Harga Tiket Masuk Gunung Bromo Terbaru Desember 2023

Gunung Bromo, HTM :  Rp 29.000 – Rp 320.000, Jam Buka : 24 jam, Lokasi :Area Gunung Bromo,Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur, Telepon : +62 896-6471-1900.

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo Terbaru – Liburan merupakan suatu moment yang selalu di tunggu-tungguh oleh kebanyakan orang. Namun liburan tidak lah menyenangkan ketika hanya berdiam diri dirumah. Bagi kebanyakan orang liburan paling menyenangkan adalah mengunjungi tempat-tempat wisata alam.

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo

Yang mempunyai udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Salah satu temapat wisata yang mempunyai pemandangan yang eksotis ini ini yaitu Wisata Gunung Bromo yang ada di Indonesia.

Sekilas Tentang Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo ini merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal atau pun sampai internasional. Dengan pemandangan yang sangat indah di tambah udara yang sejuk dan masih alami ini banyak menarik perhatian banyak wisatawan. Yang ingin berexplorasi di gunung bromo ini terlebih lagi dengan Harga Tiket Wisata Gunung Bromo Terbaru Murah saat ini.

Gunung Bromo sendiri merupakan gunung aktif yang berada di kabupaten Prombolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Tengger Semeru.

Sejarah

Bagi Masyarakat Tengger, Gunung Bromo dipercaya sebagai Gunung Suci dan Setahun sekali penduduk setempat mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasado. Tempat Upacara ini biasanya diadakan di sebuah pura yang berada di bawah kaki gunung dan dalanjutkan ke puncak Promo. Biasanya upacar ini diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 bulan kesepuluh penanggalan jawa.

Sejarah Gunung Bromo

Untuk Perjalanan ke bromo akan menghabisakn waktu yang sangat lama. Terlebih lagi untuk anda yang ingin menikmati pemandangan sunrise di puncak pendakian maka di sarankan untuk berangakt pada malam hari. Agar tidak telat untuk menikmati pemandangan sunrise di puncak pendakian di wisata gunung bromo ini.

Perjalanan untuk ke puncak pendakian pun tidak lah mudah dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok. Dan lagi posisi jalan yang sangat menanjak, jadi untuk anda yang mengendarai motor wajib dengan posisi gear di satu.

Suku Tengger

Seperti pada daerah lainnya tentu juga suku nya berbeda, seperti hal nya di sekitaran Gunung Bromo. Suku asli yang tinggal di kaki gunung ini yaitu Suku Tengger. Suku ini bernama Suku Tengger bukan tanpa alasan.

Pada jaman kerajaan dulu kawasan di Gunung Bromo ini dikuasai oleh Raja Majapahit. Raja ini memiliki seorang putri yang bernama Rara Anteng dan menikah dengan seorang keturunan Brahmana yang bernama Joko Seger.

Setelah itu desa yang berada di kawasan Gunung Bromo tersebut di pimpin oleh pasangan tersebut. Nah asal usul nama suku Tengger ini berasal dari kata An Teng dan Se Ger.

Sejarah Letusan

Sejarah mencatat, Badan Geologi telah mencatat dan menganalisis bahwa letusan aktivitas gunung ini dari 1804. Dari tahun ini, gunung bromo telah mengalami kurang lebih 46 kali letusan.

Terjadi erupsi gunung ini tidak bisa di tebak kapan terjadinya, akdang memiliki fase pendek kadang juga fasenya panjang. Sedangkan untuk fase terpendek letusan gunung Bromo ini hanya terjadi beberapa hari saja. Fase terpanjang nya bisa terjadi hingga satu bulan lamanya.

Masa istirahat gunung ini juga termasuk cukup lama bisa sampai 1 tahun dan bahkan bisa tertidur hingga 16 tahun.

Terbentuknya Kawah

Pada mulanya terbentuknya kawah ini berasal dari gunung yang memiliki ketinggian hingga 4.000mdpl. Terjadilah letusan yang sangat dahsyat hingga menciptakan sebuah kaldera yang besar dengan diameter mencapai 9 km.

Seiring waktu dan bertambahnya usia bumi, material-material vulkanik akibat letusan gunung ini berubah menjadi lautan pasir yang terkenal sekarang ini di Gunung Bromo.

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo Terbaru

Untuk anda yang ingi pergi dan ber eksplor ke tempat wisata Gunung Bromo ini, Berikut Harga Tiket Masuk Wisata Gunung bromo Terbaru dan Update yang bisa anda lihat di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo Terbaru

WisatawanHari BiasaHari Libur
LokalRp 29.000,00Rp 34.000,00
MancanegaraRp 220.000,00Rp 320.000,00

Harga Tiket Masuk Kendaraan Ke Gunung Bromo

Jenis KendaraanHarga Tiket
KudaRp 1.500,00
SepedaRp 2.000,00
Roda duaRp 5.000,00
Roda empatRp 10.000,00

Harga Tiket Masuk Kawasan Gunung Semeru

WisatawanHari BiasaHari Libur
LokalRp 19.000,00Rp 24.000,00
MancanegaraRp 210.000,00Rp 310.000,00

Disclaimer : harga tiket masuk gunung bromo diatas bisa berubawah sewaktu-waktu. perubahan harga tiket masuk biasanya terjadi tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu dan sesuai dengan kebijakan pihak pengelola kawasan wisata Gunung Bromo.

Keindahan Gunung Bromo Sampai Mancanegara

Gunung Bromo, sebuah gunung eksotis yang terletak di provinsi Jawa Timur, memiliki pesona yang memikat hati wisatawan dari berbagai belahan dunia. Dengan keunikannya yang luar biasa, gunung ini berhasil menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara. Meskipun terlihat tandus dengan pasir hitam yang menyelimutinya, Gunung Bromo memiliki beragam tempat wisata yang menakjubkan dan menyajikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Pasir Berbisik Yang Misterius

Pasir Berbisik Yang Misterius

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di sekitar Gunung Bromo adalah Pasir Berbisik. Terletak di sebelah timur laut gunung, tempat ini dijuluki Pasir Berbisik karena pasirnya yang mengeluarkan suara “isik isik” ketika tertiup angin. Fenomena alam yang unik ini menciptakan suasana yang misterius dan menarik minat wisatawan. Untuk mencapai lokasi ini, wisatawan dapat menggunakan mobil jip, motor trail, atau berkuda. Jangan lewatkan kesempatan untuk berhenti sejenak, menikmati pemandangan yang menakjubkan, dan merasakan keunikan pasir yang bersuara tersebut.

Melihat Sunrise Di Gunung Bromo

Melihat Sunrise Di Gunung Bromo

Salah satu momen yang paling istimewa saat mengunjungi Gunung Bromo adalah menyaksikan matahari terbit di cakrawala. Ada beberapa spot terbaik yang memungkinkan wisatawan menikmati keindahan sunrise yang memukau. Spot Pananjakan menjadi favorit, di mana wisatawan dapat menaiki anak tangga untuk mencapai lokasi ini. Terlepas dari angin yang kencang, pemandangan matahari terbit yang spektakuler dan panorama Kaldera Tengger akan memanjakan mata Anda. Selain itu, terdapat juga spot Mentigen dan Bukit Cinta yang menawarkan pemandangan luar biasa dengan latar belakang Gunung Bromo dan Kaldera Tengger.

Bukit Teletubbies & Padang Savana Yang Menyegarkan

Bukit Teletubbies & Padang Savana Yang Menyegarkan

Bagi Anda yang mencari suasana yang berbeda di sekitar Gunung Bromo, jangan lewatkan Bukit Teletubbies dan Padang Savana. Bukit Teletubbies menawarkan pemandangan bukit yang hijau dan indah, yang mirip dengan lanskap dalam serial televisi Teletubbies. Di sini, Anda dapat menghabiskan waktu dengan berfoto dan menikmati suasana alam yang menenangkan. Sementara itu, Padang Savana merupakan kawasan yang dikelilingi oleh tebing tinggi dan ditumbuhi oleh rumput hijau yang segar. Pemandangan ini memberikan kesan seolah berada di Selandia Baru. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi padang rumput yang menyejukkan dan mengabadikan momen yang indah di kedua tempat ini.

Mengunjungi Pura Luhur Poten Yang Suci

Mengunjungi Pura Luhur Poten Yang Suci

Gunung Bromo memiliki nilai keagamaan yang kuat, terutama bagi masyarakat Suku Tengger yang menghuni daerah sekitarnya. Di kaki gunung, terdapat Pura Luhur Poten yang dianggap sebagai tempat suci. Pura ini masih aktif digunakan untuk beribadah dan menjadi pusat kegiatan keagamaan. Saat Hari Raya Nyepi, pura ini ramai dikunjungi oleh umat Hindu yang melakukan ibadah Nyepi. Selain itu, setiap bulan purnama pada bulan Kasada dalam penanggalan Jawa, diadakan upacara Kasada yang mempertahankan kekayaan tradisi dan budaya daerah ini. Keberadaan Pura Luhur Poten menambah kesakralan Gunung Bromo dan memberikan pengalaman spiritual yang berbeda bagi pengunjung.

Dengan keindahan Gunung Bromo yang terpancar hingga mancanegara, tak heran jika tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata yang paling diminati di Indonesia. Keunikan Pasir Berbisik, pesona matahari terbit, keindahan alam di Bukit Teletubbies dan Padang Savana, serta keberadaan Pura Luhur Poten semuanya menciptakan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Gunung Bromo ini dan rasakan keajaiban alamnya yang menakjubkan.

Budaya Sekitar

Budaya Gunung Bromo

Suku Tengger yang merupakan penduduk asli kawasin ini masih memegang teguh ajaran-ajaran hindu. Suku Tengger ini mempercayai bahwa gunung tersebut atau di kenal dengan Gunung Brahma ini merupakan Gunung Suci.

Pada hari tertentu Suku tengger ini akan mengadakan upacara adat atau juga di sebut Upacara kasada (kasado) yang di lakukan di pura yang terletak di kaki gunung. Setelah melakukan ritual di Pura Poten, masyarakat Suku Tengger ini melanjutkan prosesi upacara di puncak gunung.

Tour Guide di Wisata Gunung Bromo

bagi anda yang baru pertama kali ke wisata bromo ini pasti akan kaget ketika sudah sampai di lautan pasir di waktu masih petang, karena kondisi di lautan pasir ketika malam hari sangat lah gelap dan tidak ada penerangan apapun kecuali lampu motor anda.

Jalan di lautan pasir pun tidak akan terlihat dan alhasil anda akan seperti keadaan seperti tersesat dan bingung akan arah.maka dari itu , apabila anda yang baru pertama kali ke bromo dan berangkat pada malam hari, sangat disarankan untuk mengajak teman yang sudah hafal jalan di bromo sebagai tour guide anda.

Untuk anda yang tidak punya teman yang hafal jalanan di wisata bromo, tidak usah kuatir karena di lautan pasir pada saat malam hari pasti ada seorang tour guide yang menunggu di sana. Tour Guide ini tidak lah gratis, anda harus membayar sebesar Rp. 50.000 per orang untuk bisa sampai di dataran dan Rp. 75.000 untuk bisa sampai di puncak pendakian. Namun bila anda banyak teman, anda juga bisa melakukan negosiasi untuk jumlah biaya yang di keluarkan untuk sampai di tempat yang anda inginkan.

Persewaan Mobil Jeep Gunung Bromo

Persewaan Mobil Jeep Gunung Bromo

Di Wisata Gunung bromo ini juga ada penyewaan Mobil Jeep, bagi anda yang tidak bawah motor bisa menyewa Mobil Jeep ini. Untuk Biaya Harga Penyewaan Mobil Jeep wisata Gunung bromo ini Cukup Murah yaitu Rp. 250.000 Per Jeep. Jadi dengan menyewa mobil Jeep ini anda bisa langsung menuju tempat tujuan anda yang inginkan tanpa harus kebingungan mencari jalan ketiak berada di lautan pasir saat petang hari.

Tempat penyewaan Mobil Jeep Ini juga mudah di temukan karen setiap beberapa meter di jalan menuju lautan pasir ini pasti banyak terdapat orang yang menyewakan mobil Jeep nya. Dengan menyewa jeep anda akan diantar sampai ke puncak untuk melihat matahari terbit dan juga berkeliling di lautan pasir gunung.

Tidak hanya itu anda juga bisa juga berhenti untuk berfoto sebentar ketika menemukan spot foto yang bagus, jadi menyewa jeep di gunung bromo ini cukup tidak merugikan bahkan bisa memudahkan anda ketika berkunjung ke Gunung Bromo. Dengan kondisi jalan dan perjalanan yang lumayan sulit tersebut, semuanya akan terbayar ketika anda sudah samapi ke puncak pendakian di Wisata Gunung Bromo.

Puncak Pendakian Gunung Bromo ini memang sudah menjadi daya tarik tersendiri, selain pemandangan alamnya yang sangat indah dan lagi udaranya yang sangat sejuk semuanya akan membuat anda puas dan lupa akan sulit nya perjalanan yang anda alami, terlebih lagi ketika anda sampai puncak pendakian ketika sunrise akan menjadi moment yang sangat tidak terlupakan.

Jika anda merupakan wisatawan luar daerah, maka anda juga bisa menyewa jasa paket Tour bromo yang sudah ada. Banyak sekali masyarakat setempat menyediakan layanan tersebut, mulai dari biaya masuk gunung bromo, penginapan di bromo yang sudah dimasukkan ke dalam satu paket Harga Wisata Gunung Bromo.

Fasilitas

Gunung Bromo, salah satu tempat wisata yang paling banyak diminati di Jawa Timur, tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang memukau, tetapi juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan para wisatawan. Dengan adanya fasilitas ini, para pengunjung dapat menikmati pengalaman wisata yang menyenangkan dan lancar. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan Gunung Bromo:

  1. Mushola : Mengingat pentingnya sarana ibadah, kawasan Gunung Bromo dilengkapi dengan mushola yang memadai. Wisatawan yang ingin beribadah dapat menggunakan mushola ini untuk melaksanakan shalat atau berdoa. Dengan adanya fasilitas mushola, para wisatawan dapat menjalankan kewajiban agama dengan tenang dan nyaman di tengah perjalanan wisata mereka.
  2. Kamar Mandi : Fasilitas kamar mandi yang tersedia di kawasan Gunung Bromo juga sangat diperlukan bagi para wisatawan. Setelah perjalanan yang melelahkan atau sebelum memulai petualangan di area Gunung Bromo, pengunjung dapat menggunakan kamar mandi untuk membersihkan diri dan segar kembali. Kamar mandi umum tersedia di beberapa titik strategis di kawasan Gunung Bromo untuk memenuhi kebutuhan dasar pengunjung.
  3. Sewa Kuda : Salah satu daya tarik utama Gunung Bromo adalah menunggangi kuda untuk menjelajahi kawasan tersebut. Bagi yang ingin merasakan sensasi naik kuda, tersedia fasilitas sewa kuda di sekitar area Gunung Bromo. Wisatawan dapat menyewa kuda dan didampingi oleh pemandu untuk mengelilingi kawasan Gunung Bromo dengan cara yang unik dan menyenangkan. Ini adalah pengalaman yang tak terlupakan dan membuat liburan Anda di Gunung Bromo menjadi lebih istimewa.
  4. Sewa Jeep : Untuk menjangkau area-area yang lebih luas dan menghadapi medan yang sulit di sekitar Gunung Bromo, tersedia fasilitas sewa jeep. Jeep yang kuat dan andal akan membawa Anda melalui jalur-jalur berbatu dan berdebu, mengantar Anda ke tempat-tempat menakjubkan seperti Bukit Penanjakan dan Kawah Bromo. Sewa jeep ini memberikan fleksibilitas dan kenyamanan dalam menjelajahi Gunung Bromo, terutama bagi yang ingin menghemat waktu dan tenaga.
  5. Pos Keamanan : Kawasan Gunung Bromo juga dilengkapi dengan pos keamanan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan. Pos-pos keamanan ini bertujuan untuk menjaga ketertiban dan memberikan bantuan jika diperlukan. Wisatawan dapat merasa lebih aman dan terlindungi selama kunjungan mereka di Gunung Bromo.

Dengan adanya fasilitas-fasilitas ini, para wisatawan dapat menjalani perjalanan wisata mereka dengan nyaman dan tanpa khawatir. Namun, penting untuk selalu menjaga kebersihan dan menjaga alam sekitar saat berkunjung ke Gunung Bromo. Mari kita jaga keindahan alam ini agar tetap lestari dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Alamat Rute Ke Gunung Bromo

Gunung Bromo, dengan keeksotisannya yang memikat, terletak di empat kabupaten di Jawa Timur, yaitu Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Probolinggo. Mayoritas wisatawan memilih Malang sebagai titik awal perjalanan mereka ke Gunung Bromo. Dari Malang, jaraknya sekitar 44 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit perjalanan dengan kendaraan.

Bagi wisatawan yang memulai perjalanan dari Probolinggo, jaraknya ke pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sekitar 48 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit perjalanan dengan kendaraan. Sementara itu, bagi mereka yang memilih berangkat dari Lumajang, jaraknya sekitar 53 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Terakhir, bagi wisatawan yang memilih berangkat dari Pasuruan, jaraknya sekitar 74 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam dengan kendaraan.

Perjalanan menuju Gunung Bromo dari berbagai kabupaten ini menawarkan pemandangan yang memukau sepanjang perjalanan. Wisatawan akan melintasi pedesaan yang indah, perkebunan, dan pemandangan alam yang menakjubkan. Seiring perjalanan, Anda akan merasakan atmosfer yang semakin sejuk dan kesejukan udara pegunungan.

Penginapan Murah di Gunung Bromo

Berkunjung ke Gunung Bromo kurang puas rasanya jika pulang pergi 1 hari. Rekomendasi liburan lebih puas ke Gunung Bromo ini minimal 2 hari 1 malam. Dengan lama liburan tersebut wisatawan bisa bersantai sambil menikmati matahari terbit dan tenggelam. Jiwa wisatawan bingung mau bermalam di mana, berikut beberapa rekomendasi tempat menginap dengan harga yang sangat terjangkau sebagai berikut :

OYO 1048 Rahayu

  • Jl. Raya Bromo nomer 0, Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur
  • Rp 289.051,00/ malam

Tengger Indah Homestay

  • Jl. Raya Bromo, Cemorolawang, Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur/ 0852 3295 6606
  • Rp 271.730,00/ malam

Yoschi’s Hotel

  • Jl. Raya Bromo, Ponjol, Wonokerto, Sukapura, Probolinggi, Jawa Timur/ 0822 5544 6000
  • Rp 198.000,00/ malam

Cemara Indah Hotel Probolinggo

  • Jl. Cemara Lawang, Cemorolawang, Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur/ 0335 5410 019
  • Rp 446.900,00/ malam

Tips Liburan yang Tak Terlupakan ke Gunung Bromo

Tips Liburan yang Tak Terlupakan ke Gunung Bromo

Gunung Bromo, salah satu destinasi wisata paling ikonik di Indonesia, menawarkan pengalaman liburan yang luar biasa. Dengan pemandangan alam yang memukau dan suasana yang magis, Gunung Bromo telah menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika Anda berencana untuk mengunjungi Gunung Bromo, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda merencanakan liburan yang tak terlupakan:

  1. Periksa Cuaca dan Musim : Sebelum merencanakan perjalanan ke Gunung Bromo, penting untuk memeriksa perkiraan cuaca dan memahami musim yang sedang berlangsung. Beberapa musim dapat membuat kunjungan Anda lebih menyenangkan, seperti musim kemarau yang umumnya cerah dan lebih sedikit awan. Namun, musim hujan juga memiliki pesonanya sendiri, dengan kabut yang misterius menambahkan suasana magis di sekitar Gunung Bromo. Sesuaikan rencana perjalanan Anda dengan kondisi cuaca untuk mendapatkan pengalaman terbaik.
  2. Persiapan Fisik dan Kesehatan : Gunung Bromo terletak di ketinggian sekitar 2.770 meter di atas permukaan laut. Persiapkan diri Anda secara fisik dengan menjaga kebugaran tubuh dan menjalani latihan ringan sebelum perjalanan. Selain itu, pastikan untuk membawa pakaian yang sesuai dan peralatan pelindung seperti jaket hangat, topi, sarung tangan, dan sepatu yang nyaman. Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan pribadi dan minum air yang cukup selama perjalanan.
  3. Rencanakan Waktu yang Tepat : Kunjungi Gunung Bromo pada waktu yang tepat untuk menghindari keramaian. Jika memungkinkan, hindari musim liburan atau akhir pekan yang biasanya lebih ramai. Lebih baik memilih hari kerja atau waktu di luar musim liburan untuk menikmati suasana yang lebih tenang dan menikmati pemandangan tanpa terlalu banyak wisatawan di sekitar Anda.
  4. Bangunlah Awal : Satu pengalaman yang tak terlupakan di Gunung Bromo adalah menyaksikan matahari terbit dari Bukit Penanjakan. Untuk menikmati momen ini, Anda perlu bangun sangat awal. Berangkatlah sebelum matahari terbit untuk mencapai puncak Bukit Penanjakan dan menikmati pemandangan spektakuler saat matahari muncul di balik gunung-gunung sekitarnya. Jangan lupa membawa kamera untuk menangkap momen yang magis ini.
  5. Jelajahi dengan Jeep : Agar dapat menjelajahi area Gunung Bromo dengan nyaman, disarankan untuk menyewa jeep. Jeep dapat membawa Anda ke beberapa spot terbaik, seperti Bukit Penanjakan dan Kawah Bromo. Nikmati petualangan seru melintasi pasir lahar dan melihat keindahan alam sekitar dengan menggunakan jasa sewa jeep yang tersedia di area tersebut.
  6. Hargai Alam dan Budaya Lokal : Selama kunjungan Anda ke Gunung Bromo, tetaplah menghargai alam dan budaya lokal. Ikuti peraturan taman nasional, jangan membuang sampah sembarangan, dan hindari merusak atau mengganggu lingkungan sekitar. Hormati juga tradisi dan kepercayaan masyarakat lokal yang menganggap Gunung Bromo sebagai tempat suci.

Dengan mengikuti tips ini, Anda akan dapat merencanakan liburan yang tak terlupakan ke Gunung Bromo. Nikmati keindahan alam yang menakjubkan, rasakan keajaiban alam yang unik, dan ambil kesempatan untuk terhubung dengan keindahan alam yang mempesona ini.

Demikian dengan info Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo Terbaru kali ini. Semoga dengan adanya Daftar Harga Tiket Masuk Gunung Bromo Ini bisa membantu dan bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin pergi ke tempat wisata gunung bromo. Jangan lupa untuk selalu berkunjung kesini untuk bisa mendapatkan info Harga Tiket terbaru lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×