Harga Tiket Masuk Pulau Bawean Terbaru Mei 2024

Harga Tiket Masuk Pulau Bawean Gresik, HTM : Gratis-Rp250.000, Jam Buka : 24 Jam, Lokasi : Pulau Bawean, Sangkapura, Gresik, Jawa Timur, Indonesia, 61181, Telepon : .

Pulau Bawean, terletak di sebelah utara Gresik dengan jarak sekitar 120 km, adalah sebuah permata tersembunyi yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Meskipun jauh dari hiruk-pikuk kota Gresik, pulau ini secara administratif masih termasuk dalam wilayah kabupaten tersebut.

Harga Tiket Masuk Pulau Bawean

Pulau Bawean, yang dalam bahasa Sansekerta berarti “ada sinar matahari,” juga dikenal sebagai Pulau Putri, sebuah julukan yang merujuk pada legenda setempat yang menghormati seorang putri kerajaan Campa yang dimakamkan di pulau ini. Bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan Pulau Bawean, penting untuk memahami informasi penting, termasuk harga tiket masuk dan biaya penyeberangan.

Harga Tiket Masuk Pulau Bawean & Penyeberangan

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat merencanakan perjalanan ke Pulau Bawean adalah biaya tiket masuk dan biaya penyeberangan. Berikut ini adalah informasi terkait harga tiket masuk dan jadwal penyeberangan dari Gresik ke Pulau Bawean:

Jenis TiketHarga
Tiket MasukGratis
Tiket Kapal PenyeberanganRp200.000 – Rp250.000

Seperti yang terlihat dalam tabel di atas, tiket masuk ke Pulau Bawean sendiri tidak dikenakan biaya. Namun, pengunjung perlu memperhitungkan biaya penyeberangan yang berkisar antara Rp200.000 hingga Rp250.000. Harga tiket kapal penyeberangan dapat bervariasi tergantung pada operator kapal dan jenis layanan yang Anda pilih.

Jadwal & Harga Tiket Kapal Gresik – Bawean – Gresik

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke Pulau Bawean, penting untuk mengetahui jadwal dan harga tiket kapal yang menghubungkan Gresik dengan Pulau Bawean. Berikut adalah informasi terkait jadwal dan harga tiket kapal penyeberangan:

Jadwal Kapal:

  • Dari Gresik ke Bawean (Selasa, Kamis, Sabtu, & Minggu): Berangkat pada jam 09.00 – 13.00 WIB.
  • Dari Bawean ke Gresik (Senin, Rabu, Sabtu, & Minggu): Berangkat pada jam 09.00 – 13.00 WIB.

Jadwal berangkat kapal mungkin dapat berubah, jadi sebaiknya Anda memeriksa jadwal yang paling terbaru sebelum merencanakan perjalanan Anda.

Harga Tiket Kapal Penyeberangan:

  • Harga tiket kapal penyeberangan dari Gresik ke Bawean dan sebaliknya berkisar antara Rp200.000 hingga Rp250.000 per orang.

Harga tiket kapal bisa bervariasi tergantung pada operator kapal dan jenis layanan yang Anda pilih. Pastikan untuk memesan tiket kapal Anda lebih awal jika Anda merencanakan perjalanan pada waktu sibuk atau musim liburan untuk memastikan ketersediaan tempat.

Penting untuk diingat bahwa jadwal kapal dapat berubah tergantung pada cuaca dan kondisi laut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu memeriksa informasi terbaru sebelum berangkat.

Aktivitas Seru di Pulau Bawean

Pulau Bawean merupakan destinasi yang menawarkan berbagai aktivitas seru bagi para pengunjungnya. Dengan keindahan alamnya yang masih alami, Pulau Bawean cocok untuk para pecinta alam dan petualangan. Berikut adalah beberapa aktivitas seru yang bisa Anda nikmati di Pulau Bawean:

Berenang di Danau Kastoba

Berenang di Danau Kastoba

Salah satu daya tarik utama di Pulau Bawean adalah Danau Kastoba. Danau ini terletak di Desa Paromaan, Kecamatan Tambak, dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah. Untuk mencapai danau ini, Anda akan melewati perjalanan yang menakjubkan melalui bukit dan sawah. Setelah sampai, Anda dapat menikmati berenang di air yang segar sambil menikmati keindahan alam sekitar. Danau Kastoba juga dikelilingi oleh air terjun kecil yang menambah pesonanya.

Lihat Juga :  Harga Tiket Masuk Sumber Maron Malang Terbaru Mei 2024

Menyelam di Tepi Pantai Pulau Noko Selayar

Menyelam di Tepi Pantai Pulau Noko Selayar

Pulau Noko Selayar, yang terletak sekitar 4,5 km dari Pulau Bawean, adalah tempat yang sempurna untuk menyelam. Pulau kecil ini memiliki keindahan alam bawah laut yang menakjubkan dengan terumbu karang yang berwarna-warni dan berbagai jenis ikan laut. Anda bisa melakukan snorkeling atau menyelam untuk mengeksplorasi keindahan bawah lautnya. Pastikan untuk membawa peralatan snorkeling dan kamera underwater untuk mengabadikan pengalaman ini.

Memberi Makan Rusa Bawean

Memberi Makan Rusa Bawean

Pulau Bawean memiliki penangkaran rusa asli yang dapat Anda kunjungi. Rusa Bawean adalah spesies langka dan memiliki populasi yang terbatas. Di penangkaran ini, Anda dapat melihat rusa Bawean dari dekat dan bahkan memberi mereka makan pada waktu-waktu tertentu. Pengalaman ini unik dan edukatif, terutama jika Anda tertarik pada konservasi satwa liar.

Berenang dan Menyelam di Pantai Pulau Gili Noko

Berenang dan Menyelam di Pantai Pulau Gili Noko

Pulau Gili Noko adalah pulau kecil yang berjarak singkat dari Pulau Bawean. Pantai di pulau ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih, sempurna untuk berenang dan menyelam. Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler, serta menjelajahi keindahan bawah lautnya. Jangan lupa membawa peralatan snorkeling Anda!

Menikmati Keindahan Air Terjun Laccar

Menikmati Keindahan Air Terjun Laccar

Air Terjun Laccar terletak di Desa Kebun, Teluk Dalam, Kecamatan Sangkapura. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan dapat diakses dengan mudah baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Setelah sampai di area air terjun, Anda dapat menikmati pesona alam yang menakjubkan. Jalan setapak yang memadai akan membawa Anda ke air terjun ini, yang bisa menjadi tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati alam.

Makan Ikan Bakar di Mangrove Hijau Daun

Makan Ikan Bakar di Mangrove Hijau Daun

Anda juga dapat mengunjungi wisata mangrove di Desa Daun, Pulau Bawean. Di sini, Anda dapat mengeksplorasi hutan bakau dan hutan cemara yang indah. Selain itu, Anda bisa menikmati makanan ikan bakar yang lezat di area ini. Suasana yang tenang dan hijau menjadikan pengalaman makan Anda lebih istimewa.

Pulau Bawean memiliki banyak lagi aktivitas seru untuk dinikmati, seperti trekking, menjelajahi desa-desa tradisional, dan berinteraksi dengan penduduk lokal yang ramah. Dengan keindahan alamnya yang memukau, Pulau Bawean adalah destinasi yang patut Anda pertimbangkan untuk menjelajahi alam dan budaya Indonesia yang kaya.

Fasilitas

Pulau Bawean, sebagai salah satu destinasi wisata yang terpencil, mungkin tidak memiliki fasilitas mewah seperti yang bisa Anda temui di kota-kota besar. Namun, ada beberapa fasilitas dasar yang tersedia untuk mendukung kunjungan Anda ke pulau ini. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat Anda temui di Pulau Bawean:

  • Akomodasi: Pulau Bawean menawarkan berbagai jenis akomodasi, mulai dari penginapan sederhana hingga homestay. Anda dapat menemukan penginapan di sekitar Pelabuhan Sangkapura dan beberapa desa di pulau ini. Meskipun fasilitasnya mungkin sederhana, akomodasi di sini cukup bersih dan nyaman. Pastikan untuk melakukan pemesanan sebelumnya, terutama jika Anda berkunjung selama musim liburan atau akhir pekan.
  • Warung Makan: Di Pulau Bawean, Anda dapat menemukan berbagai warung makan yang menyajikan hidangan lokal dan makanan laut segar. Anda dapat mencoba hidangan ikan bakar yang lezat, seafood, dan makanan tradisional Jawa. Harganya juga cukup terjangkau, sehingga Anda dapat menikmati kuliner lokal dengan budget yang terbatas.
  • Toko dan Warung: Pulau Bawean memiliki beberapa toko dan warung yang menjual barang-barang sehari-hari. Anda dapat membeli makanan ringan, air minum, dan keperluan lainnya di sini. Namun, pastikan untuk membawa cukup uang tunai karena tidak semua tempat menerima pembayaran dengan kartu kredit.
  • Toilet Umum: Beberapa lokasi wisata utama di Pulau Bawean dilengkapi dengan toilet umum. Ini akan berguna saat Anda menjelajahi dan beraktivitas di pulau ini. Namun, harap siapkan uang kecil untuk membayar biaya penggunaan toilet.
  • Penyewaan Alat Snorkeling: Jika Anda berencana untuk snorkeling di Pulau Noko Selayar atau lokasi lainnya, Anda dapat menyewa peralatan snorkeling di sekitar pelabuhan atau di lokasi wisata. Ini termasuk masker, snorkel, dan pelampung. Harga sewanya biasanya terjangkau.
  • Transportasi Lokal: Pulau Bawean memiliki transportasi lokal berupa ojek, sepeda motor, dan becak motor. Anda dapat menggunakan layanan ini untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain di pulau ini. Namun, pastikan untuk menawar harga sebelumnya.
Lihat Juga :  Harga Tiket Masuk Lontar Sewu Terbaru Mei 2024

Pulau Bawean, meskipun sederhana dalam hal fasilitas, menawarkan pengalaman wisata yang luar biasa dengan keindahan alamnya yang memukau. Anda akan menemukan suasana yang tenang dan ramah di sini, di mana Anda dapat berinteraksi dengan penduduk lokal dan menikmati pesona alam yang masih alami.

Lokasi Pulau Bawean

Pulau Bawean adalah sebuah surga tersembunyi di sebelah utara Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Terletak sekitar 120 kilometer dari Gresik, pulau ini mungkin tidak sepopuler destinasi wisata lainnya, tetapi keindahan alamnya yang menakjubkan menjadikannya tempat yang patut dikunjungi. Pulau Bawean secara administratif termasuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur dan kabupaten Gresik. Meskipun secara geografis terletak jauh dari Gresik, tetapi secara administratif masih menjadi bagian dari kabupaten ini.

Anda dapat mencapai Pulau Bawean melalui penyeberangan laut dari Pelabuhan Gresik. Perjalanan laut ini adalah satu-satunya cara untuk mencapai pulau ini. Tiket kapal penyeberangan dapat dibeli di pelabuhan. Biaya penyeberangan berkisar antara Rp200.000 hingga Rp250.000 per orang, tergantung pada jenis kapal dan fasilitas yang Anda pilih.

Setelah membeli tiket penyeberangan, Anda akan menaiki kapal yang menghubungkan Gresik dengan Pulau Bawean. Kapal ini beroperasi dengan jadwal tertentu, jadi pastikan untuk memeriksa jadwal keberangkatan sebelumnya. Perjalanan dari Gresik ke Pulau Bawean biasanya memakan waktu sekitar 3-4 jam, tergantung pada kondisi cuaca.

Kapal penyeberangan dari Gresik biasanya akan tiba di Pelabuhan Sangkapura di Pulau Bawean. Ini adalah pintu gerbang utama untuk masuk ke pulau ini. Di sekitar pelabuhan, Anda akan menemukan berbagai fasilitas, termasuk tempat makan, penginapan, dan transportasi lokal. Setelah tiba di Pulau Bawean, Anda dapat menggunakan transportasi lokal seperti ojek, sepeda motor, atau becak motor untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain di pulau ini. Penyewaan kendaraan juga tersedia jika Anda ingin menjelajahi lebih banyak area.

Lihat Juga :  Harga Tiket Masuk Watu Lawang Terbaru Mei 2024

Pulau Bawean memiliki banyak tempat wisata menarik, termasuk Danau Kastoba, Pulau Noko Selayar, Penangkaran Rusa Bawean, Pulau Gili Noko, Air Terjun Laccar, dan Wisata Mangrove Hijau Daun. Semua lokasi ini menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa dan aktivitas menarik untuk dinikmati.

Tips Berlibur ke Pulau Bawean

Tips Berlibur ke Pulau Bawean

Jika Anda mencari destinasi liburan yang masih jarang dijamah oleh wisatawan, Pulau Bawean adalah pilihan yang sempurna. Terletak di sebelah utara Gresik, Jawa Timur, Pulau Bawean menawarkan pesona alam yang menakjubkan, pantai-pantai yang indah, dan beragam aktivitas seru. Namun, perjalanan ke pulau ini mungkin membutuhkan beberapa persiapan ekstra. Berikut adalah beberapa tips berlibur ke Pulau Bawean yang akan membantu Anda merencanakan perjalanan yang tak terlupakan:

  1. Rencanakan Jadwal Perjalanan Anda: Pulau Bawean hanya dapat diakses melalui penyeberangan laut dari Pelabuhan Gresik. Pastikan Anda memeriksa jadwal kapal penyeberangan dan memesan tiket kapal Anda dengan cukup waktu, terutama jika Anda berencana bepergian saat musim liburan. Kapal penyeberangan menuju Pulau Bawean biasanya beroperasi dengan jadwal tetap, jadi pastikan Anda tiba di pelabuhan dengan waktu yang cukup sebelum keberangkatan.
  2. Bawa Uang Tunai Secukupnya: Meskipun Pulau Bawean memiliki beberapa ATM, disarankan untuk membawa uang tunai secukupnya sebelum Anda tiba di pulau ini. Ini akan memudahkan Anda dalam bertransaksi, terutama jika Anda berencana mengunjungi warung-warung kecil atau membeli tiket masuk ke tempat-tempat wisata.
  3. Siapkan Perlengkapan Snorkeling atau Selam: Pulau Bawean memiliki perairan yang jernih dan karang laut yang indah. Jika Anda tertarik untuk snorkeling atau menyelam, pastikan untuk membawa peralatan Anda sendiri, seperti masker, snorkel, fin, dan kamera bawah air jika Anda ingin mengabadikan momen indah di bawah laut.
  4. Jangan Lupa Sunscreen dan Perlindungan Matahari Lainnya: Karena cuaca tropis, sinar matahari di Pulau Bawean bisa sangat terik. Pastikan untuk membawa sunscreen, topi, dan kacamata hitam untuk melindungi kulit dan mata Anda dari sinar matahari yang kuat. Ini akan membantu Anda menghindari terbakar matahari yang tidak nyaman.
  5. Bawa Beberapa Bekal Makanan: Meskipun ada restoran dan warung makan di Pulau Bawean, terutama di sekitar Pelabuhan Sangkapura, ada baiknya jika Anda membawa beberapa bekal makanan ringan atau air minum. Ini bisa berguna jika Anda menjelajahi tempat-tempat wisata yang jauh dari pusat kota.
  6. Hormati Lingkungan dan Kebudayaan Lokal: Selalu ingat untuk menghormati lingkungan dan kebudayaan lokal saat Anda berlibur di Pulau Bawean. Jangan membuang sampah sembarangan, jaga kebersihan, dan hormati adat dan tradisi masyarakat setempat.
  7. Nikmati Keindahan Alam dan Aktivitasnya: Pulau Bawean menawarkan beragam aktivitas seru seperti berenang di Danau Kastoba, snorkeling di Pulau Noko Selayar, melihat rusa di Penangkaran Rusa Bawean, dan banyak lagi. Nikmati keindahan alamnya dan jangan ragu untuk menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah oleh wisatawan.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda akan siap untuk petualangan seru ke Pulau Bawean. Selamat menikmati liburan Anda di salah satu surga tersembunyi di Indonesia ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×