Selasa, Februari 27, 2024

Harga Buah Mahkota Dewa Segar & Kering Terbaru Maret 2024

Harga Buah Mahkota Dewa Segar & Kering Terbaru 2023 – Mungkin anda masih belum familiar dengan buah yang dikenal dengan nama mahkota dewa. Buah ini memiliki daya tarik dengan warna merah yang memikat saat sudah matang. Namun, buah mahkota dewa tidak hanya menarik dari segi penampilan, tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan, termasuk kemampuannya dalam melawan paparan radikal bebas.

Harga Buah Mahkota Dewa Segar & Kering Terbaru Juni 2023

Buah mahkota dewa, dengan nama ilmiah Phaleria macrocarpa, adalah buah tropis yang berasal dari Indonesia. Buah ini juga dikenal dengan nama buah Simalakama. Tanaman ini termasuk tanaman perdu yang tingginya mencapai  3-4 meter. Daun mahkota dewa terlihat mirip dengan daun jambu air mawar, namun daun mahkota dewa lebih ramping dengan permukaan daun yang licin dan tidak berbulu. Saat masih muda warna kulit buah adalah hijau dan berwarna merah setelah matang. Semakin tua buah, maka warna kulit akan bertambah gelap. Untuk ukuran buahnya, buah mahkota dewa memiliki ukuran bervariasi, mulai diameter sekitar 3 cm hingga – 6 cm.

Manfaat Buah Mahkota Dewa

Buah Mahkota Dewa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, baik dalam bentuk segar maupun kering. Buah ini memiliki beberapa kandungan zat aktif yang memberikan dampak positif bagi tubuh. Zat tersebut adalah Alkaloid, Flavonoid, Polifenol, dan Saponin. Mari kita jelajahi beberapa manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah Mahkota Dewa segar dan kering.

  • Menetralisir racun di dalam tubuh. Hal ini karena mahkota dewa mengandung Alkaloid yang bersifat detoksifikasi
  • Flavonoid berguna sebagai antioksidan. Antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan sel dan memicu berbagai penyakit. Selain itu juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, anti-inflamasi, mengurangi kandungan kolesterol, serta mengurangi penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah
  • Kandungan Polifenol berperan sebagai antihistamin (antialergi)
  • Saponin bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sumber antibakteri dan antivirus, mengurangi kadar gula dalam darah, mengurangi penggumpalan darah, dan meningkatkan vitalitas

Harga Buah Mahkota Dewa Segar & Kering Terbaru

Buah Mahkota Dewa, dengan segala manfaat dan keistimewaannya, memang menjadi salah satu buah yang diminati oleh banyak orang. Namun, harga buah Mahkota Dewa segar dan kering dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Berikut ini adalah informasi terbaru mengenai harga buah Mahkota Dewa segar dan kering per tahun 2023.

VarianHarga
Buah Mahkota Dewa Segar 1 buahRp 5.000 – Rp 22.000
Buah Mahkota Dewa Segar 500 grRp 20.000 – Rp 30.000
Buah Mahkota Dewa Segar organik 1 kgRp 61.750 – Rp 65.000
Buah Mahkota Dewa Segar 2 kgRp 175.000
Buah Mahkota Dewa Kering 50 grRp 13.200
Buah Mahkota Dewa Kering 100 grRp 18.500 – Rp 25.000
Buah Mahkota Dewa Kering 250 grRp 24.000 – Rp 40.000
Buah Mahkota Dewa Kering 500 grRp 60.000 – Rp 95.000
Buah Mahkota Dewa Kering 1 kgRp 120.000
Buah Mahkota Dewa Kering Premium 1 kgRp 300.000

Meskipun harga buah Mahkota Dewa segar dan kering dapat berbeda, penting untuk mempertimbangkan manfaat dan keistimewaan yang ditawarkan oleh buah ini dalam menentukan nilai dan investasi kesehatan Anda. Harap dicatat bahwa harga-harga di atas dapat berubah tergantung pada tempat pembelian dan faktor-faktor lainnya. Pastikan untuk memeriksa harga terkini sebelum melakukan pembelian.

Cara Mengolah Buah Mahkota Dewa

Cara Mengolah Buah Mahkota Dewa

 

 

Buah mahkota dewa memang memiliki beragam manfaat, namun buah ini tidak dapat dikonsumsi sembarangan. Perlu pengolahan yang tepat agar khasiat mahkota dewa dapat bekerja dengan baik. Umumnya, buah satu ini diolah menjadi teh mahkota dewa. Berikut merupakan beberapa cara pengolahan buah mahkota dewa:

Teh Buah Mahkota Dewa:

  1. Iris buah menjadi potongan yang kecil dan tipis.
  2. Kemudian, buanglah biji buah karena biji mahkota dewa mengandung racun yang dapat membahayakan tubuh. Racun dalam biji mahkota dewa bisa menyebabkan efek mabuk, kejang, mulut bengkak, sariawan, hingga menyebabkan kehilangan kesadaran/pingsan.
  3. Setelahnya, keringkan irisan buah dan rebus irisan buah selama kurang lebih 5 hingga 10 menit.
  4. Jika sudah mendidih, maka teh siap dinikmati. Konsumsi teh selagi masih hangat.
  5. Jika anda tidak ingin segera mengonsumsinya, anda dapat menyimpan buah mahkota dewa yang telah dikeringkan ke dalam wadah atau toples

Teh Rebusan Batang Mahkota Dewa:

Selain buahnya, batang mahkota dewa juga dapat dijadikan teh. Anda hanya perlu mengambil kulit dari batang mahkota dea yang telah dicuci bersih, setelah itu keringkan dan rebus hingga mendidih. Lakukan secara rutin.Konon, mengonsumsi air rebusan batang mahkota dewa mampu mengobati berbagai jenis kanker, termasuk kanker tulang.

Salep/Masker Daun Mahkota Dewa:

Cara pengolahan selanjutnya adalah dengan menjadikan daunnya sebagai salep dan masker. Untuk membuatnya, Anda perlu menghaluskan daun mahkota dewa dengan cara ditumbuk atau diblender hingga benar-benar halus. Setelah itu, balurkan racikan tersebut ke bagian kulit yang diinginkan. Ramuan ini terkenal ampuh untuk mengobati eksim dan jamur.

Tips Penyimpanan Buah Mahkota Dewa Segar & Kering

Agar buah Mahkota Dewa segar dan kering tetap segar dan berkualitas optimal, penting untuk mengetahui cara menyimpannya dengan benar. Berikut ini adalah beberapa tips penyimpanan untuk buah Mahkota Dewa segar dan kering:

Penyimpanan Buah Mahkota Dewa Segar

Penyimpanan Buah Mahkota Dewa Segar:

  • Pilihlah buah yang matang
  • Simpan buah di tempat sejuk. Sebaiknya buah disimpan di tempat yang sejuk, seperti di dalam kulkas pada suhu antara 4-8 derajat Celsius. Pastikan untuk membungkus buah dalam kantong plastik atau wadah yang kedap udara sebelum memasukkannya ke dalam kulkas.
  • Konsumsi dalam waktu singkat: Buah Mahkota Dewa segar cenderung memiliki masa simpan yang lebih pendek. Oleh karena itu, sebaiknya dikonsumsi dalam waktu singkat setelah dibeli untuk menikmati kualitas terbaiknya.

Penyimpanan Buah Mahkota Dewa Kering:

Penyimpanan Buah Mahkota Dewa Kering

  • Simpan dalam wadah kedap udara: Buah Mahkota Dewa kering sebaiknya disimpan dalam wadah yang kedap udara untuk menjaga kelembaban. Gunakan wadah kaca atau plastik yang rapat untuk menyimpan buah Mahkota Dewa kering.
  • Tempat penyimpanan buah Mahkota Dewa kering sebaiknya berada di tempat yang sejuk dan kering, seperti dalam lemari atau pantry. Hindari paparan sinar matahari langsung dan suhu yang tinggi, karena dapat mempengaruhi kualitas dari buah Mahkota Dewa kering.
  • Pastikan untuk memeriksa tanggal kadaluwarsa pada kemasan buah Mahkota Dewa kering. Sebaiknya mengonsumsi buah Mahkota Dewa kering sebelum tanggal tersebut agar tetap aman.

Dengan mengikuti tips penyimpanan di atas, Anda dapat mempertahankan kualitas buah Mahkota Dewa segar dan kering untuk waktu yang lebih lama. Selalu perhatikan kondisi buah Mahkota Dewa saat menyimpannya, dan jika ada keraguan tentang kesegaran atau kualitasnya, lebih baik membuangnya untuk menjaga kesehatan Anda. Yang terpenting adalah hindari menyimpan buah bersamaan dengan makanan yang beraroma kuat untuk menghindari kontaminasi pada buah.

Secara keseluruhan, buah Mahkota Dewa adalah buah yang memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa dan dapat dinikmati baik dalam kondisi segar maupun kering. Dengan mengetahui harga, tempat pembelian, dan tips penyimpanannya, Anda dapat memaksimalkan pengalaman Anda dalam mengonsumsi buah Mahkota Dewa. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mengetahui informasi yang anda butuhkan mengenai buah Mahkota Dewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×