Minggu, Maret 3, 2024

Harga Tiket Masuk Kebun Mawar Situhapa Terbaru Maret 2024

Harga Tiket Masuk Kebun Mawar Situhapa, HTM : Rp 17.500 – Rp 22.500, Jam Buka : 09.00 WIB – 17.00 WIB, Lokasi : Jl. Raya Kamojang KM. 5, Samarang, Sukakarya, Garut, Jawa Barat, Indonesia, 44161, Telepon : +62 811 247 057.

Harga tiket masuk Kebun Mawar Situhapa – Mencari wisata menarik di Garut sekarang tidak perlu pusing lagi. Kali ini ada Kebun Mawar Situhapaa yang menyediakan banyak sekali jenis-jenis bunga mawar indah untuk disaksikan, entah bersama pasangan ataupun keluarga. Kebun Mawar Situhapaa sendiri merupakan sebuah penginapan dengan konsep ala bungalow. Di sini, Anda bisa menyaksikan aneka macam bunga mawar terhampar hingga 5 hektar.

Harga Tiket Masuk Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapaa sendiri memiliki lokasi yang sejuk sebab berada di  ketinggian hingga 1150 mdpl. Tidak heran jika perkebunan ini menyediakan udara yang begitu bersih dan dijamin memberikan Anda rasa nyaman dan sejuk. Setidaknya, ada 500 jenis mawar yang bisa disaksikan di sini, apa saja itu? Dan berapa biaya untuk bisa masuk ke wisata ini?

Harga Tiket Masuk Kebun Mawar Situhapa

Bagi wisatawan yang hendak menikmati indahnya wisata Kebun Mawar Situhapa, maka Anda perlu membayar tarif masuk. Adapun untuk biaya masuk ke Kebun Mawar Situhapa sendiri adalah Mulai Rp 17.500 per orang.

Dengan hanya Rp 17.500 saja, Anda sudah bisa merasakan atmosfer yang menyenangkan. Anda bisa menyaksikan dan memperhatikan setiap jenis bunga mawar yang ada di kebun ini.

Tiket Masuk Kebun Mawar Situhapa
Tiket Masuk Senin – SabtuRp17.500
Tiket Masuk Minggu/hari libur nasionalRp22.500
Parkir MotorRp3.000
Parkir MobilRp5.000
Parkir BusRp10.000

Jam Buka Kebun Mawar Situhapa

Objek wisata Garut ini buka setiap hari. Adapun jam buka dari Kebun Mawar Situhapa sendiri dimulai dari 09.00 hingga 17.00 WIB. Ada berbagai macam spot foto yang bisa menjadi latar Anda membidik gambar instagenic.

Jam Operasional
Taman09.00 – 17.00 WIB

Zona Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa menawarkan zona-zona yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Dengan luas 5 hektar, destinasi wisata ini menyediakan 6 zona yang berbeda untuk Anda eksplorasi:

  1. Zona Mawar: Zona ini merupakan area utama yang menampilkan berbagai varietas mawar yang indah. Di sini, Anda dapat menemukan mawar-mawar dengan beragam warna dan bentuk yang memukau.
  2. Zona Mawar Damascena: Zona ini merupakan salah satu zona yang paling populer di Kebun Mawar Situhapa. Luasnya yang lebih besar dibandingkan dengan zona lainnya membuatnya menjadi daya tarik utama. Selain itu, bunga-bunga yang tumbuh di zona ini juga memiliki aroma yang sangat harum.
  3. Zona Azalea: Zona ini menampilkan keindahan azalea, tanaman berbunga yang cantik dengan warna-warna yang mencolok. Dengan tata letak yang menarik, zona Azalea menjadi tempat yang ideal untuk berfoto dan menikmati keindahan alam.
  4. Zona Tanaman Air: Di zona ini, Anda akan menemukan beragam tanaman air yang memikat, seperti teratai dan eceng gondok. Keindahan dan ketenangan air di sini memberikan pengalaman yang menenangkan.
  5. Zona Begonia: Zona Begonia menyajikan keindahan tanaman begonia yang tumbuh dengan subur. Tanaman ini memiliki berbagai warna dan pola daun yang menarik, menambah pesona zona ini.
  6. Zona Cana: Zona Cana menampilkan keindahan tanaman cana lily dengan bunga-bunga yang cantik dan warna-warna yang mencolok. Zona ini memberikan sentuhan eksotis dan menambah variasi pemandangan di Kebun Mawar Situhapa.

Dari keenam zona yang ada, zona Mawar Damascena menjadi daya tarik utama yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Dengan luas yang lebih besar dan aroma bunga yang khas, zona ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Kecantikan Kebun Mawar Situhapa

Kecantikan Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menyajikan berbagai tanaman bunga khusus nya kebun bunga mawar dan juga beragam tanaman dan bunga lainna. Tidak hanya itu. Kebun mawar yang terletak di daerah dataran tinggi kamojang, garut ini juga menyajikan villa dan juga restoran yang berada di tengah kebun mawar.

Saat berada di area taman, para pengunjung akan merasakan sensasi seperti berada di English Garden alias kebun bunga di Inggris. Tempat ini terdapat semak bunga yang di tata rapi dn juga indah. Terlebih pemandangan ini di padukan dengan udaranya yang dingin dan asri pada ketinggian sekitar 1.100 meter, sehingga tempat ini sangat cocok untuk pengunjung yang ingin liburan untuk menghilangkan rasa penat.

Taman Bunga Cantik

Taman Bunga Cantik

Kawasan Kebun Mawar Situhapa ini di kelilingi oleh Persawahan, perkebunan, dan pegunungan. Gunung-gunung yang melingkup kawasan wisata ini, yaitu seperti Gunung Guntur dan Gunung Papandayan. Karena lokasi nya yang sangat strategis dan juga di dukung dengan berada di dataran tinggi, sehingga cocok sebagai habitat berbagai jenis bunga, terutama mawar. Terdapa beragam jenis mawar yang bisa di lihat disini. Tidak hany itu, Lebih dari 500 jenis bunga dan tanaman lainnya juga bisa di lihat disini.

Tanaman-tanaman tidak hanya di rawat, namun di tata rapi sehingga bentuk nya jadi jauh lebih menarik. Adapun bentuk-bentuk bunag ini di tata hingga berbentu seperti menjadi terowongan, menjuntaikan kuntum-kuntum bunga seperti mawar dan wisteria. Sehingga tidak hanya canti, namun bisa juga di jadikan spot untuk berswafoto.

Tidak hanya bunga atapun tanaman berbentuk unik, namun terdapat juga labirin semak yang memiliki tinggi hingga 160cm yang bisa dijadikan area uji konsentrasi. Tempat ini sangat populer di kalangan para pengunjung. Hal ini di karenakan labirin ini bisa menjadi area bermain yang seri dan sekaligus spot foto keren dan instagramable.

Restoran Di Tengah Taman

Restoran Di Tengah Taman

Restoran Di Tengah Taman Kebun Mawar Situhapa menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan di tengah-tengah pesona alam yang memukau. Dengan interior yang menawan, restoran ini menggabungkan sentuhan kayu yang hangat dengan jendela kaca yang lebar, menciptakan suasana yang nyaman dan cerah. Anda dapat menikmati hidangan lezat seperti nasi timbel khas Sunda atau sup buntut yang kaya rempah. Selain itu, tersedia juga pilihan hidangan barat seperti pasta dan pancake yang lezat.

Tidak hanya itu, restoran ini juga menawarkan beragam pilihan teh yang menarik. Anda dapat memilih antara teh melati, teh kamomil, atau bahkan teh mawar yang disajikan dengan mahkota bunga mawar yang dapat dimakan langsung. Rasakan sensasi yang unik saat menikmati minuman teh yang segar sambil menikmati pemandangan kebun mawar yang indah.

Tak hanya menghadirkan hidangan lezat, Restoran Di Tengah Taman Kebun Mawar Situhapa juga memberikan pengalaman visual yang menakjubkan. Terletak di tengah kebun mawar yang memesona, Anda dapat menikmati pemandangan yang memukau sambil menikmati hidangan. Atmosfer yang segar dan harum bunga mawar akan menambah kenikmatan saat Anda bersantap.

Bermalam Bersama Bunga-Bunga

Bermalam Bersama Bunga-Bunga

Selain menyajikan taman bunga mawar yang indah dan juga berbagai bentuk bunga yang keren. Tempat ini juga menyediakan beragam pilihan villa untuk para pengunjung yang ingin bermalah disini. Villa yang ada disini juga bervariasi, terdapat tiga pilihan villa dengan nuansa kayu yang nyaman. Villa yang ada di tempat ini juga menyajikan pemandangan-pemandangan yang berbeda dari setiap jendela villa.

Adapun pilihan villa disini seperti Villa Damascena dan Villa Geranium cocok untuk akomodasi dua hingga empat orang. Di villa jenis Geranium ini tersedia Pemandangan kebun yang cantik, sementara untuk Villa Damascena memperlihatkan panorama pegunungan yang menawan dan mempesona.

Pengunjung yang datang dengan rombongan, villa Hortensia adalah pilihan yang sangat tepat. Villa ini memili ukuran yang sangat besar dan terdiri dari dua lantai, sehingga bisa menampung hingga 10 orang. Villa ini juga memiliki ruang tamu yang nyaman, sekaligus bisa melihat dua pemandangan sekaligus dari sini, yaitu kebun dan pegunungan.

Jenis Mawar yang Ada di Kebun Mawar Situhapa

Berikut adalah beberapa jenis mawar yang dapat ditemukan di Kebun Mawar Situhapa:

  1. Mawar Darcey: Mawar Darcey merupakan salah satu mawar yang terkenal dan dianggap sebagai salah satu varietas terbaik dan tersehat yang ada. Ketika masih muda, kelopak luar membentuk lingkaran sempurna di sekitar bagian dalam untuk membentuk bunga yang indah. Mawar ini memiliki aroma buah yang lembut. Bunga Darcey sering dipilih untuk pernikahan, perayaan, dan Hari Valentine.
  2. Mawar Chrysler Imperial: Mawar Chrysler Imperial memiliki tampilan yang elegan dan anggun. Bunga ini memiliki kuncup berwarna merah muda yang besar dan terbuka dengan sempurna. Mawar ini memiliki batang yang kuat dan tanpa duri, dengan daun berwarna hijau tua. Bunga Chrysler Imperial pasti akan memikat hati siapa pun yang melihatnya.
  3. Mawar Amalia: Mawar Amalia tumbuh dengan pendek dan menghasilkan bunga mawar merah tua dengan kelopak yang berganda. Bunga ini memiliki benang sari emas yang terlihat di kelompok kecil. Daunnya berwarna abu-abu hijau dengan daun sedang berwarna hijau tua. Mawar ini memiliki aroma yang luar biasa dan sangat harum. Namun, tanaman ini cukup rentan terhadap penyakit dan serangan hama.
  4. Mawar Quadra: Mawar Quadra memiliki bunga berwarna merah tua yang tumbuh dalam kelompok. Bunga besar ini memiliki kelopak dalam yang melengkung. Saat dewasa, bunga ini memudar menjadi merah muda tua. Daunnya muncul dengan warna merah yang menarik dan kemudian berubah menjadi hijau tua. Mawar Quadra tahan terhadap penyakit bercak hitam.
  5. Mawar Damascena: Mawar Damascena dikenal karena keharumannya sejak zaman dahulu. Bunga ini pertama kali muncul di Anatolia beberapa abad yang lalu dan telah dikenal di Asia Barat sejak Zaman Perunggu. Di Cina, jenis mawar ini telah lama digunakan sebagai sumber aroma bunga dalam parfum dan untuk memproduksi teh hitam beraroma mawar.

Mawar Damascena juga ditanam dalam skala besar untuk industri minyak atsiri. Meskipun Prancis dan Bulgaria merupakan produsen utama di Eropa, namun produksi minyak mawar yang lebih besar terjadi di Turki dan Iran, di mana minyak mawar dan air mawar digunakan dalam upacara keagamaan.

Jadi, Kebun Mawar Situhapa menyajikan beragam jenis mawar yang indah, mulai dari varietas terkenal seperti Darcey dan Chrysler Imperial, hingga mawar dengan keharuman khas seperti Damascena. Setiap jenis mawar memiliki daya tariknya sendiri dan menambah pesona kebun mawar yang menakjubkan ini.

Fasilitas Kebun Mawar Situhapa

Bermalam Bersama Bunga-Bunga 2

Kebun Mawar Situhapa menawarkan beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, di antaranya:

  1. Penginapan: Jika Anda ingin merasakan sensasi sejuk yang ditawarkan oleh Kebun Mawar Situhapa, Anda dapat mencoba menginap di tempat ini. Terdapat beberapa jenis penginapan dengan nuansa indah yang bisa menjadi pilihan, seperti:
    • Bungalow Geranium: Bungalow ini memiliki lokasi yang dekat dengan restoran, taman, dan danau indah, menciptakan suasana yang tenang.
    • Bungalow Damascena: Jenis penginapan ini menawarkan pemandangan indah dari bunga mawar yang terhampar. Anda juga dapat mencium wangi harum mawar damascena yang dapat tercium hingga ke dalam kamar jika Anda memilih untuk menginap di bungalow ini.
    • Bungalow Magnolia: Penginapan ini terletak di titik utama kebun dan menghadap langsung ke berbagai zona kebun mawar yang indah. Bungalow Magnolia merupakan kamar yang paling luas dan besar dibandingkan dengan jenis penginapan lainnya.
  2. Restoran: Jika Anda merasa lelah setelah berfoto-foto dan menjelajahi area Kebun Mawar Situhapa, Anda dapat menikmati hidangan lezat di restoran terdekat. Restoran ini menyajikan menu lengkap dan terbuka bagi semua pengunjung, tidak hanya mereka yang menginap di penginapan.Untuk menemukan restoran di Kebun Mawar Situhapa, Anda dapat menuju ke arah utara, di sepanjang barisan penginapan. Jika Anda masuk melalui gerbang utama, cukup berjalan ke sebelah kiri, dan restoran akan terletak di sana.
  3. Parkir Luas: Kebun Mawar Situhapa memiliki luas area hingga 5 hektar, sehingga menyediakan fasilitas parkir yang luas bagi pengunjung. Tempat parkir ini dapat menampung banyak mobil, sehingga Anda tidak perlu khawatir mencari tempat parkir yang tersedia.

Dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman ini, Kebun Mawar Situhapa siap memberikan pengalaman wisata yang menyenangkan bagi para pengunjungnya.

Lokasi Kebun Mawar Situhapa

Jadi ingin mengunjungi Kebun Mawar Situhapa? Datanglah ke kecamatan Sukakarya, tepatnya di Jl. Raya Kamojang di km 5, kelurahan Samarang, Garut. Jika Anda datang dari arah pusat kota Bandung, maka ambil saja arah menuju pintu tol Cileunyi dan pergi ke kawasan Cicalengka.

Sesampainya di Cicalengka, arahkan kendaraan menuju Nagreg lalu Tarogong hingga Samarang. Kalau Anda melihat ada pasar Samarang, maka ambil saja arah ke kanan menuju jalan Raya Kamojang.

Nah, lokasi Kebun Mawar Situhapa sendiri hanya berjarak 1,5 km saja dari Kampung Sampireun dan 2,6 km itu. Intinya, kalau sudah di Samarang, maka ada banyak papan petunjuk ke Kebun Mawar Situhapa. Perjalanan dari Bandung menuju Kebun Mawar Situhapa sendiri akan memakan waktu 54,9 km atau 2 jam perjalanan di luar macet dan traffic light.

Mau menyaksikan indahnya mawar di Kebun Mawar Situhapa? Datang saja ke kebun ini. Harga tiket masuk Kebun Mawar Situhapa cukup murah untuk dijadikan tujuan wisata.

Tips Berkunjung ke Kebun Mawar Situhapa

Fasilitas Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa merupakan destinasi wisata yang menarik bagi pecinta keindahan dan keharuman bunga mawar. Untuk memaksimalkan pengalaman berkunjung Anda, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

  1. Pilih Waktu yang Tepat: Untuk menikmati keindahan penuh dari Kebun Mawar Situhapa, pilihlah waktu berkunjung yang tepat. Biasanya, musim semi atau awal musim panas adalah saat yang terbaik untuk melihat bunga mawar dalam mekar yang indah. Pastikan Anda memeriksa jadwal bunga mawar yang sedang mekar di kebun tersebut sebelum merencanakan kunjungan.
  2. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Karena Kebun Mawar Situhapa terletak di daerah dengan iklim sejuk, pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca. Bawa juga jaket atau kardigan untuk melindungi diri Anda dari udara dingin jika diperlukan. Jangan lupa untuk menggunakan alas kaki yang nyaman untuk mengeksplorasi area kebun yang luas.
  3. Persiapkan Kamera atau Smartphone: Kebun Mawar Situhapa menawarkan pemandangan yang sangat indah dan Instagramable. Jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphone dengan kapasitas baterai yang cukup serta ruang penyimpanan yang memadai. Anda akan ingin mengabadikan momen indah di antara lautan bunga mawar yang mempesona.
  4. Ikuti Jalur Rute yang Disarankan: Untuk menjelajahi Kebun Mawar Situhapa dengan efisien, ikutilah jalur rute yang telah ditetapkan oleh pengelola. Biasanya, terdapat peta atau petunjuk arah yang tersedia di pintu masuk kebun. Hal ini akan membantu Anda mengunjungi setiap zona atau area yang ingin dilihat tanpa kehilangan arah.
  5. Jaga Kebersihan dan Kelestarian: Selama kunjungan Anda, penting untuk menjaga kebersihan dan kelestarian Kebun Mawar Situhapa. Ikuti aturan yang ditetapkan, seperti tidak merusak tanaman atau bunga, tidak membuang sampah sembarangan, dan menjaga kebersihan area sekitar. Dengan cara ini, kita dapat menjaga keindahan dan kelestarian kebun agar tetap terjaga untuk dinikmati oleh pengunjung selanjutnya.
  6. Manfaatkan Fasilitas yang Tersedia: Kebun Mawar Situhapa menyediakan berbagai fasilitas seperti area istirahat, toilet, dan tempat makan. Manfaatkan fasilitas ini untuk istirahat sejenak, menikmati hidangan lezat, atau sekadar meresapi keindahan sekitar. Pastikan Anda membaca informasi terkait fasilitas yang tersedia sebelumnya untuk merencanakan dengan baik.

Dengan mengikuti tips di atas, kunjungan Anda ke Kebun Mawar Situhapa akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Nikmati keindahan alam, harum semerbak bunga mawar, dan jangan lupa untuk berbagi momen berharga Anda dengan orang-orang terdekat. Selamat menikmati keindahan Kebun Mawar Situhapa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×