Harga Tiket Masuk Air Terjun Dlundung Terbaru Juni 2024

Harga Tiket Masuk Air Terjun Dlundung Mojokerto, HTM : Rp7.500 – Rp12.500, Jam Buka : 07.00 – 16.00 WIB, Lokasi : Wisata Dlundung Desa Ketapnrame, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, 61375, Telepon : -.

Pesona alam Jawa Timur yang begitu memukau hadir dalam wujud Air Terjun Dlundung di Kabupaten Mojokerto. Tempat ini menggambarkan keindahan alam pegunungan dengan segala kemistisannya. Kabupaten Mojokerto, yang terkenal dengan pesona alamnya, menjelma menjadi destinasi wisata yang mendunia.Salah satu daya tarik utama dari Mojokerto adalah Air Terjun Dlundung yang tak hanya menawarkan keindahan alam yang memesona tetapi juga pengalaman wisata yang menyegarkan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Dlundung

Keunikan dari Air Terjun Dlundung terletak pada lokasinya yang berada di kawasan Gunung Penanggungan. Ketika menginjakkan kaki di sana, pengunjung akan merasakan kesegaran udara yang dingin, khas pegunungan, dan kerap diselimuti kabut tipis, menciptakan atmosfer mistis yang menambah pesona tempat ini. Dari ketinggian 50-60 meter, air terjun mengalir dengan tenang ke kolam di bawahnya, menciptakan genangan air yang cukup dangkal, ideal untuk bermain air dan berenang.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Dlundung

Salah satu pertimbangan utama bagi wisatawan yang hendak mengunjungi Air Terjun Dlundung adalah harga tiket masuk yang terjangkau. Menikmati keindahan alam yang memukau tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena tiket masuk yang disediakan cukup bersahabat. Berikut adalah daftar harga tiket masuk Air Terjun Dlundung terbaru:

Jenis TiketHarga Tiket (Weekday)Harga Tiket (Weekend)
Tiket Masuk AnakRp7.500Rp10.000
Tiket Masuk DewasaRp10.000Rp12.500
AsuransiRp500Rp500
Tiket Kendaraan Roda 2Rp2.000Rp2.000
Tiket Kendaraan Roda 4Rp3.000Rp3.000

Harga tiket masuk tersebut dapat bervariasi tergantung pada hari kunjungan, dengan tarif khusus untuk weekday (Senin-Jumat) dan weekend (Sabtu-Minggu). Tiket masuk anak berlaku untuk usia di bawah 10 tahun, sementara tiket masuk dewasa dikenakan pada pengunjung yang berusia 10 tahun ke atas. Selain itu, tersedia juga opsi untuk asuransi dengan biaya tambahan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung.

Jam Buka

Agar pengunjung dapat merencanakan kunjungan mereka dengan baik, penting untuk mengetahui jam operasional Air Terjun Dlundung. Berikut adalah jadwal jam buka resmi untuk Air Terjun Dlundung:

HariJam Buka
Senin – Jumat07.00 – 16.00 WIB
Sabtu24 Jam
Minggu06.00 – 16.30 WIB

Air Terjun Dlundung menyediakan layanan setiap hari dalam seminggu, termasuk pada hari Sabtu yang buka 24 jam. Jam buka yang bervariasi pada hari biasa dan akhir pekan memberikan fleksibilitas kepada pengunjung untuk memilih waktu yang paling sesuai dengan jadwal mereka.

Daya Tarik dari Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, merupakan destinasi alam yang memikat hati dengan pesonanya yang unik dan alam yang asri. Berikut beberapa daya tarik utama yang membuat Air Terjun Dlundung menjadi tempat yang diminati para pengunjung:

Pesona Alam yang Indah dan Asri

Pesona Alam yang Indah dan Asri

Air Terjun Dlundung menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Terletak di kawasan Gunung Penanggungan, air terjun ini dikelilingi oleh hutan yang masih sangat alami. Suasana sejuk dan dingin, terutama pada malam hari, membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari kehidupan sehari-hari yang sibuk.

Keindahan air terjun yang memiliki ketinggian antara 50-60 meter dengan aliran air yang tidak terlalu deras menciptakan pemandangan yang menawan. Suara gemuruh air yang jatuh bersatu dengan riuh rendah hewan-hewan hutan menciptakan irama alam yang menenangkan. Di musim kemarau, pengunjung dapat menikmati pemandangan jelas gunung-gunung di sekitar. Sementara, di musim hujan, kabut tipis menciptakan suasana mistis yang memikat.

Perjalanan Menuju Air Terjun Dlundung

Perjalanan Menuju Air Terjun Dlundung

Perjalanan menuju Air Terjun Dlundung tidak hanya mengantarkan pengunjung ke destinasi yang menakjubkan, tetapi juga memberikan pengalaman perjalanan yang menarik. Melalui jalur yang berkelok-kelok dengan pemandangan hutan hijau di sepanjang perjalanan, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar sebelum mencapai air terjun.

Jalur yang telah diaspal dengan baik membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. Pemandangan di sepanjang jalan, dihiasi oleh pepohonan yang lebat, memberikan kesan alami dan menambah kegembiraan perjalanan menuju destinasi utama. Pengelola juga telah merawat dengan baik berbagai taman dan elemen dekoratif seperti jembatan bambu yang menambah daya tarik perjalanan.

Berkemah

Berkemah

Bagi para petualang yang mencari pengalaman mendalam dengan alam, Air Terjun Dlundung menyediakan area berkemah yang luas. Kawasan berkemah ini terletak tidak jauh dari air terjun, memungkinkan pengunjung untuk tetap terhubung dengan keindahan alam bahkan selama malam hari.

Meskipun pengelola tidak menyediakan fasilitas sewa tenda dan perlengkapan berkemah, namun pengunjung dapat membawa perlengkapan mereka sendiri. Berkemah di sini memberikan pengalaman yang unik dengan suara gemuruh air terjun sebagai latar belakang dan suasana yang dingin dan sejuk. Pagi hari di kawasan berkemah juga menawarkan pemandangan kabut yang tebal, menciptakan momen yang indah untuk diabadikan.

Menikmati Kuliner di Air Terjun

Menikmati Kuliner di Air Terjun

Setelah mengeksplorasi keindahan alam, pengunjung dapat menikmati santapan lezat di area sekitar Air Terjun Dlundung. Pedagang makanan lokal biasanya sudah buka pada pagi hari, menawarkan berbagai pilihan makanan hangat seperti gorengan dan mi instan.

Menikmati kuliner di tepi air terjun sambil menikmati suasana sekitar menjadi pengalaman tak terlupakan. Minuman hangat seperti teh, kopi, atau susu juga dapat menjadi pelengkap yang sempurna untuk menikmati momen santai setelah beraktivitas.

Area Permainan & Taman Di Sekitar Air Terjun

Area Permainan & Taman Di Sekitar Air Terjun

Bagi pengunjung yang membawa keluarga atau anak-anak, Air Terjun Dlundung juga menawarkan area permainan dan taman di sekitar lokasi. Jembatan bambu, bale-bale, dan taman bunga menambah suasana yang ramah keluarga. Meskipun belum memiliki fasilitas outbond resmi, namun pengunjung dapat membuat permainan outbond sendiri di kawasan ini.

Semua daya tarik ini membuat Air Terjun Dlundung menjadi destinasi yang cocok untuk berbagai jenis pengunjung, mulai dari pecinta alam, penggemar petualangan, hingga keluarga yang mencari liburan yang menyenangkan. Keberagaman pengalaman yang ditawarkan oleh Air Terjun Dlundung menjadikannya tempat yang layak untuk dikunjungi.

Fasilitas

Air Terjun Dlundung di Kabupaten Mojokerto bukan hanya menawarkan keindahan alam yang memukau, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan dan kebutuhan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan selama berkunjung ke Air Terjun Dlundung:

  1. Area Parkir: Pengelola Air Terjun Dlundung menyediakan area parkir yang cukup luas untuk kendaraan pengunjung. Fasilitas ini dirancang untuk memudahkan para wisatawan dalam parkir kendaraan mereka, sehingga mereka dapat dengan nyaman menikmati keindahan alam tanpa khawatir tentang tempat parkir.
  2. Toilet: Untuk memenuhi kebutuhan dasar pengunjung, tersedia fasilitas toilet di sekitar area Air Terjun Dlundung. Toilet ini memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang memerlukan fasilitas tersebut selama kunjungan mereka.
  3. Musala: Fasilitas musala juga disediakan untuk para pengunjung yang ingin melakukan aktivitas keagamaan. Keberadaan musala ini menunjukkan perhatian pengelola terhadap kebutuhan beribadah para wisatawan yang berkunjung.
  4. Warung Makan: Area sekitar Air Terjun Dlundung dilengkapi dengan warung makan yang menjajakan berbagai hidangan lokal. Para pengunjung dapat menikmati makanan lezat setelah mengeksplorasi keindahan alam sekitar. Menu yang ditawarkan mencakup makanan ringan seperti gorengan hingga hidangan utama yang memuaskan selera.
  5. Warung Souvenir: Bagi yang ingin membawa pulang kenang-kenangan dari perjalanan mereka, terdapat warung souvenir yang menjual berbagai barang oleh-oleh khas Air Terjun Dlundung. Souvenir ini dapat menjadi bukti indahnya pengalaman wisata di tempat ini.
  6. Area Berkemah: Bagi para petualang yang berniat untuk berkemah, Air Terjun Dlundung menyediakan area khusus untuk berkemah. Meskipun tidak menyewakan perlengkapan berkemah, keberadaan area ini memberikan fleksibilitas bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berkemah di tengah alam.
  7. Area Permainan dan Taman: Untuk pengunjung yang membawa keluarga atau anak-anak, terdapat area permainan dan taman di sekitar lokasi air terjun. Jembatan bambu, bale-bale, dan taman bunga menambah suasana yang ramah keluarga. Meskipun belum memiliki fasilitas outbond resmi, pengunjung dapat membuat permainan outbond sendiri di kawasan ini.

Fasilitas-fasilitas tersebut memberikan keseimbangan antara keindahan alam dan kenyamanan pengunjung. Dengan adanya fasilitas yang memadai, Air Terjun Dlundung menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dinikmati oleh berbagai kalangan pengunjung.

Lokasi Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung, sebagai salah satu keajaiban alam yang berada di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, menawarkan pesona alam yang memikat para pengunjungnya. Lokasinya yang terletak di Dusun Ketapang, Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, menjadikannya sebagai destinasi wisata yang mudah diakses namun tetap menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Air Terjun Dlundung dapat ditemukan dengan mengunjungi Dusun Ketapang, Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Lokasinya berjarak sekitar 38 kilometer dari pusat Kota Mojokerto, dan perjalanan ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam berkendara. Rute perjalanan yang menuju ke air terjun ini telah diaspal dengan baik, memastikan kenyamanan selama perjalanan.

Pengunjung dapat menggunakan berbagai jenis kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor, untuk mencapai lokasi Air Terjun Dlundung. Selain itu, tersedia juga akses transportasi umum atau jasa sewa kendaraan untuk memudahkan perjalanan wisatawan. Papan petunjuk dan panduan lokal di sepanjang perjalanan juga membantu pengunjung agar tidak tersesat.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Dlundung

Tips Berkunjung ke Air Terjun Dlundung

Berlibur ke Air Terjun Dlundung adalah pengalaman yang luar biasa, tetapi beberapa tips dapat membantu Anda menikmati perjalanan ini dengan lebih baik dan memastikan kunjungan yang lancar dan memuaskan.

  • Pilih Waktu Berkunjung yang Tepat: Air Terjun Dlundung menawarkan pengalaman yang berbeda pada setiap waktu. Jika Anda ingin menikmati suasana mistis dan indahnya kabut di sekitar air terjun, kunjungan pada pagi atau sore hari sangat dianjurkan. Namun, untuk pengalaman berkemah yang nyaman, kunjungan pada musim kering mungkin lebih disukai.
  • Kenakan Pakaian yang Tepat: Karena perjalanan menuju air terjun melibatkan jalur yang naik turun, kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kegiatan trekking. Pastikan untuk membawa jaket atau pakaian hangat, terutama jika Anda berencana untuk berkemah di malam hari karena suhu di kawasan pegunungan dapat cukup dingin.
  • Bawa Perlengkapan Berkemah Sendiri: Jika Anda berniat untuk berkemah, bawalah perlengkapan berkemah sendiri, termasuk tenda yang tahan air, sleeping bag, dan perlengkapan lainnya. Pengelola tidak menyediakan fasilitas sewa tenda, jadi persiapkan diri dengan baik untuk menghadapi cuaca pegunungan.
  • Perhatikan Kebersihan Lingkungan: Selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar. Bawalah kantong sampah untuk membuang sampah Anda dengan benar dan hindari merusak keindahan alam sekitar. Mematuhi aturan dan etika lingkungan membantu menjaga kelestarian destinasi wisata ini.
  • Ajak Keluarga atau Teman: Air Terjun Dlundung adalah tempat yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Berkumpullah dengan orang-orang terkasih dan nikmati keindahan alam bersama-sama. Pastikan untuk berbagi pengalaman yang menyenangkan dan membuat kenangan indah.
  • Jelajahi Taman dan Area Permainan: Manfaatkan waktu Anda untuk menjelajahi taman dan area permainan di sekitar Air Terjun Dlundung. Terdapat berbagai spot menarik untuk berfoto dan menciptakan momen yang tak terlupakan. Jangan ragu untuk mencoba permainan outbond jika Anda berkunjung dengan kelompok.
  • Cicipi Kuliner Lokal: Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner lokal di sekitar air terjun. Pagi hari biasanya merupakan waktu yang tepat untuk menikmati makanan hangat seperti gorengan dan mi instan yang dijajakan oleh pedagang setempat. Sambil menikmati kuliner, nikmatilah pemandangan air terjun yang menakjubkan.
  • Perhatikan Jam Buka dan Tiket Masuk: Pastikan untuk memeriksa jam buka dan harga tiket masuk sebelum berkunjung. Ini dapat membantu Anda mengatur rencana perjalanan dengan lebih baik dan menghindari kekecewaan. Informasi tersebut dapat ditemukan dalam panduan ini atau di sumber informasi resmi lainnya.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat merencanakan perjalanan ke Air Terjun Dlundung dengan lebih baik. Selamat menikmati keindahan alam dan petualangan seru di salah satu destinasi wisata terbaik Jawa Timur ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×