Harga Tiket Masuk Bukit Klangon Terbaru Desember 2022

Harga Tiket Masuk Bukit Klangon, HTM : Rp 4.000 – Rp 15.000, Jam Buka :  24 Jam, Lokasi : Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman Regency, DI Yogyakarta, Indonesia, 55583, Telepon : +62 813 3494 0725.

Anda pasti bertanya-tanya mengenai harga tiket masuk Bukit Klangon di Yogyakarta untuk menikmati keindahannya. Mungkin bagi sebagian orang masih asing mendengar nama Bukit Klagon ini, karena biasanya tempat wisata ini dikenal dengan Bukit Indah Glagaharjo. Nama ini diberikan karena lokasi Bukit Klagon berada di Desa Glagaharjo.

Harga Tiket Masuk Bukit Klangon

Bukit ini menjadi kawasan tertinggi yang bisa ditempati oleh penduduk, jadi disekitar tempat wisata ada pemukiman penduduk yang aktif. Dari puncak bukit ini, Anda bisa melihat aktivitas Gunung Merapi dengan sangat jelas. Bahkan Anda juga bisa mengabadikan foto dengan latar belakang Gunung Merapi yang menjulang tinggi dan gagah.

Harga Tiket Masuk Bukit Klangon

Berwisata ke Bukit Klangon sebari menikmati udara segar dan indahnya pegunungan tidak memerlukan biaya yang besar. Saat berkunjung, Anda hanya perlu membayar harga tiket masuk Bukit Klangon sebesar Rp4.000 saja, sangat terjangkau, bukan? Jika Anda ingin bercamping di bukit ini, maka Anda perlu membayar sebesar Rp15.000 saja semalam.

Harga Tiket Masuk Bukit Klangon
Tiket Masuk Kunjungan UmumRp4.000
Tiket Masuk CampingRp15.000

Jam Operasional

Untuk memasuki kawasan wisata Bukit Klangon ini memiliki jam operasional yang buka mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB saja. Nah, jika Anda ingin melakukan camping di sini, maka jam operasionalnya sudah berbeda, yaitu 24 jam. Jadi Anda bisa menikmati keindahan Bukit Klangon ini kapanpun.

Jam Buka
Camping24 Jam
Kunjungan Umum06.00 – 16.00

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Bukit Klangon

Sebagai tempat wisata alam, di Bukit Klangon ini ada beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan. Nah, berikut beberapa aktivitas seru tersebut:

Menikmati Keindahan Alam

Menikmati Keindahan Alam Bukit Klangon

Bukit Klangon ini memiliki ketinggian mencapai 1.100 meter di atas permukaan laut. Hawa dingin yang menyelimuti tempat wisata ini menyebabkan para pengunjung harus mengenakan pakaian yang tebal. Di atas bukit ini, Anda bisa menikmati udara yang sejuk dan keindahan alam  berupa hamparan perkebunan tanaman milik warga.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan puncak Gunung Merapi yang terlihat begitu jelas, berdiri kokoh dengan hebatnya. Sayangnya, pemandangan indah ini akan terhalang kabut pada siang hari, jadi Anda bisa memilih waktu berkunjung yang tepat.

Bersepeda Downhill

Bersepeda Downhill

Tempat wisata ini menghadirkan sebuah wahana yang bisa membuat pengunjung mengadu ketangkasannya dengan bersepeda di area downhill. Pihak pengelola memberikan beberapa tantangan seperti jalanan yang terjal, keadaan jalan naik turun, dan beberapa lintasan yang menukik tajam.

Bukan hanya untuk pengunjung saja, di Bukit Klangon ini sering di adakan even bersepeda. Biasanya peserta yang mengikuti adalah orang-orang yang memiliki hobi dan gemar bersepeda downhill. Nah, buat Anda yang ingin melakukan aktivitas bersepeda, tidak akan dikenal biaya alias gratis.

Mendaki Bukit dan Trekking

Mendaki Bukit dan Trekking

Bukan hanya berwisata, untuk menuju ke puncak tertinggi, dari Bukit Klangon ini, Anda perlu mendakinya. Tenang, untuk mendaki bukit ini, tidak diperlukan tenaga yang banyak, karena bisa ditempuh secara singkat dan tidak perlu bermalam. Bahkan  anak-anak kecil juga bisa mendaki bukit ini dengan mudah.

Kegiatan mendaki bukit ini akan semakin asik diiringi suara khas hutan dan area perbukitan, seperti burung-burung, dan juga serangga. Di sekitar Bukit Klango ini terdapat sebuah kawasan hutan konservasi yang di dalamnya terdapat beberapa satwa. Seperti  Burung Alap-Alap Jawa, Burung Kepondang, Musang, dan juga Monyet.

Camping atau Berkemah

Camping atau Berkemah

Aktivitas yang terakhir ini menjadi aktivitas favorit yang paling disukai oleh para pengunjung.  Para pecinta alam dan menyukai hawa sejuk pasti akan mencoba camping di di Bukit Indah Glagaharjo. Di area perbukitan ini ada area yang dibuat landai untuk berkemah, jadi dijamin Anda pasti akan berkemah dengan nyaman

Nah, untuk melakukan aktivitas ini, Anda bisa membayar tiket masuk camping terlebih dahulu, dan bisa camping selama 24 jam. Berkemah di Bukit Klango ini membuat Anda bisa merasakan sensasi berkemah di pegunungan dan menikmati pemandangan indah gunung merapi.

Ketentuan Melakukan Camping di Bukit Klangon

Buat Anda yang ingin melakukan camping di Bukit Klangon ini wajib mengikuti syarat dan ketentuan yang telah di tetapkan berikut:

  • Wajib reservasi terlebih dahulu
  • Setibanya di lokasi, Anda perlu melakukan pendaftaran ulang
  • Camping ini dilakukan di area bukit Klangon dan tidak boleh keluar sembarangan seperti mencari kayu bakar.
  • Tidak diperkenankan membawa dan menyembunyikan sirine, klakson, peluit ataupun kembang api.
  • Diharapkan menjaga ketenangan dan tidak membuat keributan
  • Diharapkan menjaga kebersihan dan tidak merusak fasilitas yang ada.
  • Jika Anda melanggar syarat dan ketentuan yang ada, maka Anda akan dikenai sanksi yang sesuai.

Fasilitas

Bukit Klangon memiliki fasilitas yang tak diragukan lagi kelengkapannya. Sebagai wisata alam yang populer, teman ini memiliki beberapa spot foto yang menarik dan instagenic. Selain itu, terdapat fasilitas umum lainnya seperti toilet, tempat parkir, hingga mushola sebagai tempat ibadah.

Selain fasilitas untuk menunjang kenyamanan, ada juga fasilitas yang bisa menghilangkan rasa haus dan lapar Anda, yaitu warung makan tradisional. Para pengunjung yang membeli makanan ini bisa memanfaatkan gazebo untuk makan dengan nyaman sambil bersantai

Lokasi dan Rute Bukit Klangon

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya bahwa Bukit Klangon ini lebih dikenal dengan nama Bukit Indah Glagaharjo. Karena lokasinya di Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta.  Bukit Klangon ini menjadi salah satu wisata alam terpopuler, oleh karena itu untuk menuju lokasinya tidaklah sulit.

Dari pusat kota Yogyakarta, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja. Anda bisa memilih arah menuju ke Cankringan, dan menuju ke arah The Lost Wird Castel. Dari arah tersebut Anda hanya perlu belok kanan, lurus beberapa meter ke timur, dan mengikuti petunjuk arah yang ada menuju ke Bukit Klangon.

Tips Berkunjung ke Bukit Klangon

Sebelum Anda mengambil keputusan untuk berwisata ke Bukit Klangon ini, sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut. Tips yang pertama adalah berliburlah ketika cuacanya cerah. Kedua, untuk mencapai lokasi ini, pastikan kendaraan yang dipakai mampu melewati tanjakan curam.

Tips ketiga adalah pakailah pakaian yang tebal, karena udara di atas Bukti Klangon ini sangat dingin. Tips terakhir ini sangatlah penting, jika ingin melakukan camping sebaiknya bawalah peralatan kemah secara pribadi, dan pastikan selalu menjaga kebersihan.

Itulah sedikit ulasan mengenai tempat wisata alam populer di Yogyakarta. Mulai dari lokasi, harga tiket masuk Bukit Klangon, aktivitas yang bisa dilakukan hingga tips berkunjung. Anda bisa berlibur ke tempat wisata alam di yogyakarta ini untuk menyegarkan diri, menikmati udara sejuk, dan pemandangan indah  yang di tawarkan.

Berkunjung ke Yogyakarta yang memiliki beragam wisata alam, rasanya masih kurang jika tidak mengunjungi Bukit Klangon atau yang dikenal dengan Bukit Indah Glagahrejo ini. Dari ulasan tersebut dapat disimpulkan kalau berwisata di Bukit Klangon ini sangat seru, bukan? Pastikan tempat wisata ini masuk ke dalam agenda liburan Anda ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: