Rabu, April 24, 2024

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Wendit April 2024

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Wendit, HTM :  Rp 10.500 – Rp 18.500, Jam Buka : 08.00 WIB – 15.00 WIB, Lokasi : Jl. Raya Wendit Tim., Lowoksoro, Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65154, Telepon : -.

Bagi orang yang berada di Provinsi Jawa Timur, untuk mencari tujuan tempat wisata sangatlah mudah. Banyak sekali tempat wisata dengan berbagai keindahan di Jawa Timur dan salah satunya yaitu di Malang. Tidak hanya tempat wisata baru dengan berbagai spot isntagramable nya, namun di Malang ini juga mempunyai tempat wisata yang sudah berusia ratusan tahun. Tempat wisata ini salah satunya yaitu Taman Wisata Wendit yang tidak hanya berusia ratusan tahun, namun juga memiliki beragam khasiat.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Wendit

Harga tiket masuk taman wisata wendit ini juga tidak terlalu mahal dan cukup terjangaku oleh semua kalangan. Selain itu juga, tempat wisata ini sangat populer bagi para warga di Malang karena selain harga tiket masuknya yang murah suasana nya nyaman karena adanya kolam alami. Faslitas yang di sediakan di tempat wisata ini juga lumayan lengkap, sehingga para pengunjung bisa dengan nyaman di kawasan tempat wisata.

Tidak hanya sekarang, Tempat wisata wendit ini dulunya menjadi tempat favorit bagi para selir dan juga raja Majapahit untuk pelesir sekaligus menjalankan prosesi ritual. Hal ini dikarenakan sumber air di wisata wendit ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit, memudahkan jodoh, rezeki serta membuat awet muda. Nama dari wisata ini yaitu Wendit ini berasal dari kata ” Wendito” yang artinya pendeta.

Ceritanya dulu, ada pendeta yang bersemedi di Mangliawan saat kekeringan melanda, lalu munculah sumber air wendit ini. Pada masa kolonial, Wendit dijadikan pemandian dilengkapi lapangan tenis menyerupai hutan kecil. Sekarang Taman Wisata Wendit dikelola BUMD Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Wendit

Pengunjung yang ingin berwisata dan berlibur ti tempat ini, tentunya harus tahu dulu Harga Tiket Masuk Taman Wisata Wendit ini. Harga Tiket Masuk Taman Wisata Wendit ini cukup terjangkau dan dibedakan saat weekday ataupun weekend ataupun juga berdasarkan usia pengunjung. Berikut Harga Tiket Masuk Taman Wisata Wendit yang bisa anda lihat dibawah ini.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Wendit
Tiket Masuk Dewasa WeekdayRp15.500
Tiket Masuk Anak WeekdayRp10.500
Tiket Masuk Dewasa WeekendRp18.500
Tiket Masuk Anak WeekendRp12.500

Berikut syarat berkunjung ke taman wisata wendit sebagai berikut:

  • Pengunjung sudah melakukan vaksin dan menunjukkan bukti vaksi dengan aplikasi PeduliLindungi.
  • Pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan.
  • Menjaga kebersihakn kawasan wisata dengan membuang sampah pada tempatnya.

Jam Buka Taman Wisata Wendit

Taman Wisata Wendit yang ada di malang ini di buka setiap hari mulai dari pagi hari hingga sore hari. Pengunjung yang ingin berwisata di tempat ini bisa berkunjung dari pagi hari, karena saat pagi tempat wisata ini sangat sejuk.

Jam Buka
Jam Buka08.00 -15.00 WIB

Daya Tarik Taman Wisata Wendit Malang

Taman wisata Wendit Malang ini tidak hanya memiliki area wisata yang sangat luas, namun juga memiliki nilai sejarah tersendiri. Salah satu sejarah dari tempat wisata ini yaitu sudah ada sejak masa kerajaan Mataram di abad X Masehi. Wisata Wendit ini dulunya sering sekali di datangi oleh Raja Majapahit yaitu Prabu Hayam Wuruk untuk berwisata sekaligus ritual karena adanya bangunan suci. Selain itu juga taman ini juga memiliki beberapa jenis kolam yaitu kolam alami dan juga kolam buatan.

Kolam Alami

Kolam Alami

Dari jaman dulu di Taman Wisata Wendit ini terdapat kolam alami yang menjadi temapt istirahat oleh Raja Hayam Wuruk. Untuk kolam alami ini dangkal dan juga air nya jernih serta segar, sehingga sangat cocok untuk refresing di saat sedang jenuh atau stres. Para pengunjung juga bisa berenang di kolam alami ini, dengan ditemani oleh beberapa ikan-ikan kecil.

Kolam Spa

Kolam Spa

Pada Taman Wisata Wendit ini terdapat beberapa jenis kolam dan salah satunya yaitu Kolam Spa. Pada kolam ini dasar nya terdapat beberapa batuan alam dengan air yang jernih, dingin, segar serta terdapat taburan bunga mawar. Konon katanya dengan mandi di kolam spa ini bisa membuat wajah tampak lebih awet muda.

Kolam Buatan

Kolam Buatan

Selain kolam alami, di Taman Wisata Wendit ini juga terdapat kolam buatan. Dimana kolam buatan ini dibentuk dari sungai yang dibendung. Para pengunjung yang datang kesini bisa melakukan beberapa kegiatan seru seperti berkeliling sekitar telaga. Kegiatan seru lainnya yaitu menyewa perahu motor berkapasitas 16 orang atapun perahu kayuh yang berkapasitas 2 orang.

Wahana Waterpark

Wahana Waterpark

Wahana bermain air juga ada di Taman Wisata Wendit yang menjadi favorit anak-anak yang berkunjung kesini. Hal ini dikarenakan pada waterpark ini ada papan seluncur air, dimana pengunjung bisa meluncur pada jalur seluncurnya lalu mendarat di permukaan kolam. Terdapat juga ember air yang sangat besar dan akan tumpah setiap kali airnya sudah penuh.

Arena Bermain Anak

Arena Bermain Anak

Masih banyak wahana seru yang ada di taman wisata ini yaitu Arena bermain untuk anak-anak. Terdapat beberapa mainan di tempat ini seperti ayunan, jungkat jungkit, bom-bom car, komedi putar,dll. Tidak hanya itu juga, juga ada wahana outbond seperti flying fox dan keliling dengan naik kuda. Para pengunjung juga bisa menyewa perahu dayung di sana, maupun naik perahu boot.

Kera Maskot Taman Wisata Wendit

Kera Maskot Taman Wisata Wendit

Selain beberapa kegiatan seru dan juga wahana seru, Taman Wisata Wendit ini juga terdapat hal unik dan salah satunya yaitu adanya kera yang merupakan maskot pariwisata Wendit. Maskot kera ini dipercaya sebagai utusan kerajaan di Tengger untuk melindungi sumber mata air Wendit.

Kera yang ada di tempat wisata ini merupakan kera berjenis ekor panjang (macaca fascicularis). Kera-kera di tempat ini tidaklah nakal dan bebas berkeliaran di hutan kecil Wendit. Para pengunjung bisa melihat para kera ini bergelantungan di pohon jati dan Sonokeling yang merupakan ekosistem hutan kecil habitat terakhir kera ekor panjang.

Ritual Sendang Widodaren

Ritual Sendang Widodaren

Taman wisat wendit ini terdapat bangunan dengan relief Hindu yang di dalamnya terdapat sumber air bernama Sendang Widodaren. Sebelah bangunan ini juga terdapat punden yang terdapat arca. Sendang Widodaren ini biasanya digunakan untuk 4 ritual yang berbeda-beda dalam satu tahun.

Pertama adalah Grebeg Tirto Aji yang digelar setiap Kamis Pahing bulan Rajab. Suku Tengger 4 daerah, yakni Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang melakukan ritual ini. Warga Tengger mengambil air sendang untuk dibawa pulang agar ladangnya subur dan panen berlimpah.

Sedangkan untuk ritual lainnya yaitu Bersih Desa oleh masyarakat Desa Mangliawan. Selanjutnya, ritual Jamasan atau mencuci keris oleh pencinta keris, serta Grebeg Suro saat 1 Suro. Wendit ini dianggap suci karena merupakan pertemuan air dari beberapa gunung yaitu Gunung Arjuno, Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Kawi.

Fasilitas

Taman Wisata Wendit adalah destinasi yang sudah menghiasi sejarah wisata di Indonesia. Bagi Anda yang ingin merasakan atmosfer tradisional yang autentik, tempat ini memang tepat. Tidak hanya menawarkan keindahan alam, Taman Wisata Wendit juga menyediakan berbagai fasilitas yang akan membuat kunjungan Anda semakin nyaman. Berikut beberapa fasilitas yang dapat Anda nikmati:

  1. Mushola untuk Beribadah: Terdapat fasilitas mushola di area Taman Wisata Wendit, sehingga para pengunjung yang ingin beribadah dapat melakukannya dengan nyaman.
  2. Warung Makanan Tradisional: Setelah menikmati pemandangan dan aktivitas di taman wisata, Anda bisa menjajal berbagai hidangan tradisional di warung-warung makanan yang tersedia. Nikmati cita rasa kuliner khas setempat sambil merasakan nuansa alam yang menyejukkan.
  3. Area Parkir yang Luas: Anda tidak perlu khawatir tentang parkir kendaraan saat berkunjung ke Taman Wisata Wendit. Area parkir yang luas dan rindang akan memastikan kendaraan Anda tetap aman selama berada di sana.
  4. Tempat Istirahat yang Nyaman: Tersedia pendopo dan gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat dan menikmati keindahan alam sekitar. Tempat duduk yang disediakan juga memberikan kenyamanan bagi Anda yang ingin bersantai sejenak.
  5. Pusat Kerajinan Lokal: Taman Wisata Wendit juga menyediakan area penjualan cinderamata dan kerajinan tangan hasil karya penduduk setempat. Ini adalah peluang bagus untuk membawa pulang suvenir khas daerah yang unik.

Kunjungan Anda ke Taman Wisata Wendit tidak hanya akan memberikan Anda pengalaman berwisata yang berbeda, tetapi juga kesempatan untuk menikmati fasilitas-fasilitas yang telah disediakan dengan baik. Dari tempat beribadah hingga tempat istirahat yang nyaman, Taman Wisata Wendit siap menjadikan kunjungan Anda semakin berkesan.

Lokasi Taman Wisata Wendit

Tempat Wisata Wendit ini berada di Malang, tepatnya beralamat di Jl. Raya Wendit Timur, Lowoksoro, Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur 65154.

Tips Menikmati Liburan di Taman Wisata Wendit

Tips Menikmati Liburan di Taman Wisata Wendit

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Taman Wisata Wendit, ada beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan agar liburan Anda semakin berkesan dan lancar. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  1. Pilih Waktu yang Tepat: Datanglah ke Taman Wisata Wendit pada waktu yang tepat, terutama saat cuaca cerah. Pemandangan alam dan fasilitas yang disediakan akan lebih maksimal dinikmati ketika cuaca mendukung.
  2. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Pilihlah pakaian yang nyaman untuk beraktivitas di alam terbuka. Bawalah jaket atau pakaian lapisan jika Anda berencana berkunjung pada pagi atau sore hari, karena suhu di daerah pegunungan mungkin sedikit dingin.
  3. Bawa Perlengkapan: Persiapkan perlengkapan seperti topi/syal, sunscreen, dan sepatu yang nyaman untuk berjalan. Jika Anda berniat untuk berenang atau bermain air, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti.
  4. Bawa Uang Tunai: Meskipun beberapa tempat sudah menerima pembayaran nontunai, membawa uang tunai tetap penting untuk bertransaksi di area yang mungkin belum terjangkau oleh teknologi pembayaran digital.
  5. Cicipi Kuliner Lokal: Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan khas daerah. Warung-warung makanan tradisional di sekitar Taman Wisata Wendit menawarkan pengalaman kuliner yang autentik.
  6. Ikuti Aturan dan Etika: Hormati aturan dan etika yang berlaku di tempat wisata ini. Jaga kebersihan, jangan merusak alam, dan patuhi petunjuk yang diberikan oleh pengelola.
  7. Nikmati Setiap Sudut: Taman Wisata Wendit memiliki banyak sudut indah yang menawarkan pemandangan menakjubkan. Luangkan waktu untuk menjelajahi setiap area dan nikmati keindahan alamnya.
  8. Bawa Kamera: Pastikan untuk membawa kamera atau ponsel pintar Anda untuk mengabadikan momen-momen berharga selama berada di taman wisata. Pemandangan yang indah dan fasilitas yang unik tentu akan menjadi kenangan yang berharga.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kunjungan Anda ke Taman Wisata Wendit dijamin akan menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk bersenang-senang dan menikmati keindahan alam serta fasilitas yang disediakan oleh tempat wisata ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×