Kamis, April 4, 2024

Harga Tiket Masuk Taman Ismail Marzuki Terbaru April 2024

Harga Tiket Masuk Taman Ismail Marzuki, HTM : Gratis, Jam Buka : 09.00 – 20.00 WIB, Lokasi : Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10330, Telepon : 021 31934740 / +62 821 2505 4242.

Taman Ismail Marzuki (TIM) adalah salah satu tempat ikonik di Jakarta Pusat yang telah lama menjadi magnet bagi para pecinta seni, budaya, dan astronomi. Sejak diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada tanggal 10 November 1968, TIM telah menjadi pusat penting bagi perkembangan seni dan kebudayaan di Indonesia. Dengan luasnya area sekitar 10 hektar, TIM tidak hanya menghadirkan pertunjukan seni teater yang menarik, tetapi juga menawarkan beragam aktivitas lainnya yang menghibur dan mendidik.

Harga Tiket Masuk Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki terletak di jantung Jakarta Pusat dan dikenal sebagai tempat penghormatan kepada seorang komponis besar Indonesia, Ismail Marzuki, yang lahir pada tanggal 11 Mei 1914. Berdiri di atas tanah yang dulunya merupakan Kebun Binatang Cikini dan halaman rumah seniman legendaris Raden Saleh, TIM menjadi monumen bagi seniman-seniman besar yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi dunia seni dan budaya Indonesia

Harga Tiket Masuk Taman Ismail Marzuki

Sebelum merencanakan kunjungan Anda ke Taman Ismail Marzuki (TIM), penting untuk mengetahui informasi terbaru mengenai harga tiket masuk. Salah satu keuntungan besar TIM adalah bahwa pengunjung dapat masuk ke area taman ini tanpa dipungut biaya tiket masuk. Namun, untuk menikmati sejumlah atraksi khusus di dalam kompleks TIM, pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Berikut adalah tabel harga tiket masuk Taman Ismail Marzuki:

AtraksiHarga Tiket Masuk (Per Orang)
Pertunjukan TeaterHarga bervariasi tergantung acara
Planetarium TIMHarga bervariasi tergantung acara
Nonton Film di XXI TIMHarga bervariasi tergantung film
Pameran Seni RupaGratis
Warung Buku Jose RizalGratis
Pusat Dokumentasi Sastra (PDS)Gratis
Perpustakaan Daerah DKIGratis
Lukisan Mural Warna WarniGratis
Wisata KulinerHarga bervariasi tergantung makanan

Perlu diingat bahwa harga tiket masuk untuk pertunjukan teater, planetarium, dan nonton film di XXI TIM dapat berbeda-beda tergantung pada jenis acara atau film yang ditampilkan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengunjungi situs web resmi Taman Ismail Marzuki atau menghubungi pihak TIM secara langsung untuk memperoleh informasi terbaru mengenai harga tiket masuk dan jadwal atraksi.

Jam Buka

Sebelum Anda merencanakan kunjungan ke Taman Ismail Marzuki (TIM), penting untuk mengetahui jam operasionalnya. Berikut adalah informasi mengenai jam buka Taman Ismail Marzuki:

HariJam BukaJam Tutup
Senin09:00 WIB20:00 WIB

Taman Ismail Marzuki buka setiap hari dalam seminggu mulai pukul 09:00 pagi hingga pukul 20:00 malam. Jam operasional yang luas ini memberi kesempatan kepada pengunjung untuk mengeksplorasi berbagai atraksi seni, budaya, dan hiburan yang tersedia di kompleks TIM.

Ragam Aktivitas Seru di Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki (TIM) bukan hanya sebuah tempat seni dan budaya yang indah, tetapi juga merupakan pusat hiburan yang menawarkan beragam aktivitas seru bagi pengunjungnya. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang dapat Anda nikmati saat berkunjung ke TIM:

Pementasan Seni Teater

Pementasan Seni Teater

Taman Ismail Marzuki adalah pusat seni dan budaya yang penuh dengan pementasan seni teater yang menakjubkan. Anda dapat menikmati berbagai pertunjukan teater, tari, dan musik, baik yang bersifat tradisional maupun kontemporer. Event seni seringkali diadakan di Graha Bhakti Budaya, Galeri Cipta II, Galeri Cipta III, Teater Jakarta, dan berbagai tempat lain di kompleks TIM. Salah satu pertunjukan yang cukup terkenal adalah parade seni budaya bertema “Seni Bersama Bersama Seni,” yang menampilkan seni daerah dari Sabang hingga Merauke. Ini adalah pengalaman seni yang luar biasa dan merupakan daya tarik utama TIM.

Planetarium TIM

Planetarium TIM

Taman Ismail Marzuki juga memiliki Planetarium dan Observatorium Jakarta yang menawarkan wisata bertema astronomi. Selama akhir pekan, tiket masuk seringkali terjual habis karena pengunjung dapat menyaksikan keindahan rasi-rasi bintang dalam perjalanan menyusuri langit di dalam kubah Planetarium. Setelah pertunjukkan, Anda dapat menjelajahi Museum Planetarium yang penuh dengan replika tata surya, planet, meteor, dan objek langit lainnya. Selain itu, pengunjung dapat menyaksikan kegiatan gratis saat bulan purnama, seperti mengamati fenomena alam, permukaan bulan, dan planet-planet. Fasilitas teleskop dan instruktur yang ramah juga tersedia untuk membantu Anda memahami lebih banyak tentang angkasa luar.

Nonton Film di XXI Taman Ismail Marzuki

Nonton Film di XXI Taman Ismail Marzuki

TIM memiliki bioskop XXI yang nyaman dan terjangkau harganya. Ini adalah tempat yang ideal untuk menonton film-film terbaru dengan harga yang bersahabat. Selain itu, ada juga bioskop Kineforum yang tidak memungut biaya tiket masuk. Kineforum adalah komunitas film yang sering menampilkan film-film pendek dalam dan luar negeri. Mereka juga mengadakan diskusi menarik tentang dunia perfilman Indonesia.

Pameran Seni Rupa

Pameran Seni Rupa

Salah satu aktivitas yang bisa Anda nikmati di TIM adalah berkunjung ke Galeri Cipta. Di Galeri Cipta I, II, dan III di dalam kompleks TIM, Anda akan menemukan beragam pameran seni rupa. Ini adalah tempat di mana seniman memamerkan karyanya, termasuk lukisan dan instalasi seni. Pameran seni ini selalu berubah, jadi pastikan untuk memeriksa jadwal pameran sebelum kunjungan Anda.

Warung Buku Jose Rizal

Warung Buku Jose Rizal

Di salah satu sudut bangunan Graha Bhakti Budaya, Anda akan menemukan Warung Buku Jose Rizal. Warung buku ini memiliki koleksi buku yang lengkap, terutama karya sastra dari berbagai era. Mulai dari buku-buku baru hingga buku-buku langka, Warung Buku Jose Rizal adalah surga bagi pecinta sastra. Anda dapat menikmati waktu santai sambil menjelajahi berbagai judul buku yang tersedia di sini.

Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin

Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin

Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin di TIM adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi para pecinta sastra. Tempat ini dianggap sebagai pusat dokumentasi sastra terbesar di Asia Tenggara. Koleksinya meliputi ribuan naskah sastra, tulisan tangan pengarang terkenal, rekaman, film, dan lukisan. PDS HB Jassin terbuka untuk umum tanpa biaya masuk dan dapat menjadi tempat yang luar biasa untuk memahami sejarah sastra Indonesia.

Menimba Ilmu di Perpustakaan Daerah DKI

Menimba Ilmu di Perpustakaan Daerah DKI

Kompleks TIM juga memiliki Perpustakaan Daerah DKI yang berada dalam gedung modern. Anda dapat mengunjungi perpustakaan ini dan membuat kartu anggota tanpa biaya. Perpustakaan ini memiliki ribuan koleksi buku yang mencakup berbagai genre. Fasilitas di perpustakaan ini sangat nyaman, dan Anda dapat menemukan berbagai spot membaca, mulai dari meja-meja bundar untuk diskusi hingga sudut-sudut yang cocok untuk membaca dengan privasi.

Lukisan Mural Warna Warni

Lukisan Mural Warna Warni

Seni mural di luar gedung Taman Ismail Marzuki memberikan sentuhan seni yang unik pada kompleks ini. Mural ini menampilkan tokoh seniman dan pahlawan Indonesia dengan warna-warni yang cerah. Mural ini memberikan kesan segar dan membuat suasana TIM semakin hidup.

Wisata Kuliner

Wisata Kuliner

Setelah menikmati sejumlah aktivitas wisata, Anda dapat menjelajahi kuliner di sekitar kompleks TIM. Banyak pedagang makanan yang berjejer di sepanjang jalan menuju gedung teater di sisi belakang kompleks. Dengan berbagai pilihan hidangan yang lezat, Anda dapat merayakan hari Anda dengan makan malam yang enak setelah menikmati berbagai atraksi di Taman Ismail Marzuki.

Dengan begitu banyak aktivitas seru yang ditawarkan di Taman Ismail Marzuki, pastikan Anda merencanakan kunjungan Anda dengan baik agar dapat menikmati semua yang ditawarkan oleh tempat ini.

Fasilitas

Taman Ismail Marzuki (TIM) tidak hanya menjadi pusat seni dan budaya yang menawarkan berbagai hiburan dan aktivitas menarik, tetapi juga menyediakan fasilitas yang memudahkan pengunjung dalam menikmati pengalaman mereka. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di TIM:

  1. Parkir Luas: TIM menyediakan area parkir yang luas dan nyaman untuk kendaraan pribadi pengunjung. Ini sangat memudahkan bagi mereka yang ingin datang dengan mobil.
  2. Aksesibilitas: TIM dirancang dengan perhatian pada aksesibilitas. Tempat ini memiliki akses yang mudah bagi pengguna kursi roda, sehingga semua orang dapat menikmati fasilitasnya.
  3. Toilet: Fasilitas toilet yang bersih dan nyaman tersedia di seluruh kompleks TIM. Ini penting untuk kenyamanan pengunjung, terutama jika mereka menghabiskan waktu seharian di sini.
  4. Mushola: Bagi pengunjung yang beragama Muslim, TIM memiliki fasilitas mushola di lokasi. Ini memungkinkan mereka untuk menjalankan ibadah dengan nyaman.
  5. Perpustakaan Daerah DKI: Di dalam kompleks TIM, terdapat Perpustakaan Daerah DKI yang modern dan lengkap. Pengunjung dapat membaca buku, melakukan penelitian, atau sekadar menikmati atmosfer perpustakaan yang tenang. Pendaftaran anggota perpustakaan juga bisa dilakukan tanpa biaya.
  6. Fasilitas Keamanan: TIM selalu menjaga keamanan pengunjungnya. Terdapat petugas keamanan yang aktif di lokasi untuk memastikan pengalaman pengunjung berjalan dengan aman.
  7. Area Duduk dan Ruang Terbuka: Ada banyak area duduk yang nyaman dan ruang terbuka di sekitar TIM. Ini memungkinkan pengunjung untuk bersantai, beristirahat, atau sekadar menikmati pemandangan.
  8. Kafetaria: Bagi yang ingin menikmati minuman atau makanan ringan, terdapat kafetaria di TIM. Pengunjung dapat bersantai sambil menikmati segelas kopi atau makanan ringan setelah menikmati aktivitas seni dan budaya.
  9. ATM: Untuk kenyamanan pengunjung, terdapat ATM yang tersedia di kompleks TIM. Ini memungkinkan pengunjung untuk melakukan transaksi perbankan jika diperlukan.
  10. Area Bermain untuk Anak-Anak: TIM juga memiliki area bermain khusus untuk anak-anak. Ini adalah tempat yang ideal bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama.
  11. Area Merokok: Bagi pengunjung yang merokok, TIM memiliki area merokok yang ditentukan. Ini membantu menjaga lingkungan di dalam kompleks tetap bersih.

Dengan berbagai fasilitas ini, TIM berusaha memberikan pengalaman yang menyenangkan dan nyaman bagi semua pengunjungnya. Fasilitas yang lengkap ini menjadikan TIM sebagai tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu berkualitas sambil menikmati seni, budaya, dan hiburan.

Lokasi Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki (TIM) adalah salah satu destinasi budaya terbesar di Jakarta Pusat, dan mengetahui lokasinya adalah kunci untuk mengunjungi tempat ini dengan mudah. Berlokasi di Jalan Cikini Raya No. 73, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330, TIM memiliki posisi yang strategis di pusat ibu kota. Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang lokasi TIM:

TIM terletak di pusat kota Jakarta, sehingga dapat diakses dengan berbagai jenis transportasi. Bagi mereka yang ingin menggunakan kendaraan pribadi, terdapat area parkir yang luas di kompleks TIM. Selain itu, pengunjung juga dapat menggunakan layanan taksi atau aplikasi ridesharing untuk mencapai tempat ini dengan mudah.

Bagi mereka yang memilih menggunakan transportasi umum, TIM juga mudah diakses. Beberapa halte bus dan stasiun kereta api terdekat memudahkan pengunjung untuk mencapai tempat ini. Selain itu, pengguna transportasi umum juga dapat mengecek jadwal dan rute untuk memastikan perjalanan yang lancar.

Tips Berkunjung ke Taman Ismail Marzuki

Tips Berkunjung ke Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki (TIM) adalah tempat yang menarik dan penuh dengan aktivitas budaya di Jakarta. Namun, untuk membuat kunjungan Anda lebih lancar dan lebih memuaskan, ada beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan sebelum pergi:

  1. Periksa Jadwal Pertunjukan dan Acara Khusus: TIM sering mengadakan pertunjukan seni, pameran, dan acara khusus lainnya. Sebelum Anda pergi, periksa jadwal acara mereka secara online atau hubungi pihak TIM untuk memastikan Anda tidak melewatkan sesuatu yang menarik bagi Anda.
  2. Datanglah Lebih Awal: TIM adalah tempat yang populer, terutama saat akhir pekan atau saat ada pertunjukan teater tertentu. Agar Anda memiliki cukup waktu untuk mengeksplorasi dan menikmati aktivitasnya, datanglah lebih awal untuk menghindari antrian panjang atau tiket yang habis terjual.
  3. Bawa Uang Tunai: Meskipun ada banyak ATM di sekitar kompleks TIM, beberapa pedagang dan lokasi di dalamnya mungkin hanya menerima pembayaran tunai. Pastikan Anda membawa cukup uang tunai untuk membeli tiket atau makanan ringan jika diperlukan.
  4. Pakailah Pakaian yang Nyaman: TIM memiliki beragam aktivitas, termasuk berjalan-jalan di galeri seni, menghadiri pertunjukan teater, dan mengunjungi planetarium. Pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas yang Anda rencanakan.
  5. Bawa Kamera atau Smartphone: Ada banyak mural seni yang indah, pemandangan menarik, dan momen berharga lainnya di TIM yang patut diabadikan. Bawa kamera atau smartphone Anda untuk mengambil foto-foto selama kunjungan Anda.
  6. Patuhi Aturan dan Etika: Saat menghadiri pertunjukan atau acara di TIM, patuhi aturan dan etika yang berlaku. Jangan menggunakan ponsel atau berbicara keras selama pertunjukan berlangsung agar tidak mengganggu penampilan seni atau pengunjung lainnya.
  7. Jelajahi Seluruh Kompleks: TIM memiliki banyak gedung dan fasilitas yang menawarkan berbagai jenis seni dan hiburan. Jangan ragu untuk menjelajahi seluruh kompleks untuk mendapatkan pengalaman yang lebih lengkap.
  8. Manfaatkan Fasilitas Umum: TIM menyediakan fasilitas umum seperti toilet dan tempat istirahat. Pastikan Anda tahu di mana lokasinya agar dapat menggunakannya dengan nyaman selama kunjungan Anda.
  9. Periksa Informasi Terbaru: Sebelum Anda pergi, pastikan Anda memeriksa informasi terbaru tentang jam buka dan fasilitas yang tersedia di TIM. Hal ini dapat membantu Anda merencanakan kunjungan Anda dengan lebih baik.
  10. Nikmati Kuliner Lokal: Di sekitar TIM, Anda akan menemukan berbagai tempat makan dan warung yang menyajikan hidangan lokal. Cobalah beberapa makanan lokal selama kunjungan Anda untuk pengalaman kuliner yang autentik.

Dengan mengikuti tips ini, Anda akan dapat mengoptimalkan kunjungan Anda ke Taman Ismail Marzuki dan benar-benar menikmati berbagai aktivitas seni dan budaya yang ditawarkan tempat ini. Selamat menikmati pengalaman budaya di TIM!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×