Harga Tiket Masuk Galeri Nasional Indonesia Juni 2024

Harga Tiket Masuk Galeri Nasional Indonesia, HTM : Gratis, Jam Buka : 10.00 WIB – 19.00 WIB, Lokasi : Jalan Medan Merdeka Timur, RT.6/RW.1, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10110, Telepon : (021)34833954.

Galeri Nasional Indonesia semakin menjadi perbincangan saat menjelang musim liburan. Galeri Nasional memang sering dipilih menjadi tujuan wisata edukasi yang menyuguhkan berbagai karya seni dari seniman Indonesia. Selain itu, wisata edukasi ini juga kerap dijadikan tempat pameran seni yang bebas disaksikan oleh siapa saja.

Harga Tiket Masuk Galeri Nasional Indonesia

Galeri seni yang berlokasi di Jl. Medan Merdeka Timur No. 14, Jakarta Pusat ini sangat cocok dijadikan destinasi karya wisata sekolah. Galeri Nasional Indonesia sendiri bertujuan untuk melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan seni rupa sebagai sarana edukasi dan rekreasi. Galeri ini juga diharapkan bisa menjadi media untuk peningkatan kreativitas dan apresiasi seni. 

Sejarah Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia atau GNI adalah lembaga budaya negara yang gedungnya difungsikan sebagai tempat pameran dan penyelenggaraan berbagai acara seni. Bukan hanya seni rupa Indonesia, GNI juga menampilkan kesenian dari beberapa negara tetangga. Gedung GNI sendiri merupakan milik institusi di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Sebelum diresmikan sebagai GNI, Yayasan Kristen Carpentier Alting Stitching (CAS) membangun sekolah dan asrama khusus wanita. Kemudian, pemerintah Indonesia melarang segala aktivitas komunitas Belanda yang mengakibatkan pengalihan gedung menjadi Yayasan Raden Saleh pada tahun 1955.

Di tahun 1962, yayasan ini akhirnya dihentikan secara total oleh presiden Ir. Soekarno dan diserahkan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada masa itu. Berawal dari sinilah yayasan tersebut diberi nama Wisma Seni Nasional.

Seiring berjalannya waktu, Wisma Seni Nasional ini terus mengalami perkembangan hingga akhirnya diubah nama menjadi GNI. GNI sendiri sudah memiliki banyak koleksi karya dari para seniman Indonesia mulai dari lukisan, fotografi, pahatan, patung, dan masih banyak lainnya. 

Tiket Masuk Galeri Nasional Indonesia

Lembaga seni yang diresmikan pada 8 Mei 1999 ini tidak memungut biaya sepeser pun bagi pengunjungnya. Itu artinya Anda bisa menikmati semua karya seni dan fasilitas yang ada di dalamnya secara gratis. Namun, saat parkir Anda akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp4.000 untuk motor dan Rp8.000 untuk mobil. Saat sedang ada acara pameran karya seni pun Anda juga tidak akan diminta untuk membayar.

Tiket Masuk Galeri Nasional Indonesia
Tiket MasukGRATIS

Hal yang perlu di perhatikan wisatawan saat berkunjung:

  • Wisatawan tidak perlu registrasi online saat berkunjung
  • Registrasi ini bisa langsung di lakukan saat di lokasi

Jam Operasional Galeri Nasional Indonesia

Untuk menikmati karya yang ada di GNI, Anda bisa berkunjung pada hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. GNI ini mempunyai dua galeri, yaitu galeri 1 dan galeri 2 yang masing-masing mempunyai 11 ruangan komplet beserta teks informasinya.

Jam Buka
Pajang Karya10.00 – 19.00 WIB
Pameran Temporer09.00 – 19.00 WIB

*Mulai tanggal 1 Juni 2023, Pameran tetap tutup sementara, untuk renovasi dan perubahan tata pamer.

Jika Anda berencana datang ke GNI dengan membawa banyak rombongan, dianjurkan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. Dengan melakukan reservasi jauh-jauh hari, pihak pengelola akan berusaha memaksimalkan pelayanan dan fasilitas demi kenyamanan rombongan Anda. Untuk reservasi Anda bisa langsung telefon ke nomor 021 3483 3954.

Aktivitas di Galeri Nasional Indonesia

Aktivitas di Galeri Nasional Indonesia

Galeri ini memiliki berbagai kegiatan seru yang dapat wisatawan lakukan selama berada di tempat ini seperti pameran, melaksanakan preservasi, akuisisi, seminar, diskusi, workshop, performance art, pemutaran film, festival, lomba, dan lainnya. Adanya beberapa kegitan yang ada di Galeri Nasional indonesia ini agar bisa meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan mengapresiasi masyarakat terhadap seni rupa.

Tidah hanya itu saja, GNI juga memberikan pelayanan riset koleksi dan pemandu bagi pelajar, mahasiswa, dan juga masyarakat umum. Galeri Nasional Indonesia menawarkan beberapa aktivitas menarik yang bisa diikuti, di antaranya:

Pameran Permanen

Pameran Permanen

Pameran permanen yang diadakan di ruang pameran tetap menampilkan sekitar 109 koleksi karya seni para maestro. Di sana Anda bisa menikmati karya-karya tersebut sambil membaca teks informasi yang disajikan.

GNI memiliki ruang pameran permanen yang mempunyai dua gedung, yaitu gedung B dan C. Luas masing-masing gedungnya adalah 1400 m2 dan 840 m2. Ruangan ini berisi berbagai karya seni yang diperlihatkan secara tetap atau tidak ada periode pertunjukan tertentu. Sehingga, kapan saja Anda datang ke GNI tetap bisa menikmati karya-karya tersebut.

Pameran Temporer

Pameran temporer adalah kegiatan pameran seni tematis yang diadakan dalam periode waktu tertentu. Kegiatan ini menampilkan beberapa karya modern seperti patung, lukisan, instalasi, atau grafis. Khusus pameran temporer biasanya hanya dibuka mulai pukul 10.00 sampai 19.00 WIB.

Selain ruang pameran tetap, ada juga ruang pameran temporer yang terletak di gedung A dengan luas 1350 m2. Ruangan dengan kapasitas 150 karya ini berfungsi untuk mengadakan berbagai kegiatan eksternal. Mulai dari pameran terbuka, workshop, hingga pertunjukan seni. 

Pameran Keliling

Pameran keliling merupakan kegiatan yang dilakukan oleh GNI setiap setahun sekali, baik di dalam maupun luar negeri. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan koleksi seni rupa GNI kepada masyarakat lokal hingga mancanegara.

Ruang Seminar

Meskipun pada dasarnya merupakan art space atau tempat pertunjukan seni, tetapi GNI juga mempunyai ruangan serba guna. Ruangan ini biasa digunakan untuk seminar atau diskusi mengenai karya seni rupa. 

Ruangan Seminar GNI memiliki kapasitas sekitar 200 orang sehingga bisa digunakan untuk acara-acara besar yang mengundang banyak tamu. Ruangan ini pun sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC yang membuat suasananya semakin nyaman. 

Workshop

Galeri Nasional Indonesia ini juga memberikan layanan dalam bidang seni rupa yang bertujuan agar bisa meningkatkan kreativitas dan juga wawasan seni rupa kepada wisatawan ataupun masyarakat. Tidak hanya di selenggarakan di jakarta, namun layanan ini juga di selenggrakan di luar kota.

Kegiatan workshop ini, wisatawan bisa dapat kesempatan untuk telibat dalam pembuatan sebuah seni rupa. Hal ini tentu bisa menjadi pengalaman yang berkesan dan berharga karena kreativitas wisatawan bisa meningkat.

Diskusi

Tk hanya workshop. GNI ini juga membuka ruang diskusi yang bertujuan agar masyarakat bisa mengenal lebih jauh mengenai GNI. Tidak hanya itu, terdapat juga ruang edukasi interaktif untu masyarakat agar bisa dapat kesempatan terlibat dalam proses pembuatan karya seni.

Hal ini tentu bisa menjadi kesempatan bagi para masyarakat luas agar bisa mengasah kreativitas nya dalam bidang seni. Adanya ruang diskusi ini juga agar mengajak para masyarakat bisa turut mengapresiasi karya seni dan juga ikut dalam membuat karya seni nya sendiri.

Fasilitas di Galeri Nasional Indonesia

Fasilitas di Galeri Nasional Indonesia (GNI) menawarkan pengalaman yang memuaskan bagi pengunjung meskipun tiket masuknya gratis. Berikut ini beberapa fasilitas menarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung GNI:

  1. Perpustakaan: GNI menyediakan perpustakaan yang kaya dengan koleksi pustaka yang mencakup majalah, buku, katalog arsip, dan banyak lagi. Pengunjung dapat menikmati fasilitas perpustakaan ini untuk membaca dan memperdalam pengetahuan tentang seni rupa. Ruang perpustakaan yang tersedia memberikan suasana yang nyaman dan tenang untuk pengunjung.
  2. Laboratorium Konservasi-Restorasi: GNI juga menyediakan ruangan laboratorium yang digunakan untuk kegiatan konservasi-restorasi. Ruangan ini dilengkapi dengan peralatan dan fasilitas yang diperlukan, seperti lampu ultra-violet, polikhromatis, tabung gelas untuk analisis, alat ukur elektronik, dan komputer. Laboratorium ini menjadi tempat penting dalam menjaga dan memulihkan keaslian karya seni yang ada di GNI.
  3. Ruang Seminar: GNI memiliki ruang seminar yang dapat digunakan untuk kegiatan diskusi dan seminar terkait seni rupa. Ruangan ini memiliki kapasitas yang luas, dapat menampung hingga 200 orang, dan dilengkapi dengan sistem pendingin ruangan. Ruang seminar ini memberikan fasilitas yang mendukung bagi penyelenggaraan acara dan pertemuan terkait seni rupa.

Selain fasilitas-fasilitas tersebut, Galeri Nasional Indonesia juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet, area parkir, dan aksesibilitas yang ramah pengunjung. Semua fasilitas ini dirancang untuk memberikan pengalaman yang nyaman dan menyenangkan bagi pengunjung GNI.

Rute Angkutan Ke Galeri Nasional Indonesia

Untuk menuju ke GNI, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Salah satu moda transportasi umum yang bisa digunakan adalah Bus Trans-Jakarta. Pilihlah bus dengan jurusan Kampung Melayu-Harmoni atau Pulogadung-Harmoni maka perjalanan Anda akan berhenti di Halte Gambir. 

Sesampainya di Halte Gambir, Anda tinggal berjalan kaki menuju ke GNI yang lokasinya tak terlalu jauh. Selain itu Anda juga bisa memilih KRL atau Commuter Line dengan memilih jurusan Stasiun Gondangdia.

Dari Stasiun Gondangdia, lanjutkan perjalanan dengan Bus Kopaja nomor P20 jurusan Pasar Senen. Setelah itu turun di jembatan penyebrangan Stasiun Gambir dan Anda sudah sampai di GNI. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengakses GNI melalui Google Maps atau aplikasi penunjuk jalan lainnya.

Alamat Dan Kontak Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia ini berada di Jalan Medan Merdeka. Atau lebih tepatnya beralamat lengkap di alan Medan Merdeka Timur No. 14, Gambir, Jakarta Pusat. Kontak telepon yang bisa dihubungi (021)34833954 atau melalui email [email protected]. Dan media sosial resmi seperti Instagram @galerinasional dan Twitter @galerinasional_. Kunjungi juga Youtube GNI.

Tips Berkunjung ke Galeri Nasional Indonesia (GNI)

Tips Berkunjung ke Galeri Nasional Indonesia (GNI)

Galeri Nasional Indonesia (GNI) merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta seni dan budaya. Jika Anda berencana untuk mengunjungi GNI, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu menjadikan kunjungan Anda lebih menyenangkan dan bermakna:

  1. Rencanakan Kunjungan Anda Sebelum mengunjungi GNI, ada baiknya Anda merencanakan kunjungan Anda terlebih dahulu. Cek jadwal operasional GNI dan pastikan Anda datang pada hari dan jam yang tepat. Periksa juga acara atau pameran khusus yang sedang berlangsung di GNI agar Anda dapat mengatur waktu kunjungan dengan baik.
  2. Datang Pada Hari Kerja Jika memungkinkan, kunjungilah GNI pada hari kerja atau di luar hari libur nasional. Pada hari-hari tersebut, biasanya GNI lebih sepi pengunjung, sehingga Anda dapat menikmati karya seni dengan lebih tenang dan nyaman.
  3. Kenakan Pakaian yang Nyaman Kenyamanan adalah hal penting saat mengunjungi GNI. Pilihlah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas berjalan-jalan dan melihat-lihat karya seni. Hindari penggunaan pakaian yang terlalu terbuka atau membatasi gerakan Anda.
  4. Patuhi Aturan dan Etika Selama berada di GNI, patuhi aturan dan etika yang berlaku. Jaga kebersihan dan keindahan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Hindari menyentuh atau mengganggu karya seni yang dipajang. Gunakan kamera atau ponsel Anda dengan bijak dan perhatikan peraturan pengambilan gambar yang berlaku.
  5. Manfaatkan Fasilitas yang Ada GNI menyediakan fasilitas seperti perpustakaan, ruang seminar, dan area istirahat yang nyaman. Manfaatkan fasilitas ini untuk memperkaya pengetahuan Anda tentang seni dan budaya. Jika diperlukan, tanyakan kepada petugas GNI untuk informasi lebih lanjut tentang fasilitas yang tersedia.
  6. Ikuti Acara atau Tur Panduan GNI sering mengadakan acara atau tur panduan yang dapat menambah pengalaman Anda dalam memahami karya seni. Periksa jadwal acara atau tur panduan yang tersedia dan ikuti jika Anda tertarik. Hal ini dapat memberikan wawasan lebih dalam tentang seni dan konteksnya.
  7. Berinteraksi dengan Staf atau Seniman Jangan ragu untuk berinteraksi dengan staf GNI atau bahkan seniman yang ada di tempat. Mereka dapat memberikan penjelasan lebih lanjut tentang karya seni yang dipajang dan memberikan perspektif yang menarik. Jika ada kesempatan, ajukan pertanyaan atau berdiskusi untuk memperkaya pemahaman Anda.
  8. Beli Souvenir atau Karya Seni Di GNI, Anda juga dapat membeli souvenir atau karya seni yang tersedia di toko atau galeri yang ada. Ini adalah cara yang baik untuk mendukung pengembangan seni dan budaya serta membawa pulang kenang-kenangan yang unik.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kunjungan Anda ke Galeri Nasional Indonesia akan menjadi pengalaman yang lebih berarti dan memuaskan. Nikmati keindahan seni dan budaya yang ditawarkan GNI serta jadikan kunjungan Anda sebagai kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengapresiasi karya seni Indonesia.

Sekian beberapa informasi penting mengenai harga tiket masuk Galeri Nasional Indonesia beserta jam operasional dan fasilitas yang ditawarkan. Jika Anda ingin liburan sambil menambah wawasan kesenian, GNI bisa menjadi pilihan yang ideal. GNI juga bisa menjadi sarana untuk Anda memperkenalkan kesenian kepada anak-anak atau siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×