Harga Tiket Masuk Waduk Wonorejo Terbaru Mei 2024

Harga Tiket Masuk Waduk Wonorejo Tulungagung, HTM : Rp12.000, Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB, Lokasi : Desa Wononerjo, Purworejo, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia, -, Telepon : –

Tak jauh dari pusat Kota Tulungagung, tersembunyi sebuah surga alam yang memikat hati para pelancong: Waduk Wonorejo. Waduk ini bukan hanya menjadi sumber air bagi sekitarannya, tetapi juga menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, danau buatan ini meluas hingga 380 hektar dan menghiasi kaki Gunung Wilis.

Harga Tiket Masuk Waduk Wonorejo

Daerah sekitarnya dipenuhi dengan perbukitan hijau yang dipenuhi pohon pinus, menciptakan atmosfer teduh dan sejuk yang sempurna untuk melarikan diri dari kepenatan sehari-hari. Kali ini hargacampur.com akan menyajikan informasi terkait dengan harga tiket masuk terbaru, jam buka, daya tarik unik yang ditawarkan oleh waduk ini, fasilitas yang ada, lokasi yang memikat, dan tips yang berguna untuk kunjungan Anda. Kita akan memulai dengan merinci harga tiket masuk dan jam operasional Waduk Wonorejo, sebelum membenamkan diri dalam kecantikan dan keunikan tempat wisata ini.

Harga Tiket Masuk Waduk Wonorejo

Sebelum memasuki keindahan alam Waduk Wonorejo, pasti Anda ingin tahu berapa biaya tiket masuk yang perlu disiapkan. Tenang, harga tiket masuk waduk ini masih terjangkau sehingga semua kalangan dapat menikmati pesonanya. Berikut adalah daftar harga tiket masuk terbaru:

Jenis TiketHarga Tiket Masuk
Harga Tiket MasukRp12.000
Parkir MotorRp5.000
Parkir MobilRp10.000

*Keterangan: Tiket masuk balita (di bawah 6 tahun) gratis, sehingga keluarga dengan anak kecil dapat lebih leluasa menikmati liburan mereka.

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau ini, Waduk Wonorejo adalah pilihan yang sempurna untuk berlibur bersama keluarga, teman-teman, atau pasangan tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Setelah membeli tiket masuk, Anda akan bisa menikmati semua keindahan yang ditawarkan oleh waduk ini, termasuk aktivitas rekreasi yang seru dan pemandangan alam yang memukau.

Jam Buka

Sebelum Anda merencanakan kunjungan ke Waduk Wonorejo, penting untuk mengetahui jam operasionalnya agar Anda dapat mengatur jadwal liburan Anda dengan baik. Waduk Wonorejo memiliki jam buka yang cukup luas, memungkinkan pengunjung untuk menikmati pesonanya sepanjang hari. Berikut adalah jam buka waduk terbaru:

HariJam BukaJam Tutup
Senin-Jumat08:00 (pagi)17:00 (sore)
Sabtu-Minggu08:00 (pagi)17:30 (sore)
Hari Libur Nasional08:00 (pagi)17:30 (sore)

Penting untuk dicatat bahwa waduk buka sepanjang minggu, bahkan di akhir pekan dan hari libur nasional. Jam buka yang dimulai pada pukul 08:00 pagi memberi Anda waktu yang cukup untuk menikmati pemandangan yang indah dan berbagai aktivitas rekreasi yang tersedia.

Daya Tarik Wisata Waduk Wonorejo

Waduk Wonorejo di Tulungagung, Jawa Timur, adalah destinasi wisata yang menawarkan beragam daya tarik menakjubkan bagi pengunjung. Terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, waduk ini adalah destinasi yang sempurna bagi siapa pun yang mencari liburan yang menenangkan di tengah alam yang indah. Berikut beberapa daya tarik utama dari Waduk Wonorejo:

Lihat Juga :  Harga Tiket Masuk Jambooland Waterpark Mei 2024

Waduk Wonorejo yang Mempesona

Waduk Wonorejo yang Mempesona

Waduk ini merupakan danau buatan yang berlokasi di kaki Gunung Wilis. Dengan luas sekitar 380 hektar, Waduk Wonorejo menawarkan pemandangan alam yang memukau. Di sekitarnya, Anda akan menemukan perbukitan hijau yang dihiasi dengan pepohonan pinus yang rindang, menciptakan suasana sejuk dan teduh. Pemandangan ini cocok untuk meredakan stres dan membuat Anda merasa dekat dengan alam.

Berwisata Akhir Pekan

Berwisata Akhir Pekan

Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Tulungagung membuat Waduk Wonorejo menjadi destinasi ideal untuk liburan akhir pekan. Hanya sekitar 12-15 kilometer dari pusat kota, Anda dapat dengan mudah mengakses waduk ini. Suasana sejuk di daerah ini akan membuat perjalanan singkat Anda terasa lebih menyenangkan.

Bendungan Wonorejo

Bendungan Wonorejo

Terdapat sebuah bendungan yang menjadi dinding utama waduk. Di atas dinding batunya terbentang jembatan sepanjang 1 kilometer yang menghadap langsung ke arah waduk. Ini adalah tempat yang sempurna untuk menikmati pemandangan waduk, berolahraga, jogging, atau bersepeda. Terlebih lagi, pengunjung dapat menikmati angin segar dan panorama alam yang menakjubkan.

Piknik di Ranu Gumbolo

Piknik di Ranu Gumbolo

Di sekitar Waduk Wonorejo, ada tempat wisata menarik bernama Ranu Gumbolo. Tempat ini menawarkan suasana tepi danau yang sejuk dan asri, sempurna untuk piknik. Anda dapat membawa tikar, karpet, atau bahkan mendirikan tenda jika Anda ingin lebih santai. Terdapat juga fasilitas penyewaan hammock, sehingga Anda dapat bersantai di bawah pohon pinus sambil menikmati udara segar.

Foto Instagramable Keren

Foto Instagramable Keren

Ranu Gumbolo juga merupakan tempat yang sempurna untuk berburu foto. Panorama alam yang cantik dan gardu pandang yang tersedia memungkinkan Anda untuk mengambil foto yang mengagumkan. Terlebih lagi, hutan pinus di sekitarnya menciptakan latar belakang yang menarik untuk sesi foto Anda.

Outbond

Outbond

Waduk Wonorejo memiliki area hutan yang luas, ideal untuk kegiatan outbond seperti perkemahan atau gathering. Terdapat fasilitas flying fox sebagai tambahan wahana yang menarik, serta perahu dan sepeda air. Jika Anda suka memancing, Anda juga dapat mencoba memancing di Waduk Wonorejo, yang memiliki berbagai jenis ikan yang bisa Anda tangkap, seperti ikan lele, ikan mujair, dan ikan nila.

Wisata Kuliner

Wisata Kuliner

Untuk mengisi perut setelah beraktivitas di sekitar waduk, Anda dapat mengunjungi area wisata kuliner seperti Giri Mulyo. Tempat ini seringkali menjadi tujuan akhir para pesepeda dan menawarkan berbagai hidangan lezat, terutama hidangan ikan yang berasal langsung dari Waduk Wonorejo.

Waduk Wonorejo adalah tempat yang sempurna untuk bersantai, menikmati alam, dan berbagai kegiatan rekreasi di alam terbuka.

Fasilitas

Waduk Wonorejo adalah destinasi wisata yang telah dilengkapi dengan beragam fasilitas untuk memastikan pengunjungnya merasa nyaman dan aman selama berkunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas utama yang dapat Anda temukan di Waduk Wonorejo:

  • Area Parkir Luas: Saat tiba di Waduk Wonorejo, Anda akan menemukan area parkir yang luas. Ini membuat pengunjung dengan kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor, dapat dengan mudah menitipkan kendaraan mereka dan menjaga keamanan selama kunjungan.
  • Mushola: Sebuah mushola tersedia di lokasi untuk keperluan ibadah dan tempat beristirahat bagi pengunjung yang memerlukan waktu sejenak untuk berdoa.
  • Toilet Umum: Toilet umum tersedia di sejumlah titik di sekitar waduk. Ini memungkinkan pengunjung untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan selama berada di waduk.
  • Warung dan Tempat Makan: Terdapat warung-warung dan tempat makan di sekitar waduk. Anda dapat menikmati hidangan khas setempat dan mencoba berbagai hidangan ikan segar yang berasal langsung dari Waduk Wonorejo. Nikmati santap siang Anda sambil menikmati pemandangan danau yang indah.
  • Giri Mulyo: Salah satu tempat makan di sekitar Waduk Wonorejo yang terkenal adalah Giri Mulyo. Tempat ini menawarkan suasana nyaman dan konsep lesehan yang populer. Pengunjung dapat menikmati makanan dengan latar belakang pemandangan danau yang indah. Selain itu, Giri Mulyo juga menyediakan fasilitas karaoke untuk hiburan pengunjung.
  • Fasilitas Outbond: Untuk pengunjung yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan outbond, Waduk Wonorejo menawarkan berbagai wahana yang mencakup flying fox, perahu, dan sepeda air. Ini menjadi pilihan yang menarik untuk keluarga atau kelompok yang mencari kegiatan berpetualang.
  • Tempat Piknik: Selain itu, ada area di sekitar waduk yang cocok untuk piknik. Pengunjung dapat membawa tikar atau karpet mereka sendiri, atau jika lebih nyaman, mereka dapat menyewa hammock untuk bersantai di antara pohon pinus yang rindang.
  • Gardu Pandang: Gardu pandang di Ranu Gumbolo menawarkan pengunjung kesempatan untuk menikmati pemandangan danau dari ketinggian. Ini adalah tempat yang sempurna untuk mengambil foto dan mengabadikan momen berharga Anda selama kunjungan.
Lihat Juga :  Harga Tiket Masuk Pantai Gemah Terbaru Mei 2024

Fasilitas yang lengkap ini memastikan bahwa pengunjung Waduk Wonorejo dapat menikmati kunjungan mereka dengan nyaman dan merasa dijamin kenyamanan serta kebutuhan dasar selama berada di destinasi wisata ini.

Lokasi Waduk Wonorejo

Waduk Wonorejo terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Lokasinya yang strategis menjadikannya destinasi wisata yang mudah dijangkau dari pusat kota Tulungagung.

Dari pusat Kota Tulungagung, Anda dapat mencapai Waduk Wonorejo dengan mengikuti petunjuk arah berikut:

  1. Jarak: Waduk Wonorejo berjarak sekitar 12 hingga 15 kilometer di sebelah barat laut Kota Tulungagung. Perjalanan ke lokasi ini relatif singkat, sehingga sangat cocok untuk tujuan akhir pekan atau liburan singkat.
  2. Rute: Rute perjalanan menuju Waduk Wonorejo dapat dilakukan dengan mengikuti Jalan Imogiri dari Kota Tulungagung. Selanjutnya, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Wonosari. Dari Wonosari, arahkan kendaraan ke Panggang.
  3. Jalan Pantai Selatan: Perjalanan akan diteruskan ke Jalan Pantai Selatan, yang akan membawa Anda ke daerah Ngepung. Rute ini dianggap sebagai rute tercepat untuk mencapai waduk.
  4. Gerbang Retribusi Pantai Baron: Untuk memasuki kawasan Waduk Wonorejo, pengunjung harus melewati gerbang retribusi Pantai Baron. Dari gerbang ini, Anda cukup mengikuti petunjuk arah ke Pantai Mbuluk, lalu belokkan kendaraan sesuai petunjuk arah ke Waduk Wonorejo. Area parkir tersedia di sekitar kawasan ini untuk kendaraan Anda.

Lokasi Waduk Wonorejo yang dekat dengan pusat kota dan mudah diakses membuatnya menjadi pilihan destinasi wisata yang populer di Tulungagung. Kunjungan ke waduk ini adalah kesempatan yang sempurna untuk menjauh dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan dan menikmati ketenangan alam serta keindahan waduk yang mempesona.

Tips Berkunjung ke Waduk Wonorejo

Tips Berkunjung ke Waduk Wonorejo

Lihat Juga :  Harga Tiket Masuk Waduk Selorejo Terbaru Mei 2024

Ketika Anda merencanakan kunjungan ke Waduk Wonorejo, beberapa tips berikut dapat membantu Anda merencanakan perjalanan dengan lebih baik dan memaksimalkan pengalaman wisata Anda:

  1. Periksa Jam Buka: Pastikan untuk memeriksa jam operasional Waduk Wonorejo sebelum Anda berkunjung. Waduk ini buka mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Mengunjungi waduk selama jam-jam ini akan membantu Anda menghindari terik matahari dan menikmati suasana yang lebih sejuk.
  2. Persiapkan Tiket Masuk: Beli tiket masuk ke Waduk Wonorejo sebelumnya atau di pintu masuk retribusi. Harga tiket masuknya adalah Rp25.000 per orang (belum termasuk biaya parkir kendaraan). Pastikan Anda membawa uang tunai dalam nominal yang sesuai.
  3. Kenakan Pakaian Nyaman: Karena Anda mungkin akan melakukan berbagai aktivitas di sekitar waduk, kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Juga, jangan lupa memakai sepatu yang sesuai jika Anda berencana berjalan-jalan atau bersepeda.
  4. Bawa Perlengkapan Piknik: Jika Anda berniat untuk piknik di sekitar Ranu Gumbolo, persiapkan perlengkapan piknik seperti tikar, makanan ringan, dan minuman. Anda juga dapat menyewa hammock jika ingin bersantai dengan lebih nyaman.
  5. Kamera dan Aksesori: Pastikan untuk membawa kamera atau ponsel cerdas Anda. Waduk Wonorejo menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan banyak sudut yang bagus untuk berfoto. Gardu pandang yang tersedia juga akan membantu Anda mengambil foto yang indah.
  6. Aktivitas Rekreasi: Jika Anda menyukai aktivitas rekreasi, bawa peralatan untuk memancing atau olahraga seperti jogging atau bersepeda. Anda juga dapat mencoba wahana seperti flying fox atau perahu dan sepeda air.
  7. Explorasi sekitar: Selain Waduk Wonorejo, jangan lupa untuk menjelajahi sekitar Ranu Gumbolo dan Bendungan Wonorejo. Tempat-tempat ini menawarkan pemandangan yang menarik dan pengalaman yang seru.
  8. Hormati Lingkungan: Saat menjelajahi waduk dan sekitarnya, penting untuk menjaga kebersihan dan keindahan alam. Selalu bawa pulang sampah Anda dan jaga kebersihan tempat-tempat yang Anda kunjungi.
  9. Wisata Kuliner: Cobalah hidangan olahan ikan segar dari waduk di salah satu warung makan sekitar Waduk Wonorejo. Ini adalah kesempatan sempurna untuk mencicipi cita rasa khas daerah.
  10. Perencanaan Transportasi: Pastikan Anda memiliki transportasi menuju dan dari Waduk Wonorejo. Kendaraan pribadi adalah pilihan utama karena tidak ada angkutan umum yang melewati area ini. Rencanakan perjalanan Anda dengan baik.

Dengan mengikuti tips ini, Anda akan dapat menikmati kunjungan Anda ke Waduk Wonorejo dengan lebih baik dan memiliki pengalaman wisata yang tak terlupakan di salah satu destinasi wisata alam yang paling menakjubkan di Tulungagung. Selamat menikmati perjalanan Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×