinasi Jam Aktif 30 x 40 cmRp377.000

Cara Membuat Scrapbook Sendiri

Harga Scrapbook Polos & Album Terbaru Desember 2022

Meski sudah tersedia scrapbook dengan desain yang telah disediakan, tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba membuat scrapbook sendiri. Dengan membuat scrapbook sendiri, anda akan lebih puas karena seluruh tata letak dan dekorasinya merupakan pilihan anda sendiri. berikut merupakan cara dasar dalam membuat scrapbook.

  1. Tentukan ukuran. Ukuran scrapbook sangat beragam, mulai dari A5 atau ukuran custom seperti 12×12 atau 10×10.
  2. Siapkan alat dan bahan. Alat & Bahan yang umum digunakan dalam scrapbooking adalah kertas scrapbook, kertas warna-warni, perekat, spidol, pensil warna, crayon, foto, hiasan, gunting, penggaris, cutter, dll.
  3. Mengatur tata letak & backgorund. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu menyusun dekorasi dasar scrapbook. Ambil kertas yang akan digunakan untuk dasar scrapbook, kemudian tempelkan dekorasi. Dekorasi dasar dari scrapbook lebih baik dibuat sesuai dengan tema. Langkah selanjutnya yaitu menempelkan foto. Tambahkan juga kata-kata yang berkaitan dengan foto.
  4. Menambahkan Dekorasi Menarik. Setelah semua foto sudah ditempel, tambahkan beberapa aksen dekoratif agar halaman scrapbook semakin cantik.

Tips Dalam Scrapbooking

  • Hindari penggunaan lem yang ber- pH asam dan mengandung air.
  • Sebisa mungkin pilih kertas yang memiliki pH atau kadar keasaman diatas 7 karena foto yang ditempelkan akan lebih tahan lama. Meski begitu, anda juga bisa memilih kertas dari barang tak terpakai seperti kardus.
  • Perekat. Scrapbooking sangat membutuhkan lem untuk menempel foto atau dekorasi. Banyak lem yang dapat digunakan seperti double tape, lem batang, atau glue dot. Penggunaan lem ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.
  • Pemotong. Selalu sediakan berbagai pemotong saat menghias scrapbook karena anda akan membutuhkannya untuk menggunting foto, tali, atau pita. Umumnya yang paling sering digunakan adalah gunting atau cutter.
  • Gunakan spidol atau pewarna yang bebas dari asam. Lebih baik jika menggunakan spidol permanen.
  • Gunakan foto yang gambarnya bagus, jelas, dan cerah.
  • Hindari kesalahan dalam menggunting foto karena dapat berpengaruh terhadap hasil scrapbook. Anda bisa menandai terlebih dahulu bagian yang akan digunting dengan pensil atau spidol.

Demikian informasi yang berkaitan dengan Harga Scrapbook Polos & Album Terbaru kali ini. Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda yang berencana memulai Scrapbooking sebagai hobi baru. Tidak ada salahnya mencoba hobi ini karena sangat menarik dan mampu mengisi waktu luang. Siapa tau hobi baru ini juga mampu mendatangkan pundi-pundi Rupiah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: