Harga Tiket Masuk Taman Pintar Yogyakarta Juni 2024

Harga Tiket Masuk Taman Pintar Yogyakarta, HTM : Rp5.000 – Rp48.000, Jam Buka : 08.30 – 16.00 WIB, Lokasi : Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia , 55122, Telepon : 0274-583-631.

Taman Pintar Yogyakarta, sebuah destinasi wisata yang tidak hanya indah secara visual tetapi juga merangsang intelektualitas pengunjungnya. Terletak di Jalan Panembahan Senopati, Yogyakarta, taman ini memadukan konsep rekreasi dengan pembelajaran. Sebagai tempat yang membangun jembatan antara ilmu pengetahuan sekolah dan pengalaman bermain yang menyenangkan, Taman Pintar menyediakan suasana yang unik dan mendidik bagi pengunjung dari berbagai kalangan usia.

Harga Tiket Masuk Taman Pintar Yogyakarta

Tak hanya sebatas taman bermain, Taman Pintar Yogyakarta memberikan wawasan ilmiah melalui beragam wahana dan aktivitas. Dengan mengakomodasi siswa dari prasekolah hingga siswa SMA, taman ini menjadi ruang eksplorasi bagi pengetahuan yang kreatif. Kali ini hargacampur.com akan membawa kita melalui informasi terbaru mengenai harga tiket masuk, jam buka, serta wahana seru yang menanti di setiap sudut Taman Pintar Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta membuka pintunya untuk menikmati keindahan dan pengetahuan dengan harga tiket yang terjangkau. Harga tiket masuknya bervariasi sesuai dengan zona dan wahana yang diakses. Berikut adalah rincian harga tiket masuk terbaru:

Jenis TiketHarga Tiket
Oval – Kotak (Zona Peraga Sains dan Teknologi)Anak: Rp14.000, Dewasa: Rp24.000
Planetarium (Pertunjukan Visual Astronomi)Rp25.000
PAUD Barat / Timur (Usia 3- 6 tahun)Rp5.000
Wahana Bahari (Kapal Boat Mini) Beban maksimal:80 kgRp8.000
Lalu Lintas (Usia 3 – 6 Tahun)Rp15.000
Kreasi Batik, Kreasi Gerabah, Lukis Kaos, Lukis Gerabah, Teater 4D, Dino Adventure, Hand on Science, Presenter TVRp12.000 – Rp48.000

Tiket masuk Planetarium memberikan pengalaman visual astronomi yang menakjubkan, sementara tiket masuk untuk zona peraga sains dan teknologi di Oval – Kotak memberikan wawasan lebih mendalam. Bagi anak-anak usia PAUD, zona khusus dengan harga terjangkau juga tersedia. Wahana Bahari, termasuk kapal boat mini, menambahkan sentuhan petualangan di Taman Pintar.

Jam Buka

Taman Pintar Yogyakarta menyambut pengunjungnya setiap hari dengan jadwal yang teratur untuk memastikan semua orang memiliki kesempatan untuk menikmati pengalaman pendidikan dan rekreasi yang disajikan. Berikut adalah jam buka Taman Pintar Yogyakarta:

HariJam Buka
SeninTUTUP
Selasa – Minggu08.30 – 16.00 WIB

Taman Pintar Yogyakarta tetap memberikan layanan pada hari-hari kerja dari Selasa hingga Minggu, membuka pintu mulai pukul 08.30 pagi hingga pukul 16.00 sore. Ini memberikan fleksibilitas kepada pengunjung untuk memilih waktu yang sesuai dengan jadwal mereka. Perlu diingat bahwa pada hari Senin, Taman Pintar Yogyakarta libur untuk umum.

Wahana Seru Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta menawarkan pengunjungnya beragam wahana seru yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan wawasan edukatif. Berikut adalah beberapa wahana yang dapat dinikmati di Taman Pintar Yogyakarta:

Kampung Kerajinan

Kampung Kerajinan

Wahana Kampung Kerajinan memungkinkan pengunjung untuk merasakan langsung proses pembuatan berbagai kerajinan tangan. Mulai dari mencoba membuat gerabah dengan tangan sendiri, membatik dengan canting, hingga melukis kaos dan gerabah. Aktivitas kreatif ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang unik, terutama bagi anak-anak.

Area Playground

Area Playground

Area Playground di Taman Pintar menyediakan berbagai permainan anak-anak yang menarik dan mendidik. Mulai dari pipa bercerita, permainan putaran, dinding berdendang, jungkat-jungkit, katrol, hingga terowongan pohon. Selain permainan yang menyenangkan, area ini juga dilengkapi dengan wahana air menari, koridor air, pembangkit listrik, gong perdamaian, hingga sepeda spektrum warna.

Wahana Bahari

Wahana Bahari

Wahana Bahari merupakan sungai buatan kecil yang mengelilingi area Taman Pintar. Pengunjung dapat menikmati perjalanan menggunakan kapal mini di sepanjang sungai buatan ini. Wahana Bahari memberikan sentuhan petualangan yang menyenangkan, terutama bagi anak-anak yang suka bermain air.

Science Theater

Science Theater

Gedung Science Theater di Taman Pintar Yogyakarta menyediakan pertunjukan audiovisual dengan kapasitas 50-60 orang. Gedung ini digunakan untuk pemutaran film sains dan pertunjukan demo sains. Ini merupakan wahana yang mendidik dan menghibur sekaligus, menjelaskan konsep sains dengan cara yang menarik.

Zona Perpustakaan

Zona Perpustakaan

Perpustakaan di Taman Pintar Yogyakarta memberikan akses kepada pengunjung untuk membaca berbagai buku yang tersedia. Terdapat juga komputer yang dapat digunakan untuk mengakses ensiklopedia berupa film animasi. Setiap minggu, perpustakaan juga menyelenggarakan pertunjukan panggung boneka untuk memperkaya pengalaman belajar anak-anak.

Gedung Paud

Gedung Paud

Taman Pintar memiliki dua gedung Paud, yaitu Paud Barat dan Paud Timur, khusus untuk anak usia 2-7 tahun. Gedung ini dilengkapi dengan berbagai alat peraga pendidikan interaktif dengan konsep bermain untuk anak-anak. Aktivitas di gedung Paud dirancang untuk merangsang perkembangan anak pada usia dini.

Wahana Planetarium

Wahana Planetarium

Wahana Planetarium di Taman Pintar menampilkan benda langit dengan menggunakan proyektor digital. Setiap pertunjukan memberikan simulasi suasana langit Kota Jogja pada malam hari. Wahana ini sangat mendukung pemahaman tentang astronomi dan sains angkasa bagi pengunjung.

Gedung Kotak

Gedung Kotak

Gedung Kotak di Taman Pintar menawarkan berbagai zona teknologi dan wahana permainan yang menarik. Zona pendidikan seperti Zona KPU hingga Zona Nuklir juga tersedia di dalam gedung ini. Selain bermain, pengunjung dapat belajar tentang konsep teknologi secara interaktif.

Gedung Oval

Gedung Oval

Gedung Oval di Taman Pintar dikhususkan untuk peraga sains tentang geografi dan astronomi. Pengunjung dapat menikmati pengalaman belajar yang interaktif dengan berbagai alat peraga. Gedung ini menyajikan informasi geografi dan astronomi dengan cara yang menarik dan mendidik.

Setiap wahana di Taman Pintar Yogyakarta dirancang untuk memberikan pengalaman yang unik dan edukatif bagi pengunjung dari berbagai usia. Dengan kombinasi aktivitas kreatif, permainan, dan pengetahuan, Taman Pintar Yogyakarta menjadi destinasi wisata edukatif yang menarik di Kota Jogja.

Fasilitas

Taman Pintar Yogyakarta menawarkan berbagai fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung:

  1. Toilet dan Area Istirahat: Taman Pintar menyediakan toilet bersih dan nyaman di beberapa lokasi strategis. Selain itu, tersedia juga area istirahat untuk para pengunjung yang ingin beristirahat sejenak sebelum melanjutkan petualangan mereka di dalam taman.
  2. Kantin dan Area Makan: Untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum, terdapat kantin dan area makan yang menyajikan berbagai pilihan makanan dan minuman. Pengunjung dapat menikmati sajian lezat sekaligus bersantai di area makan yang nyaman.
  3. Area Parkir: Taman Pintar menyediakan area parkir yang luas dan aman bagi para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Fasilitas parkir ini memberikan kemudahan akses dan kenyamanan selama berada di taman.
  4. Pusat Informasi: Untuk membantu pengunjung mendapatkan informasi yang dibutuhkan, terdapat pusat informasi yang ramah dan siap membantu. Pengunjung dapat mendapatkan panduan, peta, dan informasi lainnya di sini.
  5. Penyewaan Alat: Jika diperlukan, Taman Pintar menyediakan penyewaan alat seperti payung atau kursi roda untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, terutama yang memiliki kebutuhan khusus.
  6. Pengawasan Keamanan: Keamanan pengunjung diutamakan dengan adanya petugas keamanan yang berjaga di berbagai titik strategis. Hal ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua pengunjung.
  7. Aksesibilitas Universal: Taman Pintar dirancang dengan memperhatikan aksesibilitas bagi semua pengunjung, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus. Fasilitas ini mencakup akses ramah disabilitas untuk memastikan semua orang dapat menikmati pengalaman di taman.

Dengan fasilitas-fasilitas tersebut, Taman Pintar Yogyakarta berkomitmen untuk memberikan pengalaman wisata yang menyenangkan dan menyeluruh bagi setiap pengunjung.

Lokasi Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta, sebuah destinasi wisata edukatif yang menarik, memiliki lokasi yang sangat strategis di tengah kota Yogyakarta. Terletak di Jalan Panembahan Senopati No.1-3, taman ini mudah dijangkau dari berbagai penjuru kota, menjadikannya pilihan ideal untuk semua jenis pengunjung.

Dengan berada di pusat kota, Taman Pintar dapat diakses dengan mudah menggunakan berbagai sarana transportasi. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, rute menuju taman ini dapat diakses melalui jalan utama kota. Sejumlah tempat parkir yang memadai juga tersedia, memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang membawa mobil.

Selain itu, bagi pengunjung yang memilih transportasi umum, banyak opsi angkutan seperti bus, becak, dan taksi yang dapat membawa langsung ke lokasi Taman Pintar. Keberadaan taman ini di pusat kota memungkinkan wisatawan untuk merencanakan kunjungan singkat dan efisien ke tempat wisata terkenal lainnya di sekitarnya.

Tips Berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta

Tips Berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta

Sebelum merencanakan kunjungan ke Taman Pintar Yogyakarta, pastikan untuk mempertimbangkan beberapa tips berikut agar pengalaman Anda lebih lancar:

  • Cek Jam Buka: Pastikan Anda tahu jam buka Taman Pintar sebelumnya. Tempat ini buka setiap hari kecuali Senin, dari pukul 8.30 pagi hingga 4 sore. Sebaiknya datang lebih awal untuk menikmati semua wahana.
  • Pilih Tiket Sesuai: Ada berbagai tiket dengan harga berbeda, tergantung pada zona atau wahana yang ingin Anda kunjungi. Pilih tiket yang sesuai dengan minat Anda agar pengalaman lebih maksimal.
  • Ajak Keluarga atau Teman: Nikmati keseruan Taman Pintar bersama keluarga atau teman. Kebersamaan akan menambah kegembiraan dan membuat kunjungan Anda lebih berkesan.
  • Kenakan Pakaian Nyaman: Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman karena Anda akan bergerak aktif dari satu tempat ke tempat lain. Pastikan Anda siap untuk berjalan dan bermain.
  • Persiapkan Budget Tambahan: Beberapa wahana atau aktivitas mungkin memerlukan tiket tambahan. Persiapkan budget ekstra jika Anda berencana untuk menikmati wahana-wahana khusus tersebut.

Dengan mengikuti tips sederhana ini, Anda dapat menikmati Taman Pintar Yogyakarta dengan lebih baik dan membuat kunjungan Anda menjadi pengalaman yang berkesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×