Sabtu, April 6, 2024

Harga Tiket Masuk Watu Lawang Terbaru April 2024

Harga Tiket Masuk Watu Lawang, HTM : Rp6.000 – Rp20.000, Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB, Lokasi : Hutan, Ngliman, Sawahan, Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia, 64475, Telepon : -.

Watu Lawang, sebuah surga tersembunyi di daerah Nganjuk, Jawa Timur, telah menjadi destinasi impian bagi para pencari petualangan dan pecinta alam. Dengan ketinggian mencapai 1.500 meter di atas permukaan laut, Watu Lawang menawarkan pengalaman luar biasa di lereng gunung Wilis. Destinasi ini mempesona para pengunjung dengan pemandangan yang menakjubkan, menampilkan gunung Ngliman dan latar belakang air terjun bertingkat yang memukau.

Harga Tiket Masuk Watu Lawang

Sejak dibuka untuk umum pada tahun 2017, Watu Lawang telah memikat hati para pelancong dengan pesonanya yang tak tertandingi. Bukanlah kebetulan bahwa destinasi ini menjadi begitu populer, terutama berkat berbagai foto spektakuler yang beredar di media sosial. Watu Lawang adalah tempat yang ideal untuk para petualang yang menyukai hiking, serta bagi mereka yang mencari ketenangan dalam dekapan alam pegunungan yang indah.

Harga Tiket Masuk Watu Lawang

Salah satu pertimbangan utama saat merencanakan perjalanan adalah biaya tiket masuk. Untungnya, untuk menikmati keindahan Watu Lawang, Anda tidak perlu menguras kantong. Harga tiket masuk ke Watu Lawang tergolong terjangkau, membuat destinasi ini menjadi tempat yang ramah bagi semua kalangan. Berikut adalah rincian harga tiket masuk Watu Lawang:

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp6.000
Tiket CampingRp20.000

Dengan tiket masuk seharga Rp6.000, Anda dapat memasuki kawasan wisata Watu Lawang dan menikmati semua pesonanya. Tiket camping juga tersedia bagi mereka yang ingin merasakan petualangan malam di alam bebas. Dengan hanya Rp20.000, Anda bisa berkemah dan merasakan kedekatan dengan alam Watu Lawang yang begitu memukau.

Jam Buka

Agar kunjungan Anda ke Watu Lawang berjalan lancar, penting untuk mengetahui jam buka destinasi ini. Watu Lawang biasanya buka setiap hari, memberikan fleksibilitas bagi pengunjung yang ingin menjelajahi keindahannya. Berikut adalah jadwal jam buka Watu Lawang:

HariJam BukaJam Tutup
Senin – MingguPk. 08.00 WIBPk. 16.00 WIB

Destinasi ini beroperasi dari pagi hingga sore hari, memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi alamnya yang memukau selama beberapa jam. Jadwal yang konsisten ini memudahkan perencanaan kunjungan, apakah Anda hanya ingin singgah sebentar atau menghabiskan sepanjang hari di Watu Lawang.

Aktivitas Seru di Watu Lawang

Setibanya di Watu Lawang, Anda akan disambut oleh sejumlah kegiatan menarik yang dapat membuat kunjungan Anda semakin berkesan. Berikut adalah beberapa aktivitas seru yang dapat Anda nikmati saat berada di destinasi wisata ini:

Hiking

Hiking

Watu Lawang adalah surganya para pecinta alam dan hiking. Pintu masuk wisata ini berdekatan dengan pemeriksaan tiket masuk Air Terjun Sedudo. Setelah parkir kendaraan, Anda akan memulai perjalanan mendaki sejauh sekitar 15 menit. Jalur hiking menuju puncak Watu Lawang ini menawarkan pengalaman yang menantang dengan pemandangan alam yang menawan sepanjang perjalanan. Terdapat beragam flora dan fauna yang dapat Anda nikmati selama pendakian.

Menikmati Bentang Panorama

Menikmati Bentang Panorama

Setelah menaklukkan perjalanan mendaki, Anda akan tiba di puncak bukit Watu Lawang. Disini, semua rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan spektakuler yang terbentang di depan mata. Anda dapat menikmati pemandangan kota Nganjuk dari ketinggian, serta megahnya lanskap gunung Ngliman dan perbukitan yang menjalar ke horison. Air terjun bertingkat juga dapat terlihat di kejauhan, menambah pesona suasana alami Watu Lawang.

Batu Gapura Ikon Watu Lawang

Batu Gapura Ikon Watu Lawang

Saat tiba di Bukit Watu Lawang, Anda akan menemui batu-batu besar yang membentuk pemandangan khas tempat ini. Di antara batuan besar ini, terdapat dua buah batu yang menjadi ikon Watu Lawang. Salah satu batu ini terbelah dengan cukup lebar sehingga membentuk gapura alami atau gerbang pintu masuk. Tempat ini menjadi spot favorit bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen mereka.

Pemandangan Air Terjun Bertingkat

Pemandangan Air Terjun Bertingkat

Di tengah hijaunya perbukitan yang rimbun, terdapat empat air terjun bertingkat yang menambah keindahan Watu Lawang. Air terjun ini memiliki susunan yang indah dan berlapis-lapis. Aliran air yang deras memberikan kesan seperti tirai putih yang berjuntai di antara vegetasi hijau di lereng gunung.

Spot Foto Di Bibir Jurang

Spot Foto Di Bibir Jurang

Watu Lawang juga menyediakan berbagai titik foto yang cantik di sepanjang area wisata. Lokasi-lokasi ini sangat diminati oleh pengunjung yang ingin mengabadikan momen liburan mereka. Salah satu spot favorit adalah sarang burung yang terletak di tepi tebing, memberikan latar belakang alam yang indah untuk foto-foto Anda.

Berkemah

Berkemah

Jika Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Watu Lawang, destinasi ini juga menyediakan lahan khusus untuk berkemah. Camping ground dengan area yang luas dan datar disewakan kepada pengunjung. Ini adalah cara yang sempurna untuk menikmati keindahan matahari terbit atau terbenam dari lereng Gunung Wilis sambil merasakan suasana magis yang disajikan kabut yang turun ke lembah dan perbukitan.

Bermain ATV

Bermain ATV

Watu Lawang telah menyediakan beberapa wahana permainan dalam ruang lingkup wisata ini. Salah satunya adalah wahana ATV yang memungkinkan Anda menjelajahi area objek wisata dengan cara yang lebih ekstrem.

Sesi Foto Pranikah

Sesi Foto Pranikah

Dengan latar belakang panorama yang menakjubkan, Watu Lawang menjadi magnet tersendiri bagi para pecinta fotografi. Selain spot-spot foto yang cantik, destinasi ini juga memiliki area khusus untuk pemotretan prewedding. Ini menjadi pilihan yang populer bagi pasangan yang ingin mengabadikan momen romantis mereka dengan alam sebagai latar belakang.

Menikmati Kesejukan Kawasan

Menikmati Kesejukan Kawasan

Dengan ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut, Watu Lawang menawarkan udara yang masih sangat alami dan bersih. Dikelilingi oleh pepohonan hijau, lokasi ini memberikan pasokan oksigen yang cukup tinggi, yang dapat membuat Anda merasa segar dan rileks. Menikmati ketenangan dan kejernihan alam Watu Lawang dapat membantu Anda melepas stres dan merenovasi tubuh serta pikiran Anda.

Dengan beragam aktivitas seru yang ditawarkan Watu Lawang, Anda pasti akan memiliki pengalaman berharga selama kunjungan Anda ke destinasi ini.

Fasilitas

Selain pesona alam yang menakjubkan dan aktivitas seru yang bisa dinikmati, Watu Lawang juga dilengkapi dengan fasilitas yang akan membuat kunjungan Anda lebih nyaman dan lengkap. Berikut beberapa fasilitas yang dapat Anda temukan di Watu Lawang:

  • Tempat Parkir: Bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi, Watu Lawang memiliki area parkir yang luas dan terorganisir dengan baik. Anda dapat memarkir kendaraan Anda dengan nyaman sebelum melanjutkan perjalanan ke area wisata.
  • Kamar Mandi: Fasilitas kamar mandi dan toilet tersedia di sekitar area Watu Lawang, memungkinkan Anda untuk menjaga kenyamanan selama berada di sini.
  • Tempat Berkemah: Jika Anda berniat berkemah di Watu Lawang, ada area camping ground yang luas dengan fasilitas dasar yang dapat disewa. Ini termasuk tempat berkemah, tenda, dan sarana pendukung lainnya yang akan membuat pengalaman berkemah Anda lebih nyaman.
  • Kios Makanan: Anda tidak perlu khawatir kelaparan saat berada di Watu Lawang. Terdapat kios makanan di area wisata yang menjual berbagai hidangan dan minuman. Anda dapat mencicipi makanan lokal atau sekadar mengisi perut setelah beraktivitas di alam.
  • Tempat Istirahat: Terdapat berbagai titik di sekitar Watu Lawang yang dilengkapi dengan tempat duduk, meja, dan payung, memungkinkan Anda untuk beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Tempat-tempat istirahat ini juga sering digunakan oleh pengunjung untuk bersantai dan berfoto.
  • Petunjuk Jalan: Bagi yang pertama kali datang ke Watu Lawang, Anda akan menemukan papan penunjuk jalan yang membantu Anda menavigasi area wisata ini dengan mudah. Jadi, Anda tidak akan kehilangan arah saat menjelajahi berbagai keindahan yang ditawarkan oleh Watu Lawang.
  • Penyewaan ATV: Bagi mereka yang ingin menguji adrenalinya, Watu Lawang menyediakan penyewaan ATV yang memungkinkan Anda menjelajahi kawasan wisata dengan cara yang lebih ekstrem. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menjelajahi area lebih luas dengan sensasi berkendara di atas ATV.
  • Fasilitas Pranikah: Tempat wisata ini juga menyediakan area khusus untuk sesi foto pranikah. Bagi pasangan yang ingin mengabadikan momen romantis mereka di tengah keindahan alam, ini adalah fasilitas yang sempurna.

Dengan berbagai fasilitas ini, Watu Lawang berusaha memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengunjungnya. Anda dapat memanfaatkan fasilitas ini sesuai kebutuhan selama kunjungan Anda ke destinasi ini.

Lokasi Watu Lawang

Watu Lawang terletak di salah satu wilayah paling menarik di Jawa Timur, Indonesia. Destinasi ini berada di desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, dengan kode pos 64475. Letaknya yang berada pada ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut menawarkan pengunjung pemandangan pegunungan yang indah dan segar.

Untuk mencapai Watu Lawang, banyak pengunjung memilih untuk berangkat dari pusat kota Nganjuk. Jaraknya berkisar sekitar 30 kilometer dari pusat kota, dan perjalanan ini memakan waktu sekitar satu jam dengan rute melalui jalan Sedudo. Jalan menuju Watu Lawang cukup baik, dan pemandangan yang memukau selama perjalanan membuatnya menjadi pengalaman yang menarik. Tidak hanya tujuan akhir yang mempesona, tetapi juga perjalanan menuju Watu Lawang itu sendiri yang layak dinikmati.

Tips Berkunjung ke Watu Lawang

Tips Berkunjung ke Watu Lawang

  1. Pilih Waktu yang Tepat: Watu Lawang dapat dikunjungi sepanjang tahun, tetapi pastikan untuk memilih waktu yang sesuai dengan preferensi Anda. Jika Anda menyukai cuaca sejuk, kunjungi selama musim hujan. Namun, jika Anda ingin melihat pemandangan yang lebih cerah, kunjungi selama musim kemarau. Cuaca di daerah pegunungan cenderung berubah-ubah, jadi periksa perkiraan cuaca sebelum berangkat.
  2. Persiapkan Pakaian dan Perlengkapan: Aktivitas hiking adalah daya tarik utama di Watu Lawang. Persiapkan sepatu yang nyaman dan sesuai untuk hiking. Bawalah pakaian yang sesuai dengan cuaca, serta perlengkapan seperti topi, kacamata matahari, dan tabir surya. Juga, jangan lupa membawa air minum dan makanan ringan.
  3. Hormati Lingkungan: Watu Lawang adalah kawasan alam yang indah. Jangan meninggalkan sampah di sekitar area ini. Pastikan Anda membawa pulang semua sampah Anda dan menjaga kebersihan lingkungan. Hargai flora dan fauna setempat dan jangan merusaknya.
  4. Patuhi Aturan Keamanan: Jika Anda memutuskan untuk mendaki, pastikan untuk mengikuti jalur yang ditentukan dan mengikuti petunjuk keamanan. Jangan melempar sampah di area hiking, dan jika ada petugas yang memberikan arahan, patuhi dengan baik.
  5. Bawa Uang Tunai: Meskipun harga tiket masuk Watu Lawang sangat terjangkau, bawalah uang tunai dalam jumlah kecil untuk membayar tiket masuk, makanan, atau oleh-oleh jika diperlukan. Di daerah pedesaan, mesin ATM mungkin tidak selalu tersedia.
  6. Waspadai Cuaca: Cuaca di pegunungan bisa berubah tiba-tiba, jadi pastikan untuk memantau perkiraan cuaca sebelum berangkat. Selalu ada kemungkinan hujan di daerah pegunungan, jadi siapkan payung atau mantel hujan jika diperlukan.
  7. Bergaul dengan Penduduk Lokal: Ini adalah kesempatan baik untuk berinteraksi dengan penduduk setempat dan mendapatkan wawasan tentang kehidupan di daerah tersebut. Mereka mungkin juga memberikan saran berguna tentang tempat wisata terdekat dan kuliner lokal.

Dengan mengikuti tips ini, Anda akan memiliki pengalaman yang lebih menyenangkan dan aman saat berkunjung ke Watu Lawang. Jadikan perjalanan Anda ke destinasi ini sebagai kesempatan untuk meresapi keindahan alam dan budaya Jawa Timur yang kaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×