Jumat, Februari 2, 2024

Harga Tiket Masuk Jogja National Museum Februari 2024

Harga Tiket Masuk Jogja National Museum, HTM : Gratis, Jam Buka : 10.00 WIB – 22.00 WIB, Lokasi : Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55167, Telepon : 0274586105.

Yogyakarta adalah pusat seni dan budaya di Jawa dan siapapun sudah mengetahuinya. Dari situs kuno hingga warisan tradisional, semua ada di kota ini. Tapi untuk seni modern, maka sudah pasti Jogja National Museum adalah pilihan untuk dilihat. Jogja National Museum adalah kiblat seni rupa kontemporer di Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Jogja National Museum

Koleksi yang ditampilkan terbuka dari siapapun, dan inilah yang menunjukkan bahwa Jogja National Museum adalah tempat terbaik , tidak hanya seniman profesional saja. Penasaran berapa harga tiket untuk masuk ke museum ini?

Harga Tiket Masuk Jogja National Museum

Jogja National Museum menyelenggarakan banyak acara seni penting, misalnya Pameran ART JOG dan Biennale Jogja. Di masa depan, museum berencana untuk memperluas bangunannya dengan menambah perpustakaan, lebih banyak ruang pamer, dan tempat tinggal seniman.

Harga tiket masuk Jogja National Museum sendiri gratis. Pada hari-hari biasa pengunjung museum tidak dipungut biaya masuk. Namun, saat acara khusus seperti Art Jog, maka pengunjung museum akan dikenakan biaya masuk. Biasanya gratis di hari pertama acara dan Rp50.000 untuk keesokan harinya sampai akhir acara.

Tiket Masuk Jogja National Museum
Tiket MasukGRATIS

Jam Buka Jogja National Museum

Bagi yang ingin datang ke Jogja National Museum, wisata edukasi ini buka 09.00–16.30 WIB. Gedung museum ini menempati bekas gedung Akademi Seni Rupa Indonesia (ISI). Fasad yang dicat putih tidak selalu seanggun sekarang karena diabaikan untuk beberapa waktu di masa lalu.

JAM BUKA
Event Art Jog MMXXII10.00 – 22.00 WIB

Hingga akhirnya lembaga seni ini memutuskan untuk merenovasinya pada tahun 2006 silam. Saat itu komunitas seni rupa Jogja tidak memiliki tempat untuk memamerkan karya-karyanya dan itulah ide awal untuk membangun museum.

Kemudian, bangunan ini direnovasi menjadi pusat seni. Bangunan putih mewakili kanvas putih. Siap untuk melukis setiap saat. Hampir sebuah acara seni besar yang diadakan di Jogja diselenggarakan oleh museum. Nah, ketika ada pameran seni, maka museum akan dihias dengan seni temporer menghiasi bagian luar yang kosong.

Galeri Jogja National Museum

Galeri Jogja National Museum

Galeri di Jogja National Museum dikategorikan menjadi beberapa bagian. Berikut adalah galeri pameran yang bisa Anda saksikan di Jogja National Museum :

Galeri Utama

Jogja National Museum galeri utama

Galeri utama menampilkan sorotan museum saat ini. Biasanya dari para seniman Jogja atau koleksi artis tamu pada saat itu. Sedangkan koleksi permanen museum terdiri dari karya-karya pilihan.

Beberapa koleksi di antaranya adalah seni yang dibeli, hibah, sumbangan dari seniman, atau lembaga. Koleksi permanen ditampilkan di bagian galeri lainnya. Beberapa di galeri seni rupa, ruang patung, dan ruang kriya.

Di ruang kriya, ada seni abstrak dan konseptual. Anda bisa merenungkan setiap makna yang ada dalam karya-karyanya. Galeri seni rupa juga merupakan galeri untuk seni dan karya desain. Ada juga ruang patung, menampilkan karya populer dari pematung lokal.

Kemudian di ruang Kriya fokus menampilkan seni kerajinan tangan. Di sini, pengunjung museum dapat melihat tembikar dan keramik seni. Selain itu, ada detail seni tekstil seperti batik, ukiran kayu, dan kerajinan tradisional.

Citizen Gallery

Citizen Gallery

Bagian dari Jogja National Museum didedikasikan untuk nama-nama yang kurang dikenal dan yang sebelumnya tidak terdengar. Galeri khusus ini terinspirasi oleh sebuah kepercayaan bahwa setiap orang berhak untuk mengekspresikan sisi artistiknya. Di ruang inilah sering menampilkan karya-karya pendatang baru.

Citizen Gallery memberi seniman kesempatan untuk memamerkan karya untuk pertama kalinya. Masuklah ke dalam ruangan dan temukan bakat-bakat baru di sini. Karya yang ada tidak kalah menariknya dengan karya seniman yang lebih hebat. Beberapa karya berani melintasi batas, mendobrak tradisi, dan memberikan perspektif baru.

Lokakarya & Acara

Lokakarya & Acara

Dari waktu ke waktu, Jogja National Museum menyelenggarakan acara dan pameran khusus. Dua yang paling populer adalah ART JOG dan Biennale Jogja. ART JOG merupakan acara tahunan di imana seniman lokal dan internasional memamerkan karya seni terbaik mereka dengan tema tertentu.

Selama acara, akan ada tur seni berpemandu. Temu sapa dengan seniman juga pertunjukan budaya. Acara tahun ini akan diadakan dari 25 Juli hingga 25 Agustus. Biennale adalah acara yang mirip dengan ART JOG. Hanya diadakan setiap dua tahun sekali.

Pertunjukan Musik

Jogja National Museum Pertunjukan Musik

Pertunjukan musik tradisional diadakan di Jogja National Museum dan pertunjukan ini juga tematik. Pertunjukan musik adalah bagian dari seri Biennale Equator yang terdiri dari negara-negara di sekitar khatulistiwa sebagai peserta. Pengunjung harus menunggu hingga November untuk Biennale.

Acara yang skalanya kecil juga tersedia sepanjang tahun. Ada juga lokakarya dan seminar yang berhubungan dengan seni untuk dihadiri. Selalu periksa situs web resmi museum untuk acara mendatang.

Toko Seni Museum

Toko Seni Museum

Setelah menjelajahi galeri, pastikan untuk mengunjungi toko seni Jogja National Museum. Di sini, pengunjung dapat menemukan barang yang dibuat oleh pencipta seni. Kemeja, baju, tas, dan aksesoris kecil dengan desain custom. Barang yang dijual di museum ini tidak akan ditemukan di tempat lain.

Fasilitas Jogja National Museum

Jogja National Museum merupakan sebuah tempat seni yang memikat, menyajikan beragam keindahan seni dan budaya. Museum ini menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjungnya dengan fasilitas yang sesuai dengan karakteristiknya sebagai museum seni. Berikut adalah fasilitas yang dapat Anda temukan di Jogja National Museum:

  1. Ruang Pameran yang Luas: Jogja National Museum memiliki area tiga lantai yang luas untuk pameran seni. Setiap lantai menampilkan karya seni yang mengagumkan dari berbagai genre dan periode, memperkaya pengetahuan dan apresiasi seni bagi para pengunjung.
  2. Pencahayaan yang Baik: Pencahayaan di dalam museum telah dirancang dengan baik untuk memastikan karya seni dapat terlihat dengan jelas dan indah. Pencahayaan yang tepat juga membantu menciptakan suasana yang menenangkan dan memikat bagi para pengunjung.
  3. Wi-Fi Gratis: Bagi para pengunjung yang ingin tetap terhubung dengan dunia digital, Jogja National Museum menyediakan akses Wi-Fi gratis di seluruh area museum. Dengan adanya fasilitas ini, Anda dapat berbagi pengalaman menarik dari museum ini dengan mudah.
  4. Kantin: Di sudut gedung museum, terdapat kantin yang menyajikan berbagai pilihan makanan dan minuman. Setelah berkeliling menikmati keindahan seni, Anda dapat beristirahat sejenak di kantin sambil menikmati hidangan lezat.

Meskipun Jogja National Museum tidak menyediakan akomodasi seperti bungalow, wisma, atau hotel, fasilitas yang disajikan di museum ini tetap memastikan kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Dengan pencahayaan yang baik, Wi-Fi gratis, dan pilihan makanan di kantin, Anda dapat menikmati pengalaman seni yang memukau dan berharga di Jogja National Museum.

Lokasi Jogja National Museum

Wisata seni ini berada di daerah Wirobrajan, Pakuncen, tepatnya t di Jl. Prof. Dr. Ki Amri Yahya nomor.1, Kota Yogyakarta. Jogja National Museum memiliki daya tarik sebagai tempat meneliti seni, sejarah dan lainnya.

Untuk perjalanan menuju lokasi Jogja National Museum sangatlah mudah karena tidak perlu berjalan kaki dan menyeberangi sungai atau naik perahu. Untuk parkir, wisatawan bisa parkir langsung di lokasi.

Cara Menuju Jogja National Museum

Jogja National Museum dekat dari tempat-tempat populer di kota Jogja. Museum ini merjarak 10 menit berkendara dari Malioboro dan stasiun kereta api Yogyakarta. Dari halte Malioboro 1 Transjogja, Anda bisa naik jalur 3A. Bayar Rp3.500 untuk sekali jalan dan berhenti di shelter TJ Kha Dahlan 1.

Museum berada di sisi kanan shelter, hanya 5 menit berjalan kaki. Sedangkan dari Bandara Internasional Adi Sucipto, penumpang bisa naik jalur 1A. Transit dan pindah ke bus Transjogja lain di halte Malioboro 2. Singkatnya, akan ada 2 kali naik bus dan biayanya Rp7.000 untuk sampai ke museum.

Selain bus umum, aplikasi ride-hail seperti Gojek dan Goride bisa menjadi pilihan yang lebih cepat. Dari mana saja di sekitar Malioboro, biaya naik sepeda motor sekitar Rp10.000-Rp15.000.

Harga tiket masuk Jogja National Museum yang gratis ini rasanya akan sayang jike dilewatkan. Museum ini menjadi tempat dari berbagai macam koleksi seni yang luar biasa dari seniman asing lokal hingga internasional. Bahkan bukan hanya seni dari seniman populer tetapi juga seniman pendatang baru.

Tips Berkunjung ke Jogja National Museum

Tips Berkunjung ke Jogja National Museum

Jogja National Museum adalah salah satu destinasi budaya yang menarik di Yogyakarta. Untuk memaksimalkan pengalaman Anda saat berkunjung ke museum ini, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Rencanakan Waktu Kunjungan: Sebaiknya tentukan waktu kunjungan Anda dengan baik. Museum ini buka dari pagi hingga sore hari, jadi pastikan Anda datang saat jam operasional. Usahakan untuk datang lebih awal agar Anda memiliki waktu yang cukup untuk mengeksplorasi seluruh ruang pameran dengan santai.
  2. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Karena museum ini tidak memiliki fasilitas pendingin udara, pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Hindari mengenakan pakaian terlalu tebal agar tidak merasa terlalu panas saat berkeliling di dalam museum.
  3. Jaga Kebersihan dan Tata Tertib: Saat berada di dalam museum, jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Ikuti tata tertib yang berlaku, seperti tidak menyentuh atau mengganggu karya seni yang dipajang. Ini akan membantu menjaga kelestarian dan keindahan koleksi seni di museum.
  4. Gunakan Audio Guide atau Tur Berpemandu: Jika tersedia, manfaatkan fasilitas audio guide atau ikuti tur berpemandu yang ditawarkan oleh museum. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang karya seni dan sejarah di balik koleksi museum.
  5. Jangan Lupa Kamera: Jogja National Museum menampilkan banyak karya seni yang indah dan menarik untuk diabadikan. Jangan lupa membawa kamera atau ponsel Anda untuk mengambil foto-foto kenangan selama berada di museum.
  6. Manfaatkan Wi-Fi Gratis: Museum ini menyediakan akses Wi-Fi gratis. Jika Anda ingin berbagi pengalaman atau mengeksplorasi informasi lebih lanjut tentang koleksi museum, manfaatkan fasilitas Wi-Fi yang disediakan.
  7. Istirahat dan Nikmati Suasana: Setelah berkeliling museum, Anda bisa beristirahat sejenak di area kantin atau di luar museum. Nikmati suasana dan refleksikan kesan Anda selama berkunjung di Jogja National Museum.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda akan dapat menikmati kunjungan yang menyenangkan dan bermanfaat di Jogja National Museum. Selamat menikmati keindahan seni dan budaya yang dipamerkan, serta menjalani pengalaman berharga dalam perjalanan budaya di Yogyakarta!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×