Minggu, Februari 4, 2024

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko Terbaru Februari 2024

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko, HTM : Rp 20.000 – Rp 85.000, Jam Buka : 07.00 WIB – 17.00 WIB, Lokasi : Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55572, Telepon : 0274496406/08112688000.

Harga tiket masuk candi ratu boko tidak dapat dipungkiri sangat terjangkau sekali, sebab peninggalan sejarah yang sangat dilestarikan ini tak pernah sepi pengunjung. Candi ratu boko ini sangat cocok sekali digunakan untuk berburu sunset sebagai kegiatan seru yang tidak boleh dilewatkan Ketika saat berlibur ke jogja. Jogja sangat banyak sekali tempat yang harus dikunjungi untuk dinikmati keindahannya terlebih saat matahari terbit atau terbenam.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Salah satu spot terbaiknya adalah istana candi ratu boko yang ada di jogja untuk bisa menikmati sunset atau matahari terbenam. Tidak bisa dielakkan bahwa sunset candi ratu boko ini sungguh luar biasa dan tidak kalah dengan candi lainnya. Anda bisa mendapatkan pengalaman khas yang tidak kalah menakjubkan dari tempat terbaik ini untuk menikmati sunset jogja selain gunung purba nglanggeran dan pantai indrayanti.

Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Harga tiket masuk candi ratu boko yang sangat terjangkau ini menjadi daya Tarik untuk masuk kompleks istana ratu boko. Untuk pengunjung dewasa dikenakan tarif 40 ribu. Khusus untuk pelajar dan anak usia 4 hingga 6 tahun akan dikenakan tarif yaitu 20 ribu saja. Jika sebelumnya ratu boko menerapkan tiket yang lebih mahal untuk menikmati sunset namun terhitung sejak 22 juni untuk menikmati sunset dengan harga yang sama dengan tiket regular.

Jenis TiketHarga Tiket AnakHarga Tiket Dewasa
Tiket Masuk Senin – JumatRp30.000Rp50.000
Tiket Masuk Sabtu – Minggu & Libur NasionalRp50.000Rp50.000
Tiket Masuk Periode 23 Desember 2023 – 7 Januari 2024Rp50.000Rp50.000

Jam Operasional Wisata Ratu Boko

Kompleks istana situs ratu boko juga sangat luas sekali dan cuaca di siang hari sungguh terik sekali. Sehingga waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini di pagi hari sekitar 6 pagi hingga 10 pagi WIB. Untuk menikmati keindahan senja di ratu boko dapat anda datangi sekitar pukul 3 sore sampai 4 sore WIB. Jam operasional istana ratu boko yakni pukul 6 pagi hingga 5 sore WIB dan pastinya akan sangat indah sekali untuk dinikmati.

Jam Buka
Layanan Tiket07.00 – 17.00 WIB
Kunjungan Wisata08.00 – 18.00 WIB

Hal yang perlu wisatawan ketahui sebelum berkunjung:

  • Pengunjung wajib sudah melakukan vaksin minimal dosis pertama.
  • Menginstal aplikasi PeduliLindungi
  • Selama berada di kawasan wisata, pengunjung wajib mematuhi protokol kesehtan yang berlaku.
  • Untuk Anak-anak sudah boleh masuk asalkan orang tuanya sudah vaksin.

Daya Tarik

Pengalaman berburu sunset dijamin tak akan terlupakan, karena lokasinya yang berada di perbukitan sehingga menawarkan pemandangan menarik yakni landscape kota jogja. Istana ratu boko ini adalah peninggalan situs yang disebut arkeologi dan tidak jauh dari candi prambanan yaitu hanya 3 km saja kearah selatan kompleks. Menurut catatan sejarah, bangunan istana ini sudah dari pada masa rakai panangkaran atau abad ke 8 dan 9 masehi dimana tempat ini masih digunakan oleh rakai panangkaran untuk menyepi dahulu.

Ikon Istana Ratu Boko

Ikon Istana Ratu Boko

Berbeda dengan prambanan dan Borobudur yang dimana memiliki bangunan berupa candi. Istana ratu boko adalah bekas kompleks istana yang mempunyai beberapa bangunan, termasuk didalamnya anda bisa menemukan bangunan candi tersebut. Bangunan yang berupa gapura utama juga bisa dijadikan sebagai ikon tempat ini yaitu candi pembakaran. Candi lainnya juga ada seperti candi batu kapur, bangunan paseban, pendopo, istana, pemandian, miniature candi, kompleks keputren, dan ada pula gua lanang serta gua wadon. Semua bangunan tersebut dapat tersebar di area seluas 25 hektar dan sangat lebar atau luas sekali.

Reruntuhan Akibat Pertempuran

Reruntuhan Akibat Pertempuran

Meskipun begitu candi dan bangunan istana ratu boko ini bisa dinikmati reruntuhannya saja. Kompleks istana ini juga sempat dijadikan sebagai benteng pertahanan dan akibat pertempuran keadaannya kini menjadi porak poranda. Namun anda juga tidak perlu khawatir karena adanya puing sisa reruntuhannya masih tampak begitu mewah dan sangat fenomenal.

Berburu Sunset

Berburu Sunset

Mengejar senja di ratu boko ini sungguh sangat eksotis dan pastinya sudah disinggung diatas mengenai tempat terbaik menemukan sunset. Ratu boko adalah salah satu tempat yang bisa kalian datangi untuk menikmati senja dan matahari terbenam di jogja. Lokasinya yang berada di perbukitan dengan ketinggian 196 mdpl dan memungkinkan anda untuk bisa menyaksikan sunset terindah dari gapura utama istana.

Sunset di ratu boko ini sangat luar biasa dan bisa sangat epic yang terbingkai dengan indah sekali oleh siluet arsitektur. Gerbang utama istana benar-benar memiliki pemandangan yang fantastis dan romantic.

Aktivitas Lain

Aktivitas Lain

Selain itu juga adanya aktivitas lainnya yang ada tak kalah seru dan bisa dilakukan di istana ratu boko dengan ketinggian yang bisa dinikmati keindahannya berupa candi prambanan. Jika cuaca sedang bagus gunung Merapi pun tampak megah dan indah panoramanya. Pastikan untuk mengabadikan setiap sudut dan setiap momen yang ada di kameramu dan jangan sampai terlewatkan.

Ada banyak sekali spot-spot menarik yang bisa anda jadikan latar belakang kala mengabadikan momen melalui selfie dan foto Bersama. Abadikan pengalaman liburan berkesan di Candi Ratu Boko yang istimewa dan tiada duanya.

Letak Istana Ratu Boko

Istana candi ratu boko ini terletak di dusun bokoharjo, kecamatan prambanan, kabupaten sleman, Jogjakarta. Lokasinya yaitu sekitar di 17 km dari sebelah timur pusat kota jogja dan dapat diakses lewat jalan raya Jogjakarta-solo. Lalu setelah sampai di pertigaan pasar prambanan lalu belok kanan dan berjalanlah lurus sekitar 3 km.

Terlebih jika kamu menggunakan kendaraan umum, anda bisa naik trans jogja trayek 1A dan 1B lalu turun di terminal prambanan. Dari terminal dan bisa melanjutkan perjlanan ke ratu boko dengan ojek lalu akan tidak ribet berjalan jauh untuk bisa menggunakan sewa motor atau rental mobil

Alasan Harus Ratu Boko

Salah satu alasan ratu boko harus dikunjungi adalah berkat landscape sunset yang amat menakjubkan dan selain itu pernah menjadi lokasi shooting film AADC. Gerbang masuk di candi ratu boko ini di area sebelah barat candi, gerbang ini juga terdiri dari 2 gerbang yaitu gerbang luar yang berukuran kecil dan gerbang dalam besar dan merupakan Gerbang utama candi ratu boko. Gapura luar terdiri dari 3 gapura paduraksa yang berjajar di dalam atau gapura utama di 5 gapura paduraksa.

Adanya candi pembakaran ini merupakan reruntuhan bangunan berundak dengan tinggi 3 meter dengan 2 teras. Pada teras atas berupa teras persegi dengan sebuah lubang kotak berukuran 4×4 meter dan dibagian tengahnya diduga untuk tempat pembakaran mayat. Sementara di bagian tenggara terdapat sumur untuk air suci terlebih dahulu.

Bekas Bangunan Istana Yang Ikonik

Terdapat pula paseban atau tempat menghadap raja yaitu sekitar 45 meter dari selatan gapura dan berupa teras dengan ukuran tinggi 1,5 meter, lebarnya 7 meter, dan panjanganya 38 meter. Diatas teras tersisa sekitar 20 umpak atau tumpukan batu yang biasanya diduga untuk pondasi tiap atap bangunan. Terdapat pula pendopo atau ruang tamu yang berupa reruntuhan bangunan di bagian selatan gapura candi ratu boko.

Bangunan ini berbentuk dinding setinggi 3 meter terbuat dari batuan andesit dengan ukuran sekitar 40×30 meter. Ratu boko merupakan bekas kompleks istana yang sungguh luas. Berikut merupakan Harga tiket masuk candi ratu boko dengan promo dan pastinya membuat liburan menjadi nyaman karena terjangkau sekali biayanya. Segera buat agenda liburanmu menjadi lebih nyaman dan pastinya menyenangkan.

Kontak & Alamat Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko adalah salah satu destinasi wisata bersejarah yang menarik di Yogyakarta. Berlokasi di Jalan Raya Yogya – Solo KM 16 Prambanan, Sleman, tempat ini menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjung yang tertarik dengan sejarah dan keindahan alam.

Anda dapat menghubungi pihak pengelola Candi Ratu Boko melalui beberapa cara. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai tempat ini, Anda bisa menghubungi nomor telepon di 0274-496-402 atau 0274-496-406. Selain itu, untuk pertanyaan yang lebih mendalam, Anda juga dapat mengirimkan email ke alamat [email protected].

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Candi Ratu Boko, alamat lengkapnya yaitu di Jalan Raya Yogya – Solo KM 16 Prambanan, Sleman. Lokasinya yang strategis membuatnya mudah dijangkau dari berbagai daerah di Yogyakarta.

Tips Berkunjung ke Wisata Candi Ratu Boko

Tips Berkunjung ke Wisata Candi Ratu Boko

Wisata Candi Ratu Boko adalah salah satu destinasi bersejarah yang menarik di Yogyakarta. Agar kunjungan Anda berjalan dengan lancar dan lebih menyenangkan, perhatikan beberapa tips dan saran berikut sebelum berkunjung:

  1. Pilih Hari Berkunjung: Untuk menghindari keramaian, disarankan untuk datang pada hari kerja atau weekday. Biasanya, saat weekend dan hari libur, Candi Ratu Boko dapat dipadati oleh wisatawan, sehingga momen eksplorasi Anda bisa lebih nyaman pada hari biasa.
  2. Siapkan Kamera: Candi Ratu Boko menawarkan berbagai spot foto menarik dan instagramable yang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphone Anda untuk mengabadikan momen berlibur yang berkesan di antara reruntuhan candi dan keindahan pemandangan dari ketinggian.
  3. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Karena Candi Ratu Boko merupakan area dengan kontur yang beragam, disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang cocok untuk berjalan di area yang mungkin sedikit menantang.
  4. Siapkan Perlengkapan: Pastikan Anda membawa perlengkapan penting seperti air minum, topi atau payung untuk melindungi dari sinar matahari, serta peta atau panduan wisata untuk memudahkan eksplorasi Anda.
  5. Ikuti Tur Berpemandu: Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih mendalam tentang sejarah dan budaya Candi Ratu Boko, Anda dapat bergabung dengan tur berpemandu yang disediakan di lokasi. Tur ini akan memberikan wawasan mendalam tentang tempat bersejarah ini.
  6. Jaga Kebersihan dan Keharmonisan: Selama berkunjung, tetap jaga kebersihan dan hindari merusak atau mencoret-coret candi. Bersama-sama kita bisa menjaga kelestarian Candi Ratu Boko untuk dinikmati oleh generasi mendatang.

Jangan ragu untuk mengunjungi Candi Ratu Boko dan nikmati pesona sejarah yang menakjubkan di tengah keindahan alam Yogyakarta. Jika Anda membutuhkan panduan wisata lebih lanjut, Anda dapat mencari informasi di situs resmi atau berkonsultasi dengan agen wisata terpercaya. Selamat menikmati liburan sejarah yang berkesan dan tetap eksplorasi Jogja bareng Sikidang untuk destinasi wisata menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×