Harga Tiket Masuk Gunung Bromo Terbaru Juli 2022

  • Bagikan

Gunung Bromo, HTM :  Rp 29.000 – Rp 320.000, Jam Buka : 24 jam, Lokasi :Area Gunung Bromo,Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur, Maps : Klik Disini, Telepon : -.

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo Terbaru – Liburan merupakan suatu moment yang selalu di tunggu-tungguh oleh kebanyakan orang. Namun liburan tidak lah menyenangkan ketika hanya berdiam diri dirumah. Bagi kebanyakan orang liburan paling menyenangkan adalah mengunjungi tempat-tempat wisata alam.

Yang mempunyai udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Salah satu temapat wisata yang mempunyai pemandangan yang eksotis ini ini yaitu Wisata Gunung Bromo yang ada di Indonesia.

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo

Sekilas

Wisata Gunung Bromo ini merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal atau pun sampai internasional. Dengan pemandangan yang sangat indah di tambah udara yang sejuk dan masih alami ini banyak menarik perhatian banyak wisatawan. Yang ingin berexplorasi di gunung bromo ini terlebih lagi dengan Harga Tiket Wisata Gunung Bromo Terbaru Murah saat ini.

Gunung Bromo sendiri merupakan gunung aktif yang berada di kabupaten Prombolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Tengger Semeru.

Sejarah

Bagi Masyarakat Tengger, Gunung Bromo dipercaya sebagai Gunung Suci dan Setahun sekali penduduk setempat mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasado. Tempat Upacara ini biasanya diadakan di sebuah pura yang berada di bawah kaki gunung dan dalanjutkan ke puncak Promo. Biasanya upacar ini diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 bulan kesepuluh penanggalan jawa.

Sejarah Gunung Bromo

Untuk Perjalanan ke bromo akan menghabisakn waktu yang sangat lama. Terlebih lagi untuk anda yang ingin menikmati pemandangan sunrise di puncak pendakian maka di sarankan untuk berangakt pada malam hari. Agar tidak telat untuk menikmati pemandangan sunrise di puncak pendakian di wisata gunung bromo ini.

Perjalanan untuk ke puncak pendakian pun tidak lah mudah dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok. Dan lagi posisi jalan yang sangat menanjak, jadi untuk anda yang mengendarai motor wajib dengan posisi gear di satu.

Baca : Harga Tiket Masuk Cimory Dairyland Prigen

Suku Tengger

Seperti pada daerah lainnya tentu juga suku nya berbeda, seperti hal nya di sekitaran Gunung Bromo. Suku asli yang tinggal di kaki gunu ini yaitu Suku Tengger. Suku ini bernama Suku Tengger bukan tanpa alasan.

Pada jaman kerajaan dulu kawasan di Gunung Bromo ini dikuasai oleh Raja Majapahit. Raja ini memiliki seorang putri yang bernama Rara Anteng dan menikah dengan seorang keturunan Brahmana yang bernama Joko Seger.

Setelah itu desa yang berada di kawasan Gunung Bromo tersebut di pimpin oleh pasangan tersebut. Nah asal usul nama suku Tengger ini berasal dari kata An Teng dan Se Ger.

Sejarah Lestusan

Sejarah mencatat, Baan Geologi telah mencatat dan menganalisis bahwa letusan aktivitas gunung ini dari 1804. Dari tahun ini, gunung bromo telah mengalami kurang lebih 46 kali letusan.

Terjadi erupsi gunung ini tidak bisa di tebak kapan terjadinya, akdang memiliki fase pendek kadang juga fasenya panjang. Sedangkan untuk fase terpendek letusan gunung Bromo ini hanya terjadi beberapa hari saja. Fase terpanjang nya bisa terjadi hingga satu bulan lamanya.

Masa istirahat gunung ini juga termasuk cukup lama bisa sampai 1 tahun dan bahkan bisa tertidur hingga 16 tahun.

Terbentuknya Kawah

Pada mulanya terbentuknya kawah ini berasal dari gunung yang memiliki ketinggian hingga 4.000mdpl. Terjadilah letusan yang sangat dahyat hingga menciptakan sebuah kaldera yang besar dengan diameter mencapai 9 km.

Seiring waktu dan bertambahnya usia bumi, material-material vulkanik akibat letusan gunung ini berubah menjadi lautan pasir yang terkenal sekarang ini di Gunung Bromo.

Alamat

Gunung Bromo ini berada di kawasan Gunung Bromo, Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur. Gunung ini membentang mencakup 4 kabupaten maka dari itu ada empat rute yang bisa kamu gunakan untuk sampai ke Bromo.

Memiliki tingginya mencapai 4.000 mdpl sehingga Gunung Tengger ini menjadi salah satu gunung tertinggi di Indoensia pada masanya.

Atraksi & Wahana Gunung Bromo

Atraksi & Wahana Gunung Bromo

Mengnjungi Gunung bromo tidak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke beberapa tempat yang terkenal di tempat wisata ini. berikut beberapa tempat yang harus anda kunjungi ketika berada di area Gunung Bromo sebagai berikut.

Sisi Gunung Bromo

Tempat favorit wisatawan saat berkunjung ke Gunung Bromo ini yaitu berada di sisi Gunung Bromo. Di sini wisatwan bisa melihat keindahan matahari terbit dan tenggelam.

Kawah

Tempat selanjutnya yang wajib di kunjungi oleh wisatawan adalah Kawah Bromo. Untuk ke tempat ini bisa di gapai dengan sangat mudah karena tersedia anak tangga lengkap dengan pegangan besi di sisi kanan dan kirinya.

Pasir Berbisik

Nama pasir berbisik ini asal usul nya karena dahulu ini adalah sebuah padang pasir yang sepi sekali. Ini di karenakan hembusan angin bersuara seperti berbisik-bisik. Karena hal inilah padang pasir ini di sebut sebagai pasir berbisik.

Bukit Teletubies

Bukit ini bentuk nya bergelombang layaknya bukit yang ada di serial tv anak-anak teletabis. Inilah yang membuat bukit ini di beri nama bukit teletabis.

Tempat ini menjadi tempat yang paling sering di kunjungi oleh para wisatawan. Disini para wisatwan bisa berfoto dengan berlatar belakang bukit karst yang menambah eksotisme Bukit Teletubies.

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo Terbaru

Untuk anda yang ingi pergi dan ber ekplor ke tempat wisata Gunung Bromo ini, Berikut Harga Tiket Masuk Wisata Gunung bromo Terbaru dan Update yang bisa anda lihat di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo Terbaru

Wisatawan Hari Biasa Hari Libur
Lokal Rp 29.000,00 Rp 34.000,00
Mancanegara Rp 220.000,00 Rp 320.000,00

Harga Tiket Masuk Kendaraan Ke Gunung Bromo

Jenis Kendaraan Harga Tiket
Kuda Rp 1.500,00
Sepeda Rp 2.000,00
Roda dua Rp 5.000,00
Roda empat Rp 10.000,00

Disclaimer : harga tiket masuk gunung bromo diatas bisa berubawah sewaktu-waktu. perubahan harga tiket masuk biasanya terjadi tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu dan sesuai dengan kebijakan pihak pengelola kawasan wisata Gunung Bromo.

Baca : Harga Tiket Masuk Jatim Park 3 Terbaru

Tour Guide di Wisata Gunung Bromo

bagi anda yang baru pertama kali ke wisata bromo ini pasti akan kaget ketika sudah sampai di lautan pasir di waktu masih petang, karena kondisi di lautan pasir ketika malam hari sangat lah gelap dan tidak ada penerangan apapun kecuali lampu motor anda.

Jalan di lautan pasir pun tidak akan terlihat dan alhasil anda akan seperti keadaan seperti tersesat dan bingung akan arah.maka dari itu , apabila anda yang baru pertama kali ke bromo dan berangkat pada malam hari, sangat disarankan untuk mengajak teman yang sudah hafal jalan di bromo sebagai tour guide anda.

Untuk anda yang tidak punya teman yang hafal jalanan di wisata bromo, tidak usah kuatir karena di lautan pasir pada saat malam hari pasti ada seorang tour guide yang menunggu di sana. Tour Guide ini tidak lah gratis, anda harus membayar sebesar Rp. 50.000 per orang untuk bisa sampai di dataran dan Rp. 75.000 untuk bisa sampai di puncak pendakian. Namun bila anda banyak teman, anda juga bisa melakukan negosiasi untuk jumlah biaya yang di keluarkan untuk sampai di tempat yang anda inginkan.

Persewaan Mobil Jeep Gunung Bromo

Persewaan Mobil Jeep Gunung Bromo

Di Wisata Gunung bromo ini juga ada penyewaan Mobil Jeep, bagi anda yang tidak bawah motor bisa menyewa Mobil Jeep ini. Untuk Biaya Harga Penyewaan Mobil Jeep wisata Gunung bromo ini Cukup Murah yaitu Rp. 250.000 Per Jeep. Jadi dengan menyewa mobil Jeep ini anda bisa langsung menuju tempat tujuan anda yang inginkan tanpa harus kebingungan mencari jalan ketiak berada di lautan pasir saat petang hari.

Tempat penyewaan Mobil Jeep Ini juga mudah di temukan karen setiap beberapa meter di jalan menuju lautan pasir ini pasti banyak terdapat orang yang menyewakan mobil Jeep nya. Dengan menyewa jeep anda akan diantar sampai ke puncak untuk melihat matahari terbit dan juga berkeliling di lautan pasir gunung.

Tidak hanya itu anda juga bisa juga berhenti untuk berfoto sebentar ketika menemukan spot foto yang bagus, jadi menyewa jeep di gunung bromo ini cukup tidak merugikan bahkan bisa memudahkan anda ketika berkunjung ke Gunung Bromo. Dengan kondisi jalan dan perjalanan yang lumayan sulit tersebut, semuanya akan terbayar ketika anda sudah samapi ke puncak pendakian di Wisata Gunung Bromo.

Puncak Pendakian Gunung Bromo ini memang sudah menjadi daya tarik tersendiri, selain pemandangan alamnya yang sangat indah dan lagi udaranya yang sangat sejuk semuanya akan membuat anda puas dan lupa akan sulit nya perjalanan yang anda alami, terlebih lagi ketika anda sampai puncak pendakian ketika sunrise akan menjadi moment yang sangat tidak terlupakan.

Jika anda merupakan wisatawan luar daerah, maka anda juga bisa menyewa jasa paket Tour bromo yang sudah ada. Banyak sekali masyarakat setempat menyediakan layanan tersebut, mulai dari biaya masuk gunung bromo, penginapan di bromo yang sudah dimasukkan ke dalam satu paket Harga Wisata Gunung Bromo.

Penginapan Murah di Gunung Bromo

Berkunjung ke Gunung Bromo kurang puas rasanya jika pulang pergi 1 hari. Rekomendasi liburan lebih puas ke Gunung Bromo ini minimal 2 hari 1 malam. Dengan lama liburan tersebut wisatawan bisa bersantai sambil menikmati matahari terbit dan tenggelam. Jiwa wisatawan bingung mau bermalam di mana, berikut beberapa rekomendasi tempat menginap dengan harga yang sangat terjangkau sebagai berikut :

OYO 1048 Rahayu

  • Jl. Raya Bromo nomer 0, Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur
  • Rp 289.051,00/ malam

Tengger Indah Homestay

  • Jl. Raya Bromo, Cemorolawang, Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur/ 0852 3295 6606
  • Rp 271.730,00/ malam

Yoschi’s Hotel

  • Jl. Raya Bromo, Ponjol, Wonokerto, Sukapura, Probolinggi, Jawa Timur/ 0822 5544 6000
  • Rp 198.000,00/ malam

Cemara Indah Hotel Probolinggo

  • Jl. Cemara Lawang, Cemorolawang, Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur/ 0335 5410 019
  • Rp 446.900,00/ malam

Budaya Sekitar

Budaya Gunung Bromo

Suku Tengger yang merupakan penduduk asli kawasin ini masih memegang teguh ajaran-ajaran hindu. Suku Tengger ini mempercayai bahwa gunung tersebut atau di kenal dengan Gunung Brahma ini merupakan Gunung Suci.

Pada hari tertentu Suku tengger ini akan mengadakan upacara adat atau juga di sebut Upacara kasada (kasado) yang di lakukan di pura yang terletak di kaki gunung. Setelah melakukan ritual di Pura Poten, masyarakat Suku Tengger ini melanjutkan prosesi upacara di puncak gunung.

Baca : Harga Tiket Masuk Kawah Ijen

Fasilitas

Wisata Gunung Bromo yang merupakan tempat wisata yang paling banyak di minati di jawa timur ini tentunya memiliki fasilitas yang lengkap. Dengan adanya fasilitas ini bisa membuat para wisatawan nyaman berkunjung ke Gunung Bromo. Fasilitas tersebut yaitu sepert :

  • Mushola
  • Kamar Mandi
  • Sewa Kuda
  • Sewa Jeep
  • Pos Keamanan

Demikian dengan info Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo Terbaru kali ini. Semoga dengan adanya Daftar Harga Tiket Masuk Gunung Bromo Ini bisa membantu dan bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin pergi ke tempat wisata gunung bromo. Jangan lupa untuk selalu berkunjung kesini untuk bisa mendapatkan info Harga Tiket terbaru lainnya.

Tanggapan:

0/5. dari 0 Pembaca

Belum ada tanggapan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: