Minggu, Maret 3, 2024

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan Dlingo Maret 2024

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan Dlingo, HTM : Rp 5.000, Jam Buka : 06.00 WIB – 18.00 WIB, Lokasi : Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta, Indonesia, 66783, Telepon :  -.

Hutan Pinus Mangunan Dlingo adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang banyak dicari harga tiket masuk Hutan Pinus Mangunan Dlingo di musim liburan. Banyaknya pepohonan di tempat wisata ini menjadikannya tempat wisata yang cocok jika Anda sedang mencari tempat sejuk dan asri.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Selain menawarkan udara yang menyegarkan, tempat wisata ini juga memberikan beragam spot foto aesthetic instagrammable. Jika Anda tertarik dengan tempat wisata satu ini dan berencana memasukkannya ke dalam bucket list wisata di Jogja, jangan lupa membaca informasi selengkapnya di bawah ini.

Review Singkat Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Sebelum akhirnya menjadi tempat wisata, kawasan hutan ini dulunya hanyalah lahan yang gersang. Hingga akhirnya pihak pengelola bekerja sama dengan masyarakat dengan menanam beberapa jenis pohon seperti mahoni, akasia, pinus, dan lainnya. Hasil menanam pohon ini akhirnya berbuah hasil di 2012 dimana kawasan ini jadi ditumbuhi pepohonan yang rindang.

Berkat penanaman pohon ini, barisan pohon pinus yang terlihat cantik dan menarik membuat hutan lindung ini akhirnya dijadikan tempat wisata. Setelah diputuskan menjadi tempat wisata, akhirnya tempat wisata ini juga ditambah dengan berbagai fasilitas penunjang dan mulai ramai dikunjungi pada tahun 2016.

Selama berada di sini dijamin Anda akan merasa nyaman karena kawasan hutan seluas 500 hektar ini menawarkan udara yang sejuk, pemandangan yang menarik, dan fasilitas yang memadai.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Untuk masuk ke tempat wisata ini Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harga tiket masuk Hutan Pinus Mangunan Dlingo ini hanya Rp3.000. Di sini tersedia panggung sekolah hutan yang mana pengunjung harus membayar terlebih dahulu sebelum masuk dan harga tiket masuknya adalah Rp2.500.

Jika Anda ingin berfoto di spot foto biayanya mulai dari Rp2.000 dan untuk foto prewedding biayanya Rp50.000. Di tempat wisata ini juga disediakan hammock dengan biaya sewanya sebesar Rp10.000. Untuk tarif parkir di sini dibanderol mulai Rp3.000 untuk motor, Rp10.000 untuk mobil, dan Rp20.000 untuk bus.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan Dlingo
Tiket MasukRp5.000

Jam Operasional Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini untuk sekadar liburan, tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06:00 WIB sampai 18:00 WIB. Namun, khusus untuk Anda yang berniat kemah di hutan pinus ini maka bisa ke sini kapanpun karena hutan ini dibuka 24 jam.

Saat berkunjung ke sini disarankan ketika musim kemarau karena saat musim hujan bisa dipastikan jalanannya akan licin. Selain itu, jika Anda berkunjung saat musim kemarau maka bisa lebih menikmati tempat wisata ini dan juga bisa berjalan-jalan dengan bebas tanpa khawatir kehujanan.

Jam Buka
Setiap Hari06.00 – 18.00 WIB

Aktivitas Menarik di Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Aktivitas Menarik di Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Meskipun tempat wisata ini berupa kawasan hutan lindung, namun bukan berarti tidak ada kegiatan menarik yang bisa dilakukan selama di sini. Nah, apa saja kegiatan yang bisa dilakukan selama di sini? Simak informasi di bawah ini.

Menikmati Pemandangan

Menikmati Pemandangan Hutan Pinus

Jika Anda mencari tempat wisata yang sejuk, kawasan tempat wisata ini memang tempat yang pas untuk dikunjungi. Lokasinya yang berada di perbukitan Bantul menawarkan panorama indah sekaligus udara yang menyegarkan.

Tempat wisata yang menyajikan jajaran pinus layaknya di film hollywood ini juga jadi tempat yang pas untuk menikmati sunset dan sunrise. Dengan sajian panorama semenarik ini pastinya penat akibat pekerjaan akan segera hilang saat berada di sini.

Berfoto di Spot-spot Foto Menarik

Berfoto di Spot-spot Foto Menarik

Pengelola dan warga sekitar benar-benar memanfaatkan tempat wisata satu ini dengan baik. Hingga mereka membangun sebuah gardu pandang yang bisa digunakan pengunjung untuk melihat pemandangan sekaligus berfoto. Gardu pandang yang dibuat di sini juga beragam bentuknya seperti tulisan, taman, perahu, dan juga hati.

Selain berfoto di gardu pandang, Anda juga tidak boleh melewatkan kawasan hutan yang ditata dengan baik ini untuk dijadikan spot berfoto. Nah, jika Anda ingin bersantai dengan cara lain maka bisa mencoba hammock susun yang sudah tersedia di sini.

Beberapa spot foto lainnya yang tersedia di sini adalah susunan ranting kayu yang eksotis, jembatan tali gantung, dan masih banyak lagi lainnya. Banyaknya spot foto menarik di sini pastinya akan makin membuat feeds Instagram Anda terlihat cantik.

Berkemah

Berkemah

Jika Anda tertarik untuk menikmati suasana hutan pinus saat malam hari, maka berkemah adalah hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung di sini. Anda tak perlu khawatir tentang lokasi kemahnya karena pihak pengelola sudah menyediakan area khusus.

Lahan datar dan luas dengan pohon pinus di sekitarnya bisa dimanfaatkan untuk jadi patok tenda atau tempat memasang hammock. Nah, di area perkemahan ini juga sudah ada yang dilengkapi dengan lampu dan toilet jadi kemah Anda di sini akan makin mudah.

Mengunjungi Taman Bunga

Mengunjungi Taman Bunga

Hal lain yang bisa Anda temukan saat berada di sini adalah taman bunga yang ditanami bunga jenis Celosia atau biasa disebut jengger ayam. Perpaduan warna kuning dan merah dari bunga ini terlihat mencolok jika dibandingkan pemandangan pohon pinus di sekitarnya yang berwarna hijau. Nah, tempat ini juga bisa jadi spot foto menarik karena area ini dilengkapi dengan pagar yang terbuat dari akar dengan bentuk-bentuk yang unik.

Menejelajah di Kawasan Hutan Pinus

Menejelajah di Kawasan Hutan Pinus

Area hutan pinus yang luas membuat hutan ini dibagi menjadi beberapa kawasan wisata yang semuanya bisa dikunjungi wisatawan. Untuk memudahkan Anda yang berniat ingin jelajah di sini maka bisa melihat petunjuk yang bertuliskan Taman Hobbit Mangunan yang ada di dekat jalan menuju hutan ini.

Jika Anda melanjutkan perjalanan nantinya akan menemukan dua kawasan hutan pinus yaitu Pinus Asri dan Pinus Sari yang jaraknya berdekatan. Nah, di area tertinggi tempat ini ada Puncak Becici yang menawarkan pemandangan indah Jogja jika dilihat dari ketinggian.

Makan Kuliner Khas

Di sekitar tempat wisata ini ada banyak warung yang menawarkan makanan khas Jogja, salah satunya adalah wedang uwuh khas Bantul. Rasa hangat yang dirasakan saat meminum wedang uwuh ini akan memberikan kenyamanan di tubuh Anda.

Nah, selain menikmati wedang uwuh langsung di sini Anda pun bisa membeli kemasan kering wedang uwuh sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Fasilitas Di Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Fasilitas di Hutan Pinus Mangunan Dlingo memang dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kenyamanan bagi para pengunjung. Selain menikmati keindahan alam dan udara segar, Anda juga akan disuguhkan dengan fasilitas yang lengkap.

  1. Area Parkir: Hutan Pinus Mangunan Dlingo menyediakan area parkir yang luas dan teratur untuk kendaraan pengunjung. Hal ini memudahkan pengunjung untuk parkir dengan nyaman dan aman.
  2. Warung Makan: Di dalam area hutan, terdapat warung makan yang menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman. Anda dapat menikmati hidangan lezat sambil menikmati pemandangan indah sekitar.
  3. Toilet: Fasilitas toilet yang bersih dan terawat tersedia di Hutan Pinus Mangunan Dlingo. Ini memastikan kenyamanan dan kebersihan bagi pengunjung selama berada di tempat wisata ini.
  4. Ruang Ganti: Jika Anda ingin mengganti pakaian atau bersiap-siap sebelum melakukan aktivitas di dalam hutan, tersedia ruang ganti yang nyaman dan aman.
  5. Mushola: Bagi pengunjung yang ingin beribadah, terdapat fasilitas mushola yang nyaman dan tenang di area Hutan Pinus Mangunan Dlingo.

Selain fasilitas di atas, pihak pengelola Hutan Pinus Mangunan Dlingo terus berupaya meningkatkan kualitas dan jumlah fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Sebagai tempat wisata yang terus berkembang, diharapkan adanya tambahan fasilitas dan keseruan lainnya untuk memenuhi kebutuhan pengunjung dari berbagai kalangan.

Lokasi Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Lokasi Hutan Pinus Mangunan Dlingo berada di Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hutan ini terletak dekat dengan Kebun Buah Mangunan. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, perjalanan menuju Hutan Pinus Mangunan Dlingo akan menempuh jarak sekitar 24 km dengan waktu perjalanan sekitar 47 menit, tergantung dari kondisi lalu lintas.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor, untuk mencapai lokasi tersebut. Selain itu, tersedia juga transportasi umum seperti bus atau taksi yang dapat membawa Anda ke Hutan Pinus Mangunan Dlingo.

Jika Anda tidak familiar dengan area tersebut, sebaiknya menggunakan peta atau aplikasi navigasi untuk memudahkan Anda dalam menemukan lokasi. Selama perjalanan, Anda akan menikmati pemandangan yang indah dan udara segar yang ditawarkan oleh perjalanan menuju hutan ini.

Pastikan untuk mengatur waktu perjalanan dengan baik dan mempertimbangkan kemacetan lalu lintas yang mungkin terjadi, terutama saat musim liburan atau akhir pekan ketika jumlah pengunjung cenderung meningkat.

Tips Berlibur Seru ke Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Tips Berlibur Seru ke Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Hutan Pinus Mangunan Dlingo, berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat liburan Anda menjadi lebih seru dan menyenangkan:

  1. Pilih Waktu yang Tepat: Coba kunjungi Hutan Pinus Mangunan Dlingo di pagi atau sore hari ketika cuaca relatif sejuk. Hindari waktu siang yang terik karena dapat membuat perjalanan Anda tidak nyaman.
  2. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Pakailah pakaian yang sesuai dengan aktivitas di alam terbuka seperti berjalan-jalan dan trekking. Kenakan pakaian yang nyaman, ringan, dan mudah untuk bergerak. Jangan lupa untuk membawa jaket atau kaus berlengan panjang untuk menghadapi udara yang sejuk di kawasan hutan.
  3. Persiapkan Perlengkapan: Pastikan Anda membawa perlengkapan yang diperlukan seperti topi, kacamata hitam, dan alas kaki yang nyaman seperti sepatu hiking atau sandal gunung. Jika Anda berencana untuk beraktivitas di area hutan, bawalah botol air minum dan makanan ringan untuk mengisi energi.
  4. Jaga Kebersihan: Hutan Pinus Mangunan Dlingo adalah kawasan alam yang indah, oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan selama berkunjung. Selalu bawa kantong sampah sendiri dan pastikan Anda membuang sampah pada tempatnya. Jaga alam sekitar dan hutan agar tetap bersih dan alami.
  5. Jelajahi dengan Santai: Manfaatkan waktu Anda untuk menjelajahi keindahan hutan pinus ini dengan santai. Nikmati udara segar, dengarkan suara alam, dan hirup aroma khas hutan. Jangan terburu-buru, nikmati setiap momen dan biarkan diri Anda terhubung dengan alam.
  6. Manfaatkan Spot Foto: Di Hutan Pinus Mangunan Dlingo, terdapat berbagai spot foto yang indah dan Instagramable. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengabadikan momen berharga selama liburan. Jangan lupa untuk mengenakan senyuman dan berpose dengan latar belakang yang menakjubkan.
  7. Ikuti Aturan dan Petunjuk: Patuhi aturan dan petunjuk yang ditetapkan oleh pengelola. Ini termasuk larangan merokok di area tertentu, menjaga kebersihan, serta mematuhi instruksi keamanan saat menggunakan fasilitas yang tersedia.
  8. Bersiaplah untuk Antrian: Mengingat popularitas Hutan Pinus Mangunan Dlingo, mungkin ada antrian saat mengunjungi wahana atau spot foto tertentu. Bersiaplah untuk sedikit menunggu dan gunakan waktu tersebut untuk menikmati keindahan sekitar atau berinteraksi dengan teman dan keluarga.
  9. Rencanakan Rute Perjalanan: Sebelum pergi, rencanakan rute perjalanan Anda dengan baik. Cari tahu tentang lokasi, jam operasional, dan wahana yang ingin Anda kunjungi. Hal ini akan membantu Anda mengoptimalkan waktu dan menikmati setiap pengalaman di Hutan Pinus Mangunan Dlingo.
  10. Bersenang-senang dan Menikmati: Yang terpenting, nikmati liburan Anda di Hutan Pinus Mangunan Dlingo. Manfaatkan momen ini untuk beristirahat, bersenang-senang, dan menghilangkan stres sejenak. Jangan lupa untuk menghargai keindahan alam sekitar dan berbagi kegembiraan dengan orang-orang terdekat.

Dengan harga tiket masuk Hutan Pinus Mangunan Dlingo yang bahkan tidak sampai Rp5.000, pastinya tempat wisata ini worth it untuk dikunjungi. Anda yang lelah dengan bisingnya perkotaan akan merasa tenang dan nyaman saat berada di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×