Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran Terbaru Juni 2024

Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran, HTM : Rp5.000 Jam Buka : 24 Jam, Lokasi : Jalan Ngobaran, Ngrenehan, Kanigoro, Sapto Sari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55871, Telepon : -.

Keeksotisan alam dan kekayaan budaya selalu memberikan daya tarik yang tak terlupakan dalam setiap perjalanan. Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, menjadi saksi bisu akan keindahan semesta dan pesona tradisi lokal. Dalam konteks ini, Pantai Ngobaran muncul sebagai destinasi unik yang menyajikan lebih dari sekadar panorama alam yang memukau.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran

Terletak di tengah Kabupaten Gunungkidul, Pantai Ngobaran bukan sekadar surga pasir putih dan ombak tenang. Lebih dari itu, pantai ini menggambarkan keberagaman budaya melalui ritual keagamaan, pura, dan arca yang berdiri gagah di sekitarnya. Keseluruhan pengalaman di Pantai Ngobaran menjadi sebuah perjalanan tidak hanya ke alam yang memesona, tetapi juga ke dalam kekayaan spiritual dan budaya yang membingkai setiap pasir putihnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran

Berbicara tentang liburan, seringkali pertimbangan utama adalah keseimbangan antara pengalaman yang luar biasa dan anggaran yang terkendali. Pantai Ngobaran, sebagai destinasi yang memahami kebutuhan tersebut, menawarkan tiket masuk dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan hanya membayar Rp5.000, Anda bisa menjelajahi keindahan alam dan kekayaan budaya yang menjadi ciri khas pantai ini.

Jenis TiketHarga
Umum (Rp)5.000
Foto Spot (Rp)Variatif

Harga tiket umum sebesar Rp5.000 membuka akses penuh untuk menikmati segala keajaiban Pantai Ngobaran. Namun, jika Anda ingin mengabadikan momen tak terlupakan di spot-spot foto yang disediakan, terdapat biaya tambahan yang bervariatif. Perlu diingat, biaya foto spot ini bersifat opsional, dan pengelola pantai senantiasa berusaha memberikan pengalaman yang terjangkau bagi setiap pengunjung.

Jam Buka

Pantai Ngobaran mengundang pengunjungnya untuk menikmati keindahan dan ketenangan kapan saja. Keunikan destinasi ini tercermin dalam kebijakan buka selama 24 jam non-stop, memungkinkan para pelancong menyesuaikan kunjungan mereka dengan preferensi waktu masing-masing. Meskipun selalu terbuka, perlu dicatat bahwa menjelang hari raya umat Hindu, terdapat ritual-ritual khusus yang dapat menjadi pengalaman unik bagi pengunjung.

HariJam Buka
Senin – Minggu24 Jam

Dengan buka 24 jam sehari, Pantai Ngobaran memberikan fleksibilitas yang luar biasa bagi para pengunjungnya. Pemandangan laut yang memukau dan suasana tenang dapat dinikmati kapan saja, sehingga setiap saat menjadi momen yang tepat untuk mengunjungi pantai ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan pesona Pantai Ngobaran yang berbeda pada waktu-waktu tertentu, terutama saat terjadi ritual keagamaan yang menambah kekayaan pengalaman spiritual dan budaya.

Keindahan & Daya Tarik Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran Yang Indah

Pantai Ngobaran Yang Indah

Pantai Ngobaran, meskipun mungkin lebih kecil dari pantai-pantai lain, memiliki keindahan yang tak terhingga. Pasir putih yang halus diapit oleh tebing-tebing karang menjadikan pantai ini seperti surga mini yang tersembunyi. Saat matahari terbenam, panorama matahari yang memerah memantul di air laut, menciptakan pemandangan yang tak terlupakan. Pantai ini menawarkan pengalaman berbeda, lebih fokus pada pesona alam dan ketenangan.

Terdapat Gerbang dan Arca

Terdapat Gerbang dan Arca

Melangkah lebih dalam ke Pantai Ngobaran, pengunjung disambut dengan gerbang yang megah dan arca yang memperkaya nilai sejarah dan budaya tempat ini. Gerbang setara dengan gerbang menuju pura, dihiasi dengan patung-patung dewa yang tersebar di sekitarnya. Keberadaan arca dan gerbang menambahkan nuansa mistis dan sejarah pada perjalanan wisata, membuatnya lebih dari sekadar pantai biasa.

Pantai Penuh Toleransi

Pantai Penuh Toleransi

Pantai Ngobaran adalah tempat yang penuh toleransi, menggabungkan harmoni antara berbagai tempat peribadatan. Lahan berpasir yang tidak terlalu luas ini menjadi pertemuan antara musholla, pura, dan candi. Dengan suasana yang damai dan tenang, pantai ini menjadi tempat yang mempersatukan umat dari berbagai keyakinan. Ombak yang tenang dan pasir putih melengkapi pengalaman santai di tempat yang penuh keragaman ini.

Wisata Religi

Wisata Religi

Setiap waktu tertentu, Pantai Ngobaran menjadi tujuan bagi umat Hindu dan Kejawen untuk melaksanakan ritual keagamaan. Pura Segara Wukir menjadi tempat ibadah umat Hindu, sementara penganut Kejawen bertapa di Candi Moyodipo. Keberadaan ketiga bangunan suci ini memberikan dimensi spiritual dan religius pada pantai ini. Pengunjung dapat mengamati atau menghormati ritual yang diadakan, selalu dengan sikap hormat dan toleransi.

Swafoto di Tebing

Swafoto di Tebing

Bagi para pecinta fotografi atau sekadar penggemar swafoto, Pantai Ngobaran menyajikan banyak spot menarik di tepi tebingnya. Spot-spot ini memberikan pemandangan laut yang memukau sebagai latar belakang, menciptakan hasil foto yang spektakuler. Dari anjungan kapal hingga ujung tebing, pengunjung memiliki beragam opsi untuk mengabadikan momen spesial di tempat yang memancarkan keindahan alamnya.

Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan

Jika Pantai Ngobaran terlalu kecil untuk kegiatan bermain ombak, pengunjung dapat beralih ke Pantai Nguyahan yang berdekatan. Pantai ini menawarkan hamparan pasir yang lebih luas, memungkinkan para pengunjung untuk menikmati keindahan laut sambil bermain dan bersantai. Dengan pilihan ini, Pantai Ngobaran dan Nguyahan menyajikan dua pengalaman pantai yang berbeda, memberikan fleksibilitas kepada wisatawan sesuai dengan preferensi mereka.

Fasilitas

Pantai Ngobaran menawarkan sejumlah fasilitas yang dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Berikut beberapa fasilitas yang dapat dinikmati ketika mengunjungi pantai ini:

  1. Lahan Parkir Luas: Terdapat lahan parkir yang luas dan tertata dengan baik untuk kendaraan pengunjung. Fasilitas ini memudahkan akses dan memberikan kenyamanan saat tiba dan berangkat.
  2. Musholla: Pantai Ngobaran memperhatikan kebutuhan pengunjung muslim dengan menyediakan musholla sebagai tempat beribadah.
  3. Kios dan Toilet Umum: Sejumlah kios dan toilet umum tersebar di sekitar area pantai. Kios-kios ini menjual berbagai makanan ringan dan minuman, sementara toilet umum memastikan kebutuhan dasar pengunjung terpenuhi.
  4. Spot Foto Menarik: Di sepanjang tepi tebing, terdapat spot-spot foto yang menarik dan indah. Fasilitas ini memungkinkan pengunjung untuk mengabadikan momen-momen istimewa mereka dengan latar belakang panorama laut yang menakjubkan.

Dengan menyediakan fasilitas-fasilitas ini, Pantai Ngobaran berupaya menciptakan lingkungan yang ramah pengunjung dan memastikan bahwa setiap perjalanan ke pantai ini memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Lokasi Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya strategis dan dapat diakses dengan berbagai sarana transportasi, menjadikannya destinasi wisata yang mudah dijangkau.

Dari pusat Kota Yogyakarta, perjalanan ke Pantai Ngobaran membutuhkan waktu sekitar dua jam dengan jarak kurang lebih 60 kilometer. Akses jalan menuju pantai ini sudah sangat baik, dapat dilalui oleh kendaraan kecil maupun besar. Rute perjalanan juga cukup terarah, memudahkan wisatawan untuk mencapai destinasi ini.

Pantai Ngobaran juga berdekatan dengan Pantai Nguyahan, yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan. Kedua pantai ini menawarkan pengalaman wisata yang berbeda, memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi keindahan alam dan budaya sekitarnya.

Tips Berkunjung ke Pantai Ngobaran

Tips Berkunjung ke Pantai Ngobaran

Sebelum memulai petualangan Anda ke Pantai Ngobaran, ada beberapa tips yang dapat membuat kunjungan Anda lebih menyenangkan dan lancar. Berikut adalah beberapa saran yang mungkin bermanfaat untuk perjalanan Anda:

  1. Cek Cuaca Sebelum Berangkat: Sebagai pantai terbuka, cuaca dapat memengaruhi pengalaman wisata Anda. Pastikan untuk memeriksa prakiraan cuaca sebelum berangkat, terutama jika Anda merencanakan kegiatan outdoor seperti berjemur atau berfoto di tebing.
  2. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Karena Anda akan menjelajahi pantai dan mungkin berpartisipasi dalam kegiatan seperti swafoto di tebing, pastikan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk cuaca. Bawa pula pakaian ganti jika diperlukan.
  3. Siapkan Perlengkapan Tambahan: Bawa perlengkapan tambahan seperti kacamata hitam, topi, dan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari. Juga, bawa air minum agar tetap terhidrasi selama perjalanan.
  4. Bawa Kamera atau Smartphone: Pantai Ngobaran memiliki pemandangan yang menakjubkan, terutama saat matahari terbenam. Pastikan untuk membawa kamera atau smartphone Anda agar dapat mengabadikan momen indah ini.
  5. Hormati Tempat Ibadah: Karena terdapat pura dan candi di sekitar Pantai Ngobaran, pastikan untuk menghormati tempat-tempat ibadah tersebut. Jaga kebersihan dan hindari melakukan kegiatan yang dapat mengganggu kegiatan ibadah.
  6. Jaga Kebersihan Pantai: Sebagai wisatawan yang bertanggung jawab, tolong jaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan. Gunakan tempat sampah yang disediakan untuk membuang sampah Anda.
  7. Eksplorasi Pantai Nguyahan: Jika waktu Anda cukup, luangkan waktu untuk menjelajahi Pantai Nguyahan yang berdekatan. Pantai ini menawarkan pengalaman berbeda dengan pasir putihnya yang luas dan ombak yang cocok untuk bermain.
  8. Berhati-hati di Tepian Tebing: Jika Anda berencana untuk berfoto di tepian tebing, pastikan untuk berhati-hati dan mengikuti rambu-rambu keselamatan. Jangan melebihi batas aman dan hindari tempat yang berbahaya.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menikmati perjalanan ke Pantai Ngobaran dengan lebih baik. Selamat menikmati keindahan alam dan budaya yang ditawarkan tempat wisata ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×