Rabu, April 17, 2024

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Kuningan Terbaru April 2024

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Kuningan, HTM : Rp 4.000 – Rp 6.000, Jam Buka : 08.00 WIB – 17.00 WIB, Lokasi : Desa Padabeunghar, Persawahan, Kuningan, Jawa Barat, Indonesia, 45474, Telepon : 089513189844.

Harga tiket masuk kebun raya kuningan tak akan membuat kantong ada jebol. Kebun raya Kuningan menjadi sasaran utama berlibur yang pastinya sangat menarik. Kebun raya kuningan menjadi objek wisata alam yang sangat di rekomendasikan untuk menghabiskan liburan bersama keluarga tercinta. Rasa jenuh yang ada di beban pekerjaan dan suasana hiruk pikuk oleh perkotaan bisa anda refresh dengan mengunjungi kebun raya kuningan.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Kuningan

Taman bunga yang indah dengan koleksi tanaman langka bisa dilihat Ketika akan berkunjung ke tempat ini. Tempat wisata kebun raya kuningan berada di kaki gunung ciremai sehingga mempunyai pemandangan alam yang indah dan tersaji untuk saat anda berkunjung. Luas kebun raya kuningan ini mencapai sekitar 156 hektar dengan koleksi yang mencapai 23.000 jenis tanaman.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Kuningan

Harga tiket masuk kebun raya kuningan yang hemat sangat di rekomendasi untuk wisata keluarga di kabupaten kuningan. Tenang saja karena masih banyak sekali destinasi di kuningan yang bisa anda dinikmati dengan biaya yang murah meriah. Salah satunya adalah kebun raya kuningan, karena adanya harga tiket hanya 4 ribu rupiah untuk anak-anak dan 6 ribu rupiah untuk dewasa.

Biaya tambahan ini harus dikeluarkan Ketika berkunjung menuju kebun raya kuningan yaitu retribusi parkir wisata 3 ribu rupiah untuk motor dan 6 ribu rupiah untuk mobil. Harga tiket masuk dan biaya tambahan lainnya juga bisa berubah setiap waktu dan setiap harinya. Operasional wisata dari kebun raya kuningan sendiri buka dimulai dari jam 8 pagi hingga 4 sore WIB. Nikmati liburan yang seru dan menyenangkan untuk bisa mengunjungi objek wisata alam di kuningan satu ini bersama orang tercinta.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk DewasaRp6.000
Tiket Masuk AnakRp4.000
Tiket Parkir
MotorRp3.000
MobilRp6.000
BusRp11.000

Jam Buka

Wisata kebun raya ini di buka pada setiap hari. Jam operasional nya di buka mulai pagi hingga sore hari, pengunjung yang ingin puas bermain di tempat ini bisa berkunjung mulai dari pagi hari.

Waktu operasional
Senin – Minggu08.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik

Daya Tarik

Secara umum, kebun ini merupakan tempat wisata alam yang mempunyai banyak koleksi bunga beraneka warna dan berbagai tanaman langka. Kebun ini juga dinobatkan sebagai tempat wisata berupa kebun raya yang paling luas dan paling besar di Indonesia. Pasalnya tempat wisata ini sudah berdiri diatas tanah seluas 156 hektar di kaki gunung ciremai.

Kebun raya ini juga disebut sebagai kebun unik karena mempunyai khazanah bebatuan tematik dan kurang lebih ada 23 ribu jenis tanaman yang tumbuh disini. Daya Tarik utama dari kebun raya ini mempunyai koleksi tanaman yang sangat banyak sekali. Tanaman yang ada disini semuanya terawat dengan baik agar dapat dinikmati keindahannya oleh para pengunjung.

Tanaman Yang Beragam

Tanaman Yang Beragam

Tanaman yang khasnya adalah tanaman yang mempunyai daun dan bunga warna kuning, maka dari itu dinamai kebun raya kuningan. Oleh karena itu, kebun raya ini mempunyai spot yang diberi nama taman kuning dan menjadi spot yang paling sering dikunjungi oleh pengunjung. Terlebih jika ada waktu senggang dan waktu liburan bisa dinikmati bersama-sama.

Tidak hanya tanaman yang menjadi daya Tarik dari tempat ini tetapi deretan bebatuan vulkanik yang sering menyita perhatian para pengunjung yang datang. Bebatuan vulkanik yang memiliki ukuran besar ini juga akan tersusun dengan indah di sepanjang jalan menuju lokasi kebun tersebut. tidak heran jika bebatuan ini juga sering dijadikan sebagai spot foto yang ada oleh para pengunjung yang berdatangan.

Kebun raya kuningan juga mempunyai wisata alam asli buatan Indonesia yang termasuk di kawasan lindung. Banyak sekali pepohonan yang tumbuh rindang di sekitar lokasi dan menghasilkan udara yang bersih. Lokasi ini juga sering disebut sebagai lumbung oksigen yang sangat berguna untuk menyerap karbondioksida yang ada di udara.

Udara Yang Baik

Udara Yang Baik

Kualitas udara yang baik juga mampu dirasakan anda Ketika tiba di lokasi ini dengan merasa lebih tenang dan lebih fresh. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan objek wisata alam dengan banyak pepohonan yang masih rindang dan tumbuh dengan baik. Bagi yang suka dengan alam, wajib berkunjung kesini dengan mudah dan pastinya nyaman.

Daya Tarik lainnya juga adanya tersedia lahan terbuka yang bisa dimanfaatkan saat berkunjung kesini dengan teman-teman. Umumnya lahan terbuka yang ada disini dimanfaatkan untuk kegiatan outbound oleh institusi atau organisasi lainnya. Selain itu juga terdapat lahan camping ground yang bisa dinikmati.

Aktivitas Wisata Di Kebun Raya Kuningan

Aktivitas Wisata Di Kebun Raya Kuningan

Tempat wisata Kebun Raya Kuningan ini merupakan tempat wisata yang murni buatan Indonesia dengan desain yang modern. Berbeda dengan objek wisata serupa yang usdah berdiri dari warisan kolonia, untuk kebun raya kuningan ini murni buatan Indonesia. Lokasi dari tempat wisaya ini juga berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Objek wisata satu ini juga memiliki berbagai koleksi tumbuhan yang unik dengan ciri khas taman tematik. Wisata ini sangat populer hingga banyak sekali pengunjung yang berdatangan dari wisatawan lokal hingga wisatawan yang datang dari luar daerah. Terlebih lagi saat musim liburan , tempat wisata ini akan di padati oleh pengunjung.

Keunikan Batuan Vulkanik

Batuan vulkanik yang besar merupakan salah satu ciri khas tempat wisata ini. Hal yang menarik dari batuan vulkanik ini posisinya yang sangat bagus untuk di jadikan spot foto. Bebatuan vulkanik indah ini tersebar di sepanjang jalan yang menuju ke kebun raya yang menghiasi banyak sudut. Tidak hanya sebagai tempat foto yang indah, bebatuan vulkanik ini juga menjadi wisata edukasi.

Piknik

Memiliki ketinggian sekitar 870 mdpl dan berada di kaki Gunung Ciremai membuat Kebun Raya Kuningan ini terasa sejuk dan juga asri. Hal ini juga membuat tempat wisata ini taman rekreasi alam. Tempat wisata ini akan sangat berkesan jika berkunjung bersama keluarga atau teman. Di tempat ini juga pengunjung bisa duduk bersantai dan bisa berpiknik dengan keluarga.

Mengagumi Panorama Kawasan

Mengagumi Panorama Kawasan

Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini akan di suguhkan dengan pemandangan perbukitan sejauh mata memandang. Terdapat banyak sekali pohon rindang yang berada di taman dan juga zona tematik Seperti Rock Garden, Taman Awi (taman bambu), dan Taman Endemik Ciremai. Tidak hanya itu saja, terdapat juga area persawahan yang berada di sekitar kawasan yang juga menambah daya tarik tempat wisata ini.

Banyak sekali hal yang menarik lainnya di kawasan wisata ini salah satunya yaitu terdapat landmark patung kuda. Pengunjung bisa mananjak ke Landmark patung kuda kuningan ini dan akan di suguhkan dengan pemandangan sekeliling kebun raya hingga 360 derajat. Pemandangan topografi yang berbukit-bukit dengan ketinggian sekitar 490-870 mdpl dengan hamparan batu vulkanik pun akan terlihat. Terlihat juga barat dari kawasan wisata ini yang berupa sungai cipari dengan salah satu cekungan perlintasanya yang menjadi danau alami.

Kegiatan Outbond Di Kebun Raya Kuningan

Kegiatan Outbond Di Kebun Raya Kuningan

Selain pemandangan yang indah, banyak aktivitas seru yang bisa di lakukan di Kebun Raya Kuningan salah satunya yaitu Outbond. Biasanya kegiatan outbound ini dilakukan oleh rombongan sebagai agenda sekaligus pelatihan dasar institusi. Dengan adanya aktivitas seru outbound ini dapat mempererat hubungan antara anggota kelompok. Suasana yang asri dan udara yang sejuk ini sangat mendukung untuk kegiatan yang seu ini.

Menginap

Menginap

Pengunjung yang berwisata ke tempat ini dan ingin menginap, pihak kebun raya Kuningan ini juga menyediakan camping ground. Dengan adanya camping ground di tempat ini, pengunjung bisa bermalam di tempat ini sambil menikmati suasana alam Kebun Raya Kuningan saat malam di alam terbuka.

Tidak hanya camping ground saja, pihak wisata kebun raya kuningan juga menyediakan cottage-cottage dengan desain rumah panggung yang berkonsep eco design. Desain cottage ini juga unik, sehingga pengunjung pun bisa berswafoto dengan latar belakang cottage-cottage ini.

Spot Foto

Spot Foto

Menikmati keindahan dan pesona dari kebun raya kuningan mampu merefreshkan kepenatan jiwa yang jenuh akan beban pekerjaan. Suasana perkotaan yang tidak akan dirasakan ini mampu merilekskan pikiran dan juga badan. Kegiataannya yaitu menyusuri kebun raya kuningan sambil melihat sajian koleksi tanaman menarik.

Lalu adanya taman untuk camping dan berburu foto untuk mengisi instagram pasti akan sangat banyak sekali. Selain itu juga ada outbound seru dan menginap di pondok wisata yang bisa digunakan dengan nyaman dan pastinya lancar.

Fasilitas

Kebun Raya Kuningan adalah destinasi wisata yang menakjubkan dengan beragam keindahan alamnya. Selain menawarkan pemandangan yang memukau, kebun raya ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang membuat pengunjung merasa nyaman selama berlibur. Berbagai fasilitas menarik di Kebun Raya Kuningan antara lain:

  1. Area Parkir Kendaraan Wisata: Pengunjung tidak perlu khawatir mencari tempat parkir, karena Kebun Raya Kuningan menyediakan area parkir yang luas untuk kendaraan wisata.
  2. Mushola: Bagi pengunjung yang ingin beribadah, tersedia mushola di area kebun raya untuk kenyamanan beribadah.
  3. Toilet: Fasilitas toilet yang bersih dan terawat siap sedia untuk digunakan oleh para pengunjung.
  4. Spot Foto Instagramable: Bagi para pecinta foto, kebun raya ini memiliki banyak spot foto yang Instagramable, di mana pengunjung dapat mengabadikan momen indah mereka di tengah kebun raya yang memukau.
  5. Warung Wisata: Jangan khawatir kelaparan, karena tersedia warung wisata yang menyajikan berbagai hidangan lezat dan minuman segar untuk memenuhi selera pengunjung.
  6. Camping Area: Bagi yang ingin merasakan sensasi berkemah di tengah alam, Kebun Raya Kuningan menyediakan area khusus untuk berkemah bersama keluarga atau teman-teman.
  7. Penginapan: Bagi yang ingin menikmati keindahan kebun raya dalam waktu yang lebih lama, tersedia penginapan yang nyaman untuk menginap.
  8. Aula Pertemuan: Bagi acara-acara khusus, seperti pertemuan atau acara keluarga, tersedia aula yang dapat disewa untuk keperluan tersebut.
  9. Gazebo dan Tempat Duduk Tersedia: Pengunjung dapat beristirahat dan menikmati suasana alam yang menenangkan di berbagai gazebo dan tempat duduk yang disediakan.

Tidak hanya memanjakan mata dengan keindahan alam, tetapi Kebun Raya Kuningan juga menawarkan kenyamanan melalui fasilitas yang lengkap. Dengan fasilitas yang memadai, pengunjung dapat menikmati liburan yang tak terlupakan bersama keluarga atau teman-teman. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Kebun Raya Kuningan dan nikmati pengalaman wisata yang menyenangkan di tengah pesona alam yang memukau.

Tempat dan Rute Perjalanan

Berlibur ke kebun raya kuningan memerlukan tenaga yang tidak perlu khawatir karena tempatnya yang dapat di akses menggunakan kendaraan bermotor. Akses jalan yang sudah baik dan plang penunjuk arah yang tersedia akan memudahkan kunjungan liburan anda dengan mudah. Untuk alamat lengkap dari kebun raya kuningan sendiri berada di kantor UPTD Kebun Raya, Padabeunghar, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat. Kebun raya kuningan sendiri juga sangat dikenal dengan nama taman tematik bunga kuning.

Objek wisata kebun raya kuningan memiliki jarak kurang lebih 35 km dari pusat kota kuningan jawa barat. Destinasi wisata raya kuningan bisa dikunjungi menggunakan kendaraan dengan waktu tempuh sekitar 60 menit berada di perjalanan. Jika anda berencana berkunjung namun bingung jalan terbaik menuju kebun raya kuningan dan dapat diakses di peta lokasi kebun raya kuningan.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung

Kebun Raya Kuningan adalah destinasi wisata yang menawarkan pesona alam yang memukau. Agar momen liburan Anda bersama keluarga semakin berkualitas dan menyenangkan, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda jadikan referensi sebelum berkunjung ke Kebun Raya Kuningan:

  1. Pilih Waktu yang Tepat: Saat mengunjungi Kebun Raya Kuningan, disarankan untuk datang pada pagi hari ketika cuaca cerah. Pagi hari memberikan suasana yang segar dan udara yang sejuk, sehingga Anda dapat menikmati keindahan alam dengan lebih nyaman.
  2. Ajak Keluarga dan Teman: Untuk membuat liburan lebih berkesan, ajaklah keluarga dan teman-teman Anda untuk bergabung. Berlibur bersama orang-orang terkasih akan membuat pengalaman lebih menyenangkan dan tak terlupakan.
  3. Selalu Bawa Kamera: Kebun Raya Kuningan menyuguhkan berbagai spot foto yang indah dan Instagramable. Jangan lupa selalu membawa kamera atau smartphone untuk berburu foto-foto cantik dan mengabadikan momen seru selama liburan.
  4. Cek Harga Tiket Masuk: Sebelum berangkat, pastikan untuk mengecek harga tiket masuk Kebun Raya Kuningan. Atur jadwal liburan Anda dengan baik dan pastikan Anda siap untuk menikmati keindahan alam di kebun raya ini.
  5. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Gunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kegiatan di kebun raya. Jika berencana untuk berjalan-jalan atau trekking, kenakan pakaian dan alas kaki yang sesuai.
  6. Bawa Perlengkapan Tambahan: Jangan lupa membawa perlengkapan tambahan seperti kacamata hitam, topi, dan payung atau mantel hujan jika cuaca berubah-ubah.
  7. Patuhi Peraturan dan Jaga Kebersihan: Selama berada di Kebun Raya Kuningan, patuhi peraturan yang berlaku dan jaga kebersihan lingkungan. Jangan membuang sampah sembarangan dan ikut berperan aktif dalam menjaga keindahan alam.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat merencanakan liburan yang lebih menyenangkan dan berkesan di Kebun Raya Kuningan. Nikmati keindahan alam yang menakjubkan dan ciptakan kenangan indah bersama keluarga dan teman-teman Anda di sini. Selamat menikmati liburan yang seru dan penuh kebahagiaan di Kebun Raya Kuningan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×