Senin, Februari 26, 2024

Harga Tiket Masuk Gunung Kencana Terbaru Maret 2024

Harga Tiket Masuk Gunung Kencana, HTM : Rp20.000 – Rp25.000, Jam Buka : 24 Jam, Lokasi : Megamendung, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, -, Telepon : -.

Gunung Kencana adalah wisata alam yang berlokasi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Apakah Anda tahu harga tiket masuk Gunung Kencana? Nah, harga tiket tersebut cukup terjangkau bagi Anda yang ingin berkunjung ke wisata alam satu ini. Meskipun tergolong baru, Gunung Kencana sudah banyak peminatnya.

Bagi pendaki pemula, Gunung ini bisa dijadikan sebagai spot hiking yang cocok. Ketinggiannya hanya 2.000 Mdpl dengan rute yang pendek namun tetap menantang dan cukup menguras tenaga. Selain itu, tempat wisata ini juga bisa digunakan untuk berlibur bersama keluarga atau orang-orang terkasih.

Daya Tarik Gunung Kencana

Harga Tiket Masuk Gunung Kencana

Seperti yang diketahui, Bogor terkenal dengan pesona alamnya, apalagi puncaknya. Umumnya, destinasi wisata di Bogor tersebut hampir tidak sepi pengunjung. Salah satu destinasi yang banyak diminati adalah Gunung Kencana. Destinasi ini mampu memanjakan para pengunjung yang menyukai hal-hal menantang yang memicu adrenalin.

Seperti halnya pendaki, karena ketinggian yang dimiliki Gunung ini tidak terlalu tinggi. Cukup ramah untuk para pendaki pemula atau bahkan pendaki yang baru ingin memulai belajar mendaki.

Nah, sebelum masuk ke jalur pendakian, Anda akan disuguhi dengan hamparan perkebunan teh yang luas. Dengan nuansa sejuk dan alami ditambah dengan megahnya gunung yang terlihat. Gunung tersebut adalah Gunung Gede dan Gunung Pangrango yang terlihat dari kejauhan dan sangat gagah.

Selain itu, wilayah kebun teh Gunung Kencana ini digunakan sebagai tempat memicu adrenalin bagi para komunitas bikers. Komunitas bikers tersebut memanfaatkan medan track yang cukup ekstrem di kebun teh ini. Sehingga, ketika hari libur tiba, wilayah ini akan dipadati oleh pengunjung.

Harga Tiket Masuk ke Gunung Kencana

Jika Anda ingin memasuki kawasan Gunung ini, Anda harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk Gunung Kencana adalah sebesar Rp15.000 per orang. Nah, apabila Anda ke sini dengan membawa kendaraan pribadi, maka Anda harus membayar penitipan kendaraan sebesar Rp15.000 juga.

Kendaraan Anda bisa dititipkan di basecamp yang sudah disediakan oleh pengelola wisata ini. Kemudian, apabila Anda ingin melakukan pendakian maka ada tambahan biaya simaksi Gunung Kencana sebesar Rp20.000 per orang. Namun, harga masuk tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai situasi dan kondisi.

Tiket Masuk
Tiket Masuk Telaga WarnaRp25.000
Tiket Masuk Gunung KencanaRp20.000

Jam Buka

Anda dapat mengunjungi tempat ini setiap hari, di jam berapa pun (jam operasionalnya 24 jam). Tetapi akan sangat direkomendasikan jika Anda ke sini saat musim kemarau. Sebab, bisa jadi jalur pendakian yang akan Anda lewati menjadi licin dan bahkan menyulitkan.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Selain menikmati daya tarik yang disuguhkan oleh Gunung Kencana, ada beberapa pilihan aktivitas lain yang dapat Anda lakukan. Nah, apa saja itu? Berikut ulasan singkatnya:

Menikmati Pemandangan Kebun Teh

Menikmati Pemandangan Kebun Teh

Di kaki Gunung Kencana, terdapat kebun teh yang hijau dan luas untuk menyegarkan mata dan pikiran. Pada wilayah kebun teh ini, Anda juga akan melihat gagahnya Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Tentunya, Anda juga dapat berswafoto karena tempatnya yang indah akan membuat foto Anda menjadi lebih epic.

Glamping

Glamping

Selain kebun teh, di kaki Gunung Kencana juga terdapat glamorous camping atau biasa disebut glamping. Di sini, Anda dapat berkemah tanpa direpotkan membawa alat-alat dan bahan makanan. Fasilitas di glamping sendiri juga lengkap dan didukung dengan suasana yang sejuk.

Melewati Tanjakan Sambalado

Tanjakan Sambalado

Jika Anda ke Gunung Kencana untuk mendaki, maka Anda akan melewati tanjakan sambalado. Apa itu tanjakan sambalado? Tanjakan sambalado adalah tangga menanjak yang terbuat dari kayu. Ketika Anda melewati tangga ini, Anda akan merasakan sensasi menyenangkan yang luar biasa.

Menikmati Pemandangan dari Puncak Gunung Kencana

Menikmati Pemandangan dari Puncak Gunung Kencana

Dengan ketinggian yang hanya berkisar 2.000an mdpl, Gunung Kencana juga tak kalah menawarkan keindahan alamnya. Dari puncak Gunung ini, Anda akan dapat melihat dari kejauhan gagahnya Gunung Gede dan Gunung Pangrango dengan cukup jelas. Tentunya hal ini terbayar dengan lelahnya mendaki gunung ini.

Fasilitas

Pendakian Gunung Kencana menawarkan petualangan alam yang menantang, dan fasilitas yang tersedia di lokasi pendakian ini dijamin akan menjadikan perjalanan Anda lebih nyaman. Berikut adalah fasilitas yang bisa Anda temukan selama pendakian di Gunung Kencana:

  • Pos Simaksi: Tempat Pemberhentian Pertama: Di pos simaksi, Anda akan menemukan fasilitas yang mendasar namun penting untuk mendukung pendakian Anda. Area parkir kendaraan roda dua dan roda empat tersedia di sini, memastikan kendaraan Anda tetap aman selama pendakian. Selain itu, tersedia juga toilet untuk memenuhi kebutuhan pribadi Anda. Mushola hadir untuk kebutuhan ibadah, dan ada warung makan untuk menyediakan camilan atau makanan ringan sebelum memulai pendakian.
  • Pos Pemberhentian dan Warung di Jalur Pendakian: Selama pendakian, Anda akan menemukan dua pos pemberhentian di sepanjang jalur pendakian. Pada pos-pos ini, Anda dapat membeli camilan ringan atau makanan yang bisa menjadi bekal menuju puncak. Penting untuk dicatat bahwa hanya di pos pertama Anda akan menemukan warung makan. Oleh karena itu, pastikan Anda mempersiapkan bekal yang cukup sebelum melanjutkan perjalanan.
  • Camping Ground yang Luas:  Bagi para pendaki yang ingin merasakan pengalaman berkemah di alam terbuka, Gunung Kencana menyediakan camping ground yang luas. Anda dapat memilih tempat yang nyaman untuk memasang tenda dan menikmati suasana malam di tengah alam.
  • Sumber Air di Basecamp dan Pos: Karena di puncak Gunung Kencana tidak ada sumber air yang bisa diambil, pastikan Anda membawa stok air yang cukup sebelum menuju puncak. Namun, jika kebutuhan air Anda menipis atau habis, Anda dapat turun menuju basecamp atau pos pemberhentian untuk mengambil air. Ini akan memastikan Anda tetap terhidrasi selama pendakian.

Fasilitas-fasilitas di Gunung Kencana dirancang untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan para pendaki. Namun, penting juga untuk membawa peralatan dan bekal yang cukup untuk mendukung perjalanan Anda. Dengan fasilitas yang tersedia dan persiapan yang baik, pendakian Gunung Kencana akan menjadi pengalaman luar biasa yang tak terlupakan.

Lokasi dan Rute ke Gunung Kencana

Lokasi wisata Gunung Kencana terletak di Rawa gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Jaraknya dari Kota Bogor menuju Cisarua adalah sekitar 30 kilometer. Nah, sebaiknya jika Anda ke sini, pastikan membawa kendaraan pribadi, karena tidak ada kendaraan umum menuju pos simaksi.

Jika Anda berangkat dari Jakarta, estimasi jarak tempuh ke Cisarua adalah sekitar 4 jam perjalanan. Setibanya di Cisarua, Anda ambil arah kiri menuju Jalan Siliwangi sampai Anda menemukan pos kecil. Dari pos ini menuju basecamp Gunung Kencana masih sekitar 8 kilometeran, sepanjang jalan ini Anda akan menemui jalan bebatuan.

Tips Berkunjung ke Gunung Kencana

Tips Berkunjung ke Gunung Kencana

Ada beberapa tips berkunjung yang perlu Anda perhatikan ketika memutuskan menghabiskan liburan di gunung. Tentunya jika objeknya adalah gunung, maka tidak akan jauh dari aktivitas mendaki. Aktivitas inilah yang perlu banyak persiapan. Nah, berikut ini beberapa tips yang perlu Anda terapkan agar liburan semakin menyenangkan.

  • Pastikan Anda sudah melakukan latihan fisik sebelum mendaki, seperti berjalan, berlari, atau lompat tali.
  • Pastikan peralatan yang Anda bawa sudah sesuai standar keamanan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi bagi para pendaki pemula.
  • Saat mendaki, pastikan pendakian Anda dengan kecepatan yang stabil.
  • Beristirahatlah jika Anda sudah merasa lelah atau ketika napas sudah tidak stabil.
  • Pastikan Anda mendaki dengan langkah yang konsisten.
  • Jangan membuang sampah sebarangan di gunung. Bawa sampah kembali turun agar keindahan alam tidak tercemar.

Itulah informasi menarik tentang harga tiket masuk Gunung Kencana yang cukup terjangkau. Menikmati nuansa alam yang indah memang cocok untuk mengisi waktu liburan untuk me-refresh kembali kerja otak. Jangan lupa membawa peralatan dokumentasi untuk mengabadikan setiap momen liburan Anda di Gunung Kencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×